Daftar Rumah Sakit dan Perkiraan Biaya Melahirkan di Jogja

Pada akhir tahun 2013 yang lalu saya sekeluarga pindah dari Bandung ke Jogja. Kebetulan kondisi saya waktu itu tengah hamil muda sekitar 2,5 bulan. Jadi..saya sempat agak kebingungan untuk mencari dokter kandungan yang oke dan recommended. Setelah tanya-tanya sama teman-teman akhirnya dapetlah beberapa nama dokter yang -menurut mereka- bagus.  

Perjalanan saya berawal dari seorang dokter senior rekomendasi salah satu teman yang sudah 3 kali bersalin dengan bantuan sang dokter. Karena tidak ada waktu untuk memeriksakan diri di jam kerja, akhirnya saya dan suami memutuskan untuk mendatangi tempat prakter sang dokter di sekitara bundaran UGM. Beruntung, saya mendapat nomor antrian 7 padahal menurut info teman saya itu biasanya harus mendaftar 7 hari sebelumnya… Woww!  

Masuk ke kamar periksa, ternyata ada satu hal yang mengganggu saya dan suami : sang dokter ternyata sudah tremor. Hm, hmmm… Langsung saya lirik suami saya dan dia manggut-manggut. Tak ingin terkesan arogan, kami ikuti semua sesi tanya jawab dengan beliau. Seelah itu saya diperiksa tapi kembali saya tercengang. Tidak ada alat USG di ruangan itu. Pas saya tanya, ternyata sang dokter agak anti denn alat canggih tersebut. Wew..(lagi) Singkat cerita, setelah pulang saya dan suami langsung mencoret nama beliau dari daftar dokter kami selanjutnya.

Next…. Kami mencoba ke salah satu dokter di RS Panti Rapih. Kali ini dokternya perempuan. Menurut info temen juga yang 2 kali melahirkan dengan beliau, orangnya enak tapi agak cuek. Hampir 4 bulan saya menjalani pemeriksaan di situ, memang menurut saya dang dokter agak cuek, kurang komunikatif. Tapi kayaknya hampir semua dokter kayak gini ya. Mungkin karna antrian pasien yang menggunung membuat dokter zaman sekarang kehilangan kemampuan mengobrol dengan pasien hehehe…  

Secara keseluruhan, tidak ada yang istimewa dengan sang dokter bertubuh subur ini. Plus rumah sakit yang bagus. Oiya perkiraan biaya re-cesar di sini sekitar 22 juta untuk kelas 1A dan 20 jutaan untuk kelas 1 B dan C. Semua kelas ini berkapasitas 1 orang pasien, kamar full AC, sofa buat penunggu dan kamar mandi dalam. Bayi bisa dirawat dalam 1 kamar bersama ibu.  

Berikutnya, kami mencoba beralih ke RS Bethesda di daerah Jl. Sudirman. Biaya melahirkan re-cesar kelas 1 di sini hampir sama dengan Panti Rapih. Namun dari segi fasilitas dan infrastruktur menurut saya agak di bawah Panti Rapih. Hmmmm ke mana lagi ya?  

Selanjutnya perjalanan kami teruskan ke Happy Land Medical Center. Sebagai sebuah rumah sakit yang terhitung masih baru, RS ini cukup ramai dikunjungi pasien. Dari segi bangunan, menurut saya masih kurang oke, dan kebersihan juga kurang dijaga. Mungkin karena saya berkunjung di hari Minggu malam jadi petugas kebersihan sedang libur. Entahlah. Kalau mengenai kamar perawatan cukup bersih dan menawarkan fasilitas sekelas hotel berbintang meskipun di sana sini nampak beberapa sudut bangunan mulai kotor. Kamar kelas terendah diisi dengan 2 – 3 pasien, dan ditawarkan dengan biaya sekitar 15 jutaan. Sementara kamar kelas utama C mulai harga 18 jutaan, disusul dengan satu kelas di atasnya dengan banderol 18 jutaan. Sedangkan kelas utama A sekitar 20 jutaan. Di atas itu, masih ada kelas ViP dan VVIP. Tentu saja biayanya lebih mahal.  

Kami lalu menyambangi RS Bethesda Lempuyangwangi di Jl. Hayam Wuruk, daerah Lempuyangan. Tarif melahirkan di sini lumayan miring dibandingkan dengan beberapa rs terdahulu. Namun, harus saya akui bahwa fasilitas yang ditawarkan cukup jauhlah. Kamar kelas 1 dibanderol kurang lebih 11 jutaan, dan untuk kelas vip nya sekitar 15 juta. Sementara kondisi kamar vip nya hampir sama dengan kamar kelas 2 di Bethesda pusat. Bahkan di salah satu kamar VIPnya saya menemukan penampakan kecoak dan bau kurang sedap dari ventilasi udara. Wah wah….not recommended deh….hehe…  

Berikutnya, kami mencoba mencari informasi klinik dan rumah sakit yang tidak terlalu besar. Pertama, kami ke RSKIA Permata Bunda di daerah Kotagede. Dari penampakan fisik bangunannya nampaknya rumah sakit ini diperuntukkan bagi masyarakat kelas menengah ke bawah. Kami sempat melihat-lihat kamar perawatannya. Untuk kamar kelas terendah, biaya melahirkan cesar di sini sekitar 6 jutaan, disusul kelas berikutnya 7 jutaan. Dan kelas VIP nya dengan tarif 8-9 jutaan. Mungkin bisa dijadikan alternatif tempat melahirkan. Cuman ya itu, kelasnya menengah ke bawah.  

