Tips Menjaga Berat Badan Selama Lebaran

image

Halo, Ladies..! Apa kabar? Semoga sehat selalu, ya. Saat Lebaran seperti ini tentunya menjadi momen hangat untuk berkumpul bersama keluarga besar. Sanak saudara, handai taulan dan semua kolega bersua dalam keceriaan Idul Fitri yang meriah. Pastinya, di sana sini tersaji begitu banyak hidangan nikmat menggugah selera. Mulai dari cemilan sampai main course yang aduhaiiiii mengoyang lidah.

Setelah sebulan penuh menahan diri dari godaan duniawi termasuk hidangan lezat seperti ini, tak heran banyak orang yang “lapar mata” dan tergoda mencicipi semua jenis makanan. Ditambah dengan ngobrol ngalor ngidul bersama saudara, makan pun terasa lebih nikmat. Apalagi, hidangan yang tersaji di meja tidak selalu bisa kita temui setiap hari. Nah, kalau kita ga bisa menahan diri, berat badan bisa menjadi taruhannya. Cobalah jujur menghitung jumlah kalori, lemak, kolesterol dan gula dalam sajian lebaran kita. Betapa kita akan tercengang jika membandingkannya dengan takaran menu sehat yang seharusnya.

Lalu, bagaimana kita menyikapi hal tersebut? Tenang…. selalu ada cara cerdas buat ibu hebat! Dengan cara makan yang tepat, kita bisa tetap menikmati dan merayakan lebaran bersama keluarga, sekaligus mencegah timbangan jebol setelahnya ๐Ÿ™‚  Simak tips berikut yuk!

1. Sebisa mungkin, hindari jadwal pertemuan di malam hari. Hal ini bertujuan untuk mencegah asupan kalori berlebih menjelang tidur. Tetapi jika memang tidak bisa, lakukan poin dua di bawah.

2. Batasilah diri dari memakan makanan berlebihan, terutama yang mengandung karbohidrat, gorengan, makanan bersantan dan berlemak. Perbanyaklah minum air putih atau jika tak tersedia ambillah teh tawar daripada menghabiskan bergelas-gelas teh manis, bersoda, es buah ataupun kopi.

3. Perbanyak porsi sayur dan buah dalam piring Anda. Dengan begitu Anda akan tetap kenyang sampai acara selesai.

4. Jika tersedia menu ikan, pilihlah itu ketimbang rendang atau daging merah. Namun jika hal ini tak memungkinkan, tidak ada salahnya mengambil sepotong kecil daging. Toh, lebaran hanya sekali setahun ๐Ÿ™‚

5. Jika ada jadwal pertemuan keluarga di luar jam makan, usahakanlah untuk makan di rumah terlebih dulu. Hal ini untuk menghindari makan berlebihan dalam kondisi perut kosong. Sebaliknya, Anda akan bisa mengontrol jumlah dan jenis makanan yang Anda ambil. Selain itu, Anda juga bisa terhindar dari perut kembung.

6. Jauhilah toples berisi makanan “ringan” yang menggoda. Penampakannya mungkin saja sangat menarik tapi menghabiskan setengah toples kacang panggang tentu ga akan bagus untuk kesehatan Anda. Makanan berbandrol “ringan” sebenarnya tetap memiliki jumlah kalori yang besar, loh!

Nah, gampang kan ternyata mengatur dan mendisiplinkan diri sendri ? Pastikan Anda memiliki kebulatan tekat yang kuat agar tak mudah tergoyahkan oleh keadaan ya!

Thank you and see you in another tips!

Leave a Reply