Hindari Dehidrasi dengan 7 Langkah Mudah Ini

Tinggal di daerah tropis seperti Indonesia, kita harus siap sedia melawan udara kering yang sering kali berangin dan nggak bersahabat. Apalagi saat musim kemarau seperti ini. Paling males keluar rumah siang-siang. Selain karena angin kencang dan berdebu, matahari itu loh. Mencrang pisan alias puanas pol. Di beberapa kota seperti Bandung, Bogor atau Ambarawa, suhu udara mungkin lebih sejuk. Tapi jangan ditanya kami-kami yang tinggal di daerah lain seperti Jakarta, Medan, Semarang dan Jogja.

Dalam kondisi seperti ini, tubuh kita rawan banget terkena dehidrasi. Terlebih kalau kita sering beraktivitas di luar ruang dan banyak bergerak. Keringat yang keluar tanpa diimbangi asupan minum yang cukup, bisa bikin tubuh kita kekurangan cairan. Kalau saya, paling gampang kena migren kalau kurang minum. Kepala rasanya nyut-nyutan mau pecah.

Kalau udah migren gitu, biasanya saya butuh istirahat, minum yang buanyak, trus rileks. Kalau nggak, sakit kepala akan betah sampai sore dan mengganggu aktivitas. Nah, sebenarnya, ada beberapa trik mudah loh menghindari dehidrasi ini. Beberapa di antaranya saya rangkum di bawah ini. Cekidot!

 

Kurangin Gorengan

Tips Anti Dehidrasi

Orang Indonesia sangat suka mengonsumsi gorengan. Hayo ngaku, Mommies juga pasti salah satunya, kan? Hihihi. Saya mah ngaku dosa aja deh. Makanan ini memang nikmat disantap panas-panas, bersanding dengan sajian teh atau  kopi panas di sampingnya. Tapi, gorengan itu juga salah satu makanan paling berbahaya jika dimakan dalam porsi yang berlebihan, loh. Apalagi dalam kondisi perut kosong. Kandungan lemak jenuh di dalamnya, bisa memicu kolesterol jahat dan membuat kita cepat haus. Nah, kalau nggak diimbangi dengan minum air putih yang cukup, lemak ini akan jadi ancaman serius untuk kesehatan kita di masa depan.

 

Lakukan Olahraga Kardio

Tips Anti Dehidrasi

Olahraga ini intinya bertujuan untuk melatih jantung agar tetap sehat. Oya, jangan bayangin jenis olahraga ekstrim seperti main bola atau hoki ya, Moms. Kita juga bisa kok melakukan beberapa gerakan fisik yang simple dan ringan tapi tetap bermanfaat bagi kesehatan. Misalnya jogging, jalan sehat, atau bersepeda ringan. Naik turun tangga di rumah? Kenapa nggak? Untuk Mommies yang bekerja, bisa juga loh mencoba trik bike to work atau kalau memang harus bawa mobil, cobalah parkir sedikit lebih jauh. Sebagai gantinya, berjalan kakilah sampai di kantor. Lumayan loh, bisa membakar lemak jahat.

 

Konsumsi Jeruk dan Air Kelapa

Tips Anti Dehidrasi

Ketimbang minum sirup atau es teh manis di tengah hari yang terik, mendingan kita mengonsumsi  air kelapa atau sari jeruk. Kedua minuman ini bermanfaat banget untuk menjaga kebugaran tubuh, terutama saat kita habis beraktivitas berat. Kandungan vitamin C dan air di dalamnya efektif mengurangi risiko dehidrasi. Selain itu, kita juga akan terhindar dari bahaya sariawan. Duh, kebayang deh sakitnya sariawan. Kecil tapi bikin badan meriang. Huaaaa…

 

Perbanyak Konsumsi Buah-buahan

Tips Anti Dehidrasi

Buah-buahan adalah salah satu pilihan terbaik untuk mendukung kebugaran kita setiap hari ya, Moms. Terutama buah dengan kandungan air yang cukup banyak seperti semangka, blewah, melon, nanas, delima, anggur, aneka berry dan mangga. Selain air, buah-buahan tersebut juga kaya akan vitamin C dan serat, yang akan membantu kita merasa kenyang lebih lama. Wuah, cocok banget dong buat kita yang pengen tetap langsing dan sehat? Buat yang masuk usia cantik seperti saya, wajib banget nih konsumsi buah dan sayur biar tetap sehat.

