Halo, Mommies kesayangan!

Pasti familier dong sama lego? Yup manfaat bermain lego untuk balita ini banyak banget. Buat para Mommies, mainan ini pastinya hampir selalu ada di rumah. Saya juga gitu. Sejak anak-anak berumur 3 tahun, kami sudah mengoleksi puluhan mainan susun balok.

Selain mengasyikkan, permainan ini juga sangat bagus untuk menstimulasi kecerdasan anak, apalagi usia balita adalah masa-masa yang sangat krusial. Istilahnya mah golden ages. Nggak hanya fisiknya, aspek kognitif anak juga tengah berkembang dengan pesat. Jadi, kita harus benar-benar memperhatikan fase tumbuh kembang mereka dengan baik.

Beberapa hasil kreasi anak-anak 😊

Manfaat Bermain Lego untuk Balita

1. Merangsang kemampuan kognitif

Manfaat lego untuk balita
Dengan bermain susun balok, anak belajar mengenal konsep bentuk, warna, jumlah, dan ruang (space). Hal ini sekaligus berfungsi untuk meningkatkan daya imajinasi dan kreativitas mereka.

2. Meningkatkan kemampuan psikomotorik

Manfaat lego untuk balita
Saat anak menyusun balok-balok menjadi bentuk tertentu, terjadi koordinasi antara mata dan kemampuan motorik. Kegiatan meraih, mengambil, menyusun dan menekan balok-balok akan membuat ketrampilan mereka semakin tinggi.

3. Meningkatkan kemampuan psikososial

Manfaat lego untuk balita
Dengan bermain lego bersama teman sebaya atau anggota keluarga lainnya, anak-anak akan belajar berinteraksi, berdiskusi, bahkan berargumen, lho. Mereka juga bisa belajar bagaimana cara berbagi, mengalah dan bekerja sama dengan orang lain. Hal ini tentu sangat berguna untuk masa depan mereka.

4. Melatih kedisiplinan/ketertiban

Manfaat lego untuk balita
Biasanya saat baru membeli mainan, anak-anak akan tertarik untuk mengikuti instruksi yang ada di dalam kotak ya Moms. Hal ini sangat baik untuk melatih mereka tentang konsep disiplin dan ketertiban karena mereka kan harus mengikuti perintah yang sudah tertulis agar bentuk yang diinginkan bisa tercapai. Tak hanya itu, anak juga terlatih untuk tekun dan teliti.

Dulu pas masih di Bandung, saya nggak kesulitan mencari aneka lego seperti ini. Tapi sejak tinggal di Jogja, kami agak sedikit repot kalau anak-anak minta dibelikan mainan baru. Pernah sampai muter-muter seharian, nggak ada seri mainan yang mereka mau. Alhasil, mamak jadi bete karena anak-anak uring-uringan. Huhuhu…

Untungnya sekarang nggak repot lagi. Tinggal cuss belanja online aja, semua langsung beres. Nggak repot ke sana sini. *ketawa bahagia*

Nah, kalau saya, paling suka belanja ke Shopee.

Logo Shopee

Kenapa Shopee?

This slideshow requires JavaScript.

  1. Aman dan tepercaya
    Sebagai perusahaan e-commerce yang besar, so pasti Shopee memiliki segi keamanan yang baik. Buktinya, yang belanja buanyak banget.
  1. Mudah dan anti ribet
    Aplikasinya user friendly. Jadi nggak perlu takut ribet bin rempong, bahkan bagi mamak gaptek kayak saya.
  1. Banyak pilihan barangnya
    Ada ratusan jenis barang dan kebutuhan yang bisa kita temukan di sini.
  1. Bisa dapat free ongkir
    Ini nih yang saya suka. Mayan kan ongkirnya bisa buat belanja yang lain. Hihihi ..
  1. Banyak bonusnya
    Mulai dari cashback, voucher hingga potongan harga di mana-mana.

Ternyata banyak banget kan, Moms, manfaat bermain lego untuk balita ini? Emang sih, terkadang harganya agak lumayan. Tapi menurut saya itu sangat sebanding dengan manfaat yang akan kita terima. So, jangan ragu ajak anak-anak main lego ya!

%d bloggers like this: