Yuk Jaga Keseimbangan Jiwa Raga dengan Lakukan Hobi

Hai, halo Moms! Tau kan, manfaat hobi bagi keseimbangan jiwa raga itu venting? Masih inget nggak sih kapan terakhir kali kita ngelakuin hobi?

Apa? Nggak inget? Haduh..

Kesibukan jaman now ini emang warbyasak ya. Sampe-sampe kita sering kali nggak punya waktu buat seneng-seneng. Yang ada, dari morning to the evening semuanya syibuk.

Atas nama tugas dan kewajban, banyak dari kita (mungkin semua orang sih, to be honest) yang terikat sama yang namanya rutinitas. Bangun tidur langsung mandi, nyarap di jalan, trus ngendon sampe tengah hari di balik komputer kantor. Keluar lagi makan siang, kalok nggak bawa bekel, balik kantor egen, and then grasak-grusuk di balik meja lagi ampe bos pulang. Well, kalo perlu lembur sampe malam. Njuk kapan liat mataharinya?

Buat buk ibuk rumah tangga macam saya, ngga kalah rempong dong pastinya. Dari sebelum subuh udah kemruyek di dapur, nyiapin keperluan orang serumah, pakepuk ini itu, trus sebagian ada yang langsung ganti profesi jadi supir pribadi, sebagian lain sibuk sama kerjaan domestik yang nggak ada habisnya. Huaa.. Hayati lelah, Bang!

Well, ngomongin bosan dan lelah, nggak akan ada habisnya yes. Karena itu, kita harus fokesss sama solusi. Bukan ngobok-obok masalah yang nggak kelar-kelar kayak utang kamu.

So, balik lagi ke pertanyaan di awal tadi, kapan sih kita sempet ngelakuin hobi? Iya, hobi lama yang mungkin udah ada sejak kita kecil. Yang pernah selalu kita lakuin pas jaman unyu-unyu atau masih pake seragam putih abu-abu. Tapi seiring makin syibuknya kita, sekarang jadi terlupakan. Atau ada hobi baru yang nongolnya pas kita udah gede? Macam mantengin medsos gitu? Ahahaha kids jaman now mah kan bebas hobinya.

Baca juga : 3 Hobi Lama Ini Bikin Saya Kangen Berat

Melakukan hobi secara rutin, nyatanya bisa menyeimbangkan hidup loh. Biar nggak stress ama kerjaan, bete ama rutinitas dan yang paling penting bikin kita lebih fresh. Nah, kalo saya sih pas punya waktu senggang suka ngelakuin hobi ini.

 

Nonton drama Korea

Saya yakin banget hobi ini bisa masuk kategori hobi sejuta umat, terutama mak emak yang demen mantengin Oppa-oppa ganteng dan bening ituh. Saya nggak mau denying soal yang satu ini. Yes, nonton drakor bisa jadi salah satu me time paling favorit buat saya. Apalagi pas semua detlen kerjaan udah beres, anak udah pules dan suami nggak rewel.

Yang bikin saya demen nonton drakor itu selain aktor dan aktrisnya yang keren, saya suka nyari ide nulis dari sana. Saat mengamati para tokoh berinteraksi, kadang suka muncul ide unik yang bisa jadi trigger tulisan fiksi saya. Yeaay!

Nggak hanya itu, banyak quotes manis yang bisa bikin baper dan meleleh loh, dari drama Korea ini. Belum lagi soundtracknya yang cakep-cakep. Ulala, bisa bikin saya melek sampe pagi deh. Gakpapalah, sekali-sekali bolehlah. Demi kewarasan. Hahaha..

 

Baking

Nah, hobi kedua ini sebenernya baru muncul pas udah punya 2 anak. Gara-garanya waktu itu saya sering ndomblong, trus stalkingin medsos. Waktu itu di FB banyak ikutan grup masak, so sering banget dapetin resep kue dan roti yang menggoda iman. Alhasil, saya pun jadi ngeborong peralatan baking dan ovennya.

Meski nggak kuat beli oven listrik, oven tangkring pun jadi. Nu penting mah, bikin kue ama roti. Saya lebih suka bikin roti ketimbang kue. Soalnya lucu aja nungguin adonan melar kayak balon, trus dipanggang. Hm, wanginya endeessss. Puwas banget rasanya kalau pas buka oven nemuin roti yang lembut dan menul-menul itu. Langsung pamer deh di medsos wkwkwk.

Roti sobek

Pernah pas lagi seneng-senengnya ngebaking, saya sampe bilang ke paksu kalau kelak pengen punya took roti. Amiiiin..

 

Merajut

Hobi saya berikutnya adalah merajut. Meski nggak mahir-mahir amat, saya bias loh bikin syal, tas, dompet dan baju ala-ala gitu. Nggak hanya dipake sendiri, beberapa barang buatan saya laku dijual bahkan ada yang dibawa ke luar negeri.

Dulu saya bisa merajut setiap hari sambil nonton tv, atau nungguin si Kakak sekolah. Manfaat merajut ini juga banyak loh. Selain bikin kita lebih sabar, teliti, juga menegah pikun.

Cuma, sekarang saya udah nggak punya cukup waktu untuk merajut lagi. Next kalo ada kesempatan, saya pengen bikin baju lagi, ah.

 

DIY

Dari dulu, saya tuh hobi bikin pernak-pernik lucu. Meski akhirnya nggak semua yang saya bikin itu bisa dipakai atau dipajang, rasanya seneng aja bisa menghasilkan sesuatu gitu. Contohnya kayak bikin lukisan kecil dengan teknik lem dan glitter ini.

Tips membuat DIY

Atau, bunga cantik dari pita yang bisa diletakkan di meja kerja seperti ini.

Manfaat hobi

 

Makan

Nah, yang terakhir ini rada ekstrim euy. Wkwkwk.. hayo siapa yang hobinya sama kayak saya?

Yes, menikmati makanan enak sama keluarga belakangan jadi salah satu hobi yang cukup menyenangkan bagi saya. Meski nggak selalu makan di resto mewah, saat-saat nongrong syantik sama suami dan anak-anak itu bikin saya nggak bete.

Manfaat Kopi

Dulu, pas masi gawe di kantor, saya suka nongkrong di kafe ama temen kantor. Alhasil, terkadang saya suka feeling guilty sama anak yang waktu itu diasuh pembantu.

Sekarang, saya lebih suka nongkrong di kafe-kafe bernuansa ndeso gitu. Kebetulan sejak suka nulis, saya juga jadi jatoeh tjinta ama kopi. Hmm, harumnya itu loh bikin nagih. Kalau kebetulan kalian nyari rekomendasi tempat ngopi syantik bernuansa ndeso di Jogja, kalian bisa pergi ke Kopi Klotok, Bukan Kopi Luwak, Wedangan Kampung, Wedang Kopi Prambanan, dan masih banyak lagi. Saking banyaknya saya sampe nggak sempet bikin reviewnya atu-atu.

Menyeimbangkan kesehatan jiwa dan raga emang penting. Dan ngelakuin sesuatu yang jadi hobi itu bisa jadi salah satu solusi buat menjaga diri kita tetep waras. Yekan? So, kalau temen-temen punya hobi apa?

***

Tulisan ini adalah proyek kolaborasi bersama Pasukan Blogger Joeragan Artikel. Temukan tulisan menarik lainnya di blognya temen saya Mbak Qoty yang cantik dan baik hati.

5 thoughts on “Yuk Jaga Keseimbangan Jiwa Raga dengan Lakukan Hobi

  1. Hai Kak…
    Wah… hobi kita sebenarnya ada kesamaan. Mulai dari suka nonton Drama Korea sampai bikin DIY. Tapi, aku lebih suka merajut, membaca, dan menulis sih.

    Btw, kerennya hasil rajutannya bisa sampai ke luar negeri, punyaku saja masih di sini-sini saja.

    Terima kasih dan salam kenal Kak.

  2. Si Mbok kereeen bisa bikin roti yang menul┬▓. Saya kalo bikin roti kurang empuk. Kayaknya kurang banting, harus marah kali ya. Hehe…engga deng…
    Seneng yah hobinya banyak

  3. Kak, hobimu sing terakhir kok mantul, gitu lho tetep kuru, hmmm…resep e opo to? Aku ki jan lho pengin bisa nontom drakor.Tapi berulang kali mencoba berulang kali gagal.Kayak e emang seleraku kartun Disney kok­čś¬­čś¬

    • betykristianto says:

      Hahahah, walikan aku mba. Disney orak payu neng omahku. Kalah ama Upin Ipin dan Tobot. Lek masalah kuru, kui sakjane efek kameraku sik canggih warbyazaak. Wkwkwkwk..

Hello, thank you for stopping by. I'm Bety, the one and only author of this blog. Find your most interesting story of mine and let's share!