Begini Cara Super Moms Me-manage Waktu. Chekidot!

Hi, Moms….

Jadi ibu itu pengalaman super ya, Moms! Hmm … nggak sekedar pengalaman biasa lho. Jadi ibu harus siap naik jetcoaster, memacu adrenalin. Apalagi kalau anak-anak sedang berulah, ada saja hal yang membuat hati deg-degan. 

Nah, bagi para super moms, masalah utama selain memastikan anak-anak dan suami sehat dan siap beraktivitas, adalah mengatur waktu. Banyaknya tugas domestik yang harus diselesaikan Moms kudu sigap bertukar peran. Belum lagi jika Moms juga harus ngantor. Hadeeeuh, doble portion deh effort-nya. Rempoong pokoknya….

Karena itu, Moms harus jago ngatur jadwal kerjaan biar nggak keteteran. Berikut beberapa tips yang bisa dicoba untuk mengatur waktu bagi para super moms.


1. Buat to-do list 

Catatlah semua tugas harian yang harus diselesaikan. Bagilah menjadi beberapa kategori, misalnya tugas di dapur, keperluan anak, suami, dan lain-lain. Usahakan untuk tidak melewatkan detil terkecil ya, Moms.


2. Tetapkan skala prioritas

Setelah semua tugas dicatat, sekarang saatnya membaginya dalam skala prioritas. Hal ini akan memudahkan kita untuk menentukan tugas mana yang harus dikerjakan duluan dan mana yang bisa menunggu. 


3. Manfaatkan waktu malam

Untuk bisa menyelesaikan semua tugas tepat waktu, jangan segan memanfaatkan waktu malam, saat anak-anak sudah terlelap. Persiapkan kebutuhan esok hari dengan cermat, agar tak ada yang tertinggal. Memang sedikit lelah pastinya, namun hal ini lebih baik daripada membereskan semuanya esok pagi dengan resiko ada saja barang yang lupa dibawa.


4. Konsisten dan persistent

Dari semua hal tadi, jangan lupa untuk melakukannya dengan konsisten dan persistent ya. Taati setiap jadwal yang sudah dibuat, kecuali jika betul-betul ada hal lain yang lebih urgent. Kalau nggak gitu, percuma saja membuat daftar dan rencana panjang lebar.


5. Maksimalkan kemampuan multitasking

Perempuan adalah makhluk multitasking. Artinya, kita dikasih kepercayaan sama Tuhan untuk bisa melakukan beberapa hal sekaligus. Jadi, jangan khawatir untuk memasak sambil menyapu, atau mencuci baju sambil menyiapkan sarapan anak-anak. Tentu saja Moms harus tetap memperhatikan faktor keselamatan, ya.


6. Mintalah bantuan

Sekiranya Moms benar-benar kerepotan melakukan semua pekerjaan, jangan ragu untuk meminta bantuan. Komunikasikan hal ini kepada suami, agar tercipta hubungan yang terbuka. Jika memungkinkan, suami bisa melakukan beberapa hal sementara Anda mengurus anak. Atau, boleh juga mempekerjakan ART. Sesuaikan dengan kesepakatan keluarga Anda.


Menjadi super mom memang tak mudah ya … Kita cuma perempuan biasa yang masih banyak kekurangan. Jadi, nggak usah memaksakan diri terlalu berat untuk menyelesaikan semuanya sendiri. Boleh kok sekali waktu rehat sejenak, sekedar menyenangkan diri dengan segelas coklat hangat, atau pergi ke salon untuk merawat diri. Intinya, apapun juga beban pekerjaan kita, jangan lupa untuk bahagia!

Proud to be a Mother, ya Moms….!

Hugs

3 thoughts on “Begini Cara Super Moms Me-manage Waktu. Chekidot!

  1. Nova Yulfia says:

    Aku banget ini siiih. Sering juga keteteran mengatur waktu, antara urusan domestik yang ga pernah habis.
    Dan artikel ini, ngebantu banget nih mba bety sbg reminder. Tq yaaa…
    Sukses mba bety…

Leave a Reply