Lanjut, kami ke RSKIA Bhakti Ibu di kawasan Jl. Golo, Umbulharjo. Bangunan fisiknya kelihatan sudah agak tua, namun kondisinya terawat dan bersih. Staf yang menerima kami juga cukup ramah. Dokter yang cukup tersohor adalah Prof. Anwar (beliau juga praktek di RS dr. Sardjito). Suasananya terkesan hommy dan asri. Tarif melahirkan di kelas 1 kurang lebih 15 juta dan di kelas VIP 17 jutaan. Buat para pasien yang menyukai suasana sepi dan private, nampaknya rumah sakit ini bisa dijadikan salah satu pilihan.  

Besoknya, kami beralih ke RS dr. Sardjito yang merupakan rumah sakit milikmpemeritah terbesar di Jogja. Seperti halnya banyak RS pemerintah lainnya, di sini kondisinya agak kurang gimana gitu buat pasien. Jarak antara loket satu dengan yang lain, agak berjauhan dan kadang kadang tidak terkoneksi dengan baik. Selain itu, pelayanan dari para staff RS kurang welcome. Papan penunjuk arah / antar ruangan hampir tidak bisa membantu kita menemukan ruang yg kita cari. Tarif melahirkan di sini untuk kelas VIP nya sekitar 15 jutaan. Namun, fasilitas yang ditawarkan menurut saya masih kurang oke. Kita harus pintar pintar memilih kamar karena jumlah kamar di sini cukup banyak namun baru beberapa saja yang sudah direnovasi. Sisanya, merupakan bangunan lama dan terkesan kurang sesuai dengan tarifnya.  

Terakhir kami menyambangi RSKIA Sadewa di bilangan Babarsari. Bangunan bercat hijau membuat kesan asri dan adem. Tarif melahirkan di sini agak bersahabat dibandingkan RS besar lainnya. Untuk kelas 3,tarifnya sekitar 6 jutaan, dihuni oleh 3 – 4 pasien dalam 1 kamar, dan tanpa AC. Untuk kamar kelas 2, dibanderol harga 7-8 jutaan. Kelas 1 bertarif 9 jutaan, dengan fasilitas kamar full AC, kamar mandi di dalam dan sofa untuk penunggu pasien. Kelas VIP ada 2 kamar, bertarif 11 jutaan. Sedangkan kamar VVIP hanya ada 1 kamar dengan tarif 13 jutaan.    

Sooo…. Itulah beberapa pilihan tempat melahirkan di seputaran Jogja, terutama daerah Jogja bagian timur. Oiya, daftar tarif tersebut adalah untuk biaya melahirkan dengan cara cesar. Dalam kasus saya, ini adalah operasi cesar yang kedua. Semoga bisa memberi sedikit informasi yang berguna.    

Salam
BETY

^_^

12 thoughts on “Daftar Rumah Sakit dan Perkiraan Biaya Melahirkan di Jogja

  1. nurie says:

    Waaahhh..nice inpoh sist 🙂
    kebetulan sy lg hamil muda, dan berencana besok lahiranya mau dijogja…bingung cari rekomendasi, tp ada kata temen di Semar (rs kia Sadewa)

  2. Iya sis, semoga lancar melahirkannya. Saya sangat suka dengan pelayanan di rskia sadewa. Kmrn saya ditangani dr. SOFWAL WIDAD. Beliau juga (kalo ngga salah) adalah kepala instalasi kandungan dan konsultan kesuburan di rs sadjito. Jadi cukup recommended, selain itu komunikatif dan sangat welcome utk jalur komunikasi personal (hp). Suster2 nya juga sangat ramah, dan mendorog kita utk bisa menyusui. Yang pasti tarif bersahabat, dan pelayanan juga oke. Cmn jumlah kamar ac agak terbatas. Gud luck ya!

    • Bisa daftar via tlp seminggu sebelumnya mba..
      Perhatikan aja daftar praktek masing2 dokter karena ngga semuanya praktek tiap hari.
      Setauku mereka terima bpjs juga, cumn untuk detilnya aku kurang tau 🙂

  3. Deya says:

    Teh, mau nanya. Kalo rs di bandung/cimahi yang setipe kaya rskia sadewa jogja, dmn ya teh? Maksud sy yg dokternya bagus tp harga merakyat. Hehe… Ini sy baru pindahan ke cimahi dua pekan. Mau konsul gt. Nuhun teh sblmnya… ^^

    • Kalo untuk di bandung ada klinik dokter Bambang (kalo ngga lupa namanya hehe) namanya klinik harapan bunda di kompleks metro margahayu. Jalan pluto. Itu daerah ciwastra. Terkenal kok teh. Tarifnya ckp terjangkau. Kalo cimahi saya kurang tau punten ya teh 🙂

  4. ari jowo says:

    10 bln yg lalu istri saya hbs melahirkan di rsia sadewa semua kamar sudah mulai ber ac harga bersahabat dan bangunan baru untuk memperbaiki pelayan n menambah jumlah kamar ada dokter spa juga jd kita td kuatir cari dokter anak yg bagus plus vaksin complit dan gak terlalu mahal

Leave a Reply