Kalau takut budget dapur jadi bengkak, solusinya kita bisa pilih aneka jenis buah lokal kok. Ada banyak buah asli Indonesia yang nggak kalah kandungan nutrisinya dibanding buah impor. Justru buah lokal ini nggak butuh proses panjang untuk sampai kepada kita bukan?

Jeruk Pontianak, jeruk Bali, salak pondoh, jambu air, nanas, manggis, aneka jenis pisang, srikaya, rambutan, durian lokal dan masih banyak lagi pilihan buah di pasaran.

 

Batasi Minuman Berkafein dan Bersoda

Tips Anti Dehidrasi

Kafein dan soda adalah dua jenis minuman yang bersifat diuretik. Keduanya bisa membuat kita buang air kecil lebih sering, sekaligus berisiko membuat lambung perih. Apalagi kalau kita punya riwayat sakit maag atau pencernaan lainnya. Jadi, sebaiknya minumlah sari buah atau air putih dan air kelapa sebagai gantinya. Minum teh atau kopi boleh-boleh aja sih, asal sesuai aturan dan nggak berlebihan. Satu atau dua cangkir sehari kayaknya cukup ya, Moms.

 

Pakai Lipbalm dan Body Lotion

Tips Anti Dehidrasi

Nggak hanya minuman yang harus diperhatikan lho. Kulit pun harus mendapatkan perhatian serius biar tetap sehat dan cantik. Karena itu, kita sebaiknya memakai body lotion sehabis mandi dan lipbalm pada bibir untuk mencegahnya kering dan pecah-pecah. Khusus untuk body lation, kita bisa mengoleskannya kapanpun, terutama saat kulit terasa kering. Sst, banyak berada di ruangan ber-AC, nggak berarti kita bisa menyelepekan hal ini loh. Justru dengan banyak terkena udara kering dalam ruang ber-AC, kulit kita cenderung lebih cepat kering dan rusak.

Saya sih biasanya menyelipkan lipbalm dan body lotion dalam ukuran kecil dalam tas. Jadi kapanpun diperlukan, saya tinggal ambil dan pakai. Oya, sesekali saya juga melakukan lip scrubbing supaya bibir tetap lembut dan segar. Kan biar nggak kalah syantik ama Raisa. *hallah, gombal*

 

Jangan Lupa Air Putih

Tips Anti Dehidrasi

Mengonsumsi minimal 8 gelas per hari adalah keharusan. Tubuh kita sangat perlu asupan cairan yang tepat. Salah satunya ya air putih ini. Biar nggak merasa sperti sapi gelongongan, kita bisa bikin jadwal minum sedikit demi sedikit kok. Sesuaikan saja dengan kenyamanan kita, yang penting kebutuhan 2 liter air putih bisa terpenuhi.

Nah, itu tadi beberapa hal yang saya lakukan biar tetap bugar dan terhindar dari risiko dehidrasi. Kalau Mommies gimana? Punya cara lain? Boleh banget loh komen di bawah!

 

Thanks ya!

17 thoughts on “Hindari Dehidrasi dengan 7 Langkah Mudah Ini

  1. Hihihi..Bogor mah sekarang puanas mbak, nggak kayak dulu pas pertama ke bogor. Masih berasa ademnya. Jadi pengen naik sepeda lagi nih setelah baca tips dsri mbak bety. Makasih tips nya mbak.

  2. Kurangi gorengan? Oh nooooo, belum kuat mbak. Penampakannya selalu menggoyahkan imanku. Padahal iyes banget sih, setiap habis makan gorengan pasti panas dalam, trus tenggorokan sakit deh. Tq tipsnya ya mbaaak, kudu disiplinin lidah ni, biar sehat terus.

  3. Lina Susanti says:

    Makasih infonya mba, seneng banget rasanya kalau naik turun tangga bisa jadi olahraga. Saya kategori jarang olahraga soalnya, masih bab niat.

  4. Hmm oke tuh tips nya mba. Biasanya cari gampangnya minus es teh yang paling mudah. Ternyata lebih bermsnfaat buat tubuh minum air kelapa atau minum es jeruk. Thx ya mb infonya bermanfaat.

  5. Rasanya aq baru bisa jalani makan buah segar. . Huaaaa.. Gorengan masih sering, malah ditemani es setup buatan sendiri, tapi berisi buah.. Olahraganya juga masih susah rutin, hiks😂

Leave a Reply