Membangun Branding Bisnis yang Tepat Bersama Pasukan Hebat @JoeraganArtikel

Pentingnya Membuat Branding Bisnis yang Tepat

Setiap pengusaha pasti menginginkan bisnisnya meroket dan menjadi primadona. Salah satu cara yang dilakukan untuk mencapai hal tersebut adalah dengan membangun branding bisnis yang tepat. Tak hanya membidik tujuan jangka pendek untuk menaikkan omzet, branding yang tepat  akan mempengaruhi kelangsungan bisnis jangka panjang, sekaligus membuat pasar mengenal bisnis yang dijalankan. Tak heran kalau banyak perusahaan tak segan menggelontorkan dana besar untuk menciptakan branding yang mudah diingat pelanggan.

Penting untuk diketahui bahwa salah satu tujuan bisnis yang paling utama adalah bagaimana sebuah produk atau jasa bisa bertahan lama di tengah tekanan dan persaingan yang semakin berat. Tak hanya harus profit, setiap perusahaan juga dituntut untuk bisa memahami keinginan pasar dan tentunya perubahan zaman. Karena itulah, pebisnis perlu membangun branding yang kuat, agar perusahaannya bisa terus eksis tanpa harus takut kehilangan pelanggan.

 

Era Baru, Tantangan Baru

Perkembangan teknologi yang semakin pesat, telah membawa masyarakat global menjadi lebih digital. Hampir semua hal dilakukan secara online, tidak terbatas ruang dan waktu. Hal ini tentu tak bisa dilepaskan dari makin populernya media sosial sebagai ajang eksistensi masyarakat dunia. Persebaran informasi terjadi semakin cepat dan hampir tanpa penghalang.

Demikian pula yang terjadi di dunia bisnis. Jika dulu kita terbiasa dengan toko offline, sekarang rasanya it’s so yesterday. Banyaknya gerai online yang menawarkan aneka produk dan jasa dengan harga terjangkau, ditambah dengan kemudahan bertransaksi semakin memperkuat eksistensi bisnis online ini.

People zaman now, paling suka hal-hal yang berbau digital dan teknologi. Karena itu, pebisnis juga harus tanggap dengan situasi ini. Hal ini tentu saja berpengaruh pada konsep strategi marketing yang dijalankan. Mau tak mau, pengusaha harus banting setir ke konsep digital marketing, agar tetap bisa berjalan pada ritme yang sama.

Bagi perusahaan berskala besar, perubahan ini mungkin tidak akan menjadi sesuatu yang heboh. Toh, mereka punya dana yang cukup untuk melakukannya. Banyak perusahaan yang memanfaatkan media sosial untuk membangun branding dan image perusahaan yang baik. Hal ini dilakukan dengan meng-hire public figure dan pihak-pihak lain untuk mempromosikan produknya.

Yang menjadi masalah adalah para pebisnis dengan skala menengah ke bawah (UMKM). Apalagi untuk mereka yang masih merintis dan membangun usaha. Mereka harus pintar-pintar memutar otak untuk menancapkan branding bisnis yang tepat, dan mencari cara terbaik agar tetap bisa bersaing tanpa merugi.

 

Facebook Unmi Aleeya

 

Joeragan Artikel (JA) sebagai salah satu agensi kepenulisan menangkap peluang ini. Ada banyak penulis yang tergabung dalam alumni JA memiliki capability menulis artikel copywriting yang pastinya sangat pas disandingkan dengan para pebisnis. Tujuannya adalah untuk membangun branding dan mempromosikan produk, dengan harga terjangkau.

Berawal dari kumpul-kumpul sesama alumni, sang founder, Ummi Aleeya, akhirnya melontarkan sebuah ide cemerlang untuk membentuk pasukan digital marketing yang siap bekerja sama dengan para pengusaha UMKM membangun branding usahanya. Tak butuh waktu lama untuk mengumpulkan alumninya, Joeragan Artikel akhirnya sukses membentuk special groups yang kemudian akrab disapa “pasukan”.

 

Apa Saja yang Ditawarkan oleh Joeragan Artikel?

1. Pasukan Endorser

 

Pixabay

Berawal dari training Kelas Status Cantik (KSC), terbentuklah pasukan pertama ini. Dikomandoi oleh Piet Genta, seorang penulis novel best seller, pasukan endorser bertugas untuk membantu pengusaha UMKM untuk mempromosikan produknya. Dengan bekal informasi lengkap tentang produk dan juga guidance langsung dari klien, pasukan ini meng-endorse produk mereka lewat media sosial. Media yang dipilih adalah facebook, dengan pertimbangan bisa meraih pasar yang lebih luas.

Saat ini, pasukan endorser JA sudah menangani tak kurang dari 35 klien UMKM. Dengan anggota 60 orang, pasukan endorser besutan JA ini makin meroket dan dikenal di kalangan para pengusaha.

 

2. Pasukan Blogger

Pixabay

Belakangan makin banyak blogger yang muncul. Kehadirannya banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mencari informasi tentang sesuatu. Hal ini tak lain karena banyak di antara blogger-blogger tersebut yang mengulas sebuah produk dengan gamblang, jujur, dan tidak mengada-ada. Hal ini pula yang akhirnya menarik perhatian dari banyak perusahaan menyewa blogger untuk me-review produk atau jasa yang mereka miliki. Ini artinya, terbuka peluang bisnis bagi para blogger untuk mengembangkan potensinya.

Joeragan Artikel dengan cepat menangkap peluang ini dan membentuk pasukan blogger. Tugas utamanya sama seperti yang jamak dilakukan para blogger, yakni membuat ulasan tentang sebuah produk, jasa bahkan personal review dari kliennya. Pasukan ini dikomandoi oleh Rahayu Asda Putri dan Dira Indira,  dua blogger yang cukup berpengalaman.

Salah satu proyek terbaru besutan pasukan blogger JA adalah review produk Me Time beberapa waktu yang lalu. Saat ini, proyek yang sedang berlangsung adalah lomba blog untuk me-review produk Zalfa Miracle, salah satu klien Joeragan Artikel.

Baca juga: Me Time Nimat dan Sehat Bersama Me Time

 

3. Pasukan Reporter

Pixabay

Siapa sih yang tak mau bisnisnya diliput? Semua pengusaha pasti sangat senang jika bisnisnya dikenal banyak orang dan omzetnya meroket. Untuk itulah, pasukan reporter hadir menjawab kebutuhan ini. Dengan dikomandoi oleh Eni Rahayu, pasukan reporter hadir untuk membantu pengusaha UMKM mempromosikan produknya.

Hasil liputan tersebut tak hanya diposting di blog, namun juga dikirimkan ke media nasional, sehingga peluang pengusaha untuk dikenal menjadi semakin besar. Berbekal pengalaman Eni Rahayu sebagai salah satu citizen reporter di Tribunnews.com, tulisan dari pasukan reportase ini dipoles makin ciamik dan layak tayang.

 

4. Pasukan Editor

Pixabay

 

Saat ini, minat baca di kalangan masyarakat makin tinggi. Hal ini membuat banyak penulis yang menerbitkan buku dan aneka jenis tulisan bermanfaat lainnya, baik secara online maupun cetak. Joeragan Artikel memfasilitasi para penulis maupun pebisnis yang ingin mencetak hasil karyanya, dengan bantuan pasukan editor. Pasukan ini bertugas mengedit dan memperbaiki kualitas tulisan sehingga karyanya makin cemerlang. Dengan begitu, diharapkan hasil tulisan tersebut layak tayang dan mendapat tanggapan positif dari pasar. Tak hanya itu, banyak artikel yang bisa dipakai untuk mempromosikan produk secara online. Hal ini sangat bermanfaat bagi para pebisnis.

Diketuai Kartika Susilowati, pasukan editor sat ini beranggotakan 30 orang. Keuntungan dan manfaat tak hanya dirasakan klien, namun juga para editor yang terus terasah skill menulisnya. Selain itu, tak sedikit dari mereka yang mendapatkan peluang menulis lebih besar lagi.

Baca juga: @JoeraganArtikel: Komunitas Hebat Pencetak Penulis Profesional

Syarat bergabung menjadi pasukan hebat JA sangat mudah. Kita hanya perlu mengikuti training yang diselenggarakan oleh JA. Setelah lulus, otomatis kita bisa mendaftarkan diri menjadi anggota. Nah untuk teman-teman yang penasaran dan ingin menggunakan jasa pasukan hebat dari Joeragan Artikel ini, bisa menghubungi para PJ alias Penanggung Jawab cantik di akun facebook mereka berikut ini ya.

Piet Genta (Pasukan Endorser)
Rahayu Asda Putri dan Dira Indira (Pasukan Blogger)
Eni Rahayu (Pasukan Reportase)
Kartika Susilowati (Pasukan Editor)

Selamat meroketkan bisnis dan memperkaya ilmu bersama Pasukan Hebat Joeragan Artikel!

27 thoughts on “Membangun Branding Bisnis yang Tepat Bersama Pasukan Hebat @JoeraganArtikel

  1. Wahhh sy termasuk slh satu pasukan yg disebut diatas. Pdhl, bermimpi pun segan, duluuu…
    Sekarang bukan mimpi. Semua bisa dipelajari, dan harus menikmati proses…
    Semangat mbk!!!

Leave a Reply