3 Hobi Lama ini Bikin Saya Kangen Berat

Jadi ibu rumah tangga plus plus itu sejatinya nggak mudah. Hahay.. ya iyalah! Belum juga matanya nutup udah mikir besok masak apa, seragam sekolah udah licin belum, atau sekedar besok pagi macet apa nggak. Hayooo ngaku aja, banyak kan yang kayak saya?

Hectic dari pagi (baca:subuh) sampe malam menjelang, sering kali membuat saya dan banyak ibu lainnya nggak lagi punya waktu untuk bersenang-senang. Sekedar nikmatin waktu buat diri sendiri atau ngelakuian hal-hal yang dulunya disukai, termasuk hobi.

Kalau dipikir-pikir, saya juga kayak gitu sih. Kadang saking (sok) sibuknya, ampe lupa punya hobi ini itu. Giliran pas stalking medsosnya orang baru ngeh ealaah, lha gua juga bisa kan kayak gitu. Wuihh!! Ngakunya sibuk tapi masih sempet stalking medsos. *mamak milenial*

Tahu nggak Moms, mengerjakan hobi itu ternyata penting loh demi menjaga kewarasan kesehatan jiwa dan raga. Bahkan ada yang bilang, orang yang masih bisa ngerjain hobinya di tengah kesibukan sehari-hari menunjukkan tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi.

Demi apa coba semalem saya kebangun jam setengah dua pagi trus nggak bisa merem lagi cuma karena tetiba kepikiran di mana baju rajutan kesayangan saya yang dulu. Udah niat mau ngobrak abrik lemari tapi takut dimarahin paksu. Akhirnya kelap kelop dewekan sampe lupa trus ketiduran lagi. Lalu pagi ini nggak kuat nahan rindu diri, saya langsung ngetik. Dan tada! Jadilah coretan seputar hobi lama yang ternyata saya kangenin. Mau tahu?

  1. Merajut

Saya tuh dari kecil sukak banget bikin barang-barang handmade. Pas SMP aja saya ikut kelas tata busana. Trus diajarin ngerajut sama ibuk. Nah, pas udah gede (baca: tua) saya kok ndilalah ketemu sama seorang tante di sekolah Rafael dulu. Kebetulan beliau adalah pengajar kelas merajut. Jadilah saya kursus dan belajar gimana bikin baju, syal, tas, dompet dan sepatu. Tapi.. yang trakhir ini nggak lulus hahaha. Soalnya susyaah pemirsah.

Itupun saya kalau ngerajut harus ada polanya. Kalau nggak ya wassalam! Gatot alias gagal total trus BYE!

Etapi, saya berhasil menjual beberapa karya saya loh ke temen-temen. Biasanya saya main aman aja, ngejualin barang-barang yang nggak perlu diukur seperti tas, dompet, atau syal. Ada juga sih 2 apa 3 potong baju rajutan yang dibeli temen dan saya kasih ke Ibuk.

Manfaat hobi

Sekarang? Ah, boro-boro ngerajut. Saya lebih suka berlama-lama ngetik dan curhat seperti ini. mungkin kalau waktunya senggang lagi, besok saya bakalan ngerajut lagi deh. Doakan ya.

 

  1. Bikin Kristik (eh nulisnya gimana yes)

Manfaat hobi

Nggak beda jauh ama ngerajut, saya juga suka mainan benang kristik. Bedanya, kali ini pakenya benang wol, jarum kain kasa sebagai media kanvasnya. Nah kalau keterampilan ini saya pelajari secara otodidak sama si Mbak yang dulu ngasuh si Kakak. Jadi, si Mbak ini suka kristik, trus pas jalan-jalan kebetulan ketemu penjual yang jualin barang-barang untuk kristik ini. jadilah dia beli dan saya ngeliatin cara bikinnya.

Cuma, karena kristik ini sangat-sangat butuh ketelian banget… *halah bahasanya*. Makanya saya baru berhasil bikin SATU saja karya yang spektakuler. Itupun baru kelar setelah … jeng jeng! 10 tahun ngahahahaha #bangga#

Bukan karena nggak bisa sih, tapi lebih tepatnya karena kelamaan saya anggurin. Mata saya jereng dan sering mual kalau salah tusukin benang. Soalnya, salah satu kotak aja, ambyar semua pola. Dan itu udah kejadian beberapa kali sampe saya eneg sendiri dan memutuskan untuk mengambil masa jeda yang akhirnya kelamaan.

Tau nggak, pas akhirnya karya ini jadi, trus paksu saya suruh nyariin frame biar bisa dipasang di tembok, ada orang yang nawar loh. Nggak tanggung-tanggung, nawarnya ampe ratusan ribu. Tapi nggak saya kasih lah. Sayang ama effort yang udah saya keluarin. Akhirnya, saya gantung deh jadi hiasan di ruang keluarga.

 

  1. DIY

Dulu, pernah ada masanya saya tuh gilak banget sama all things about DIY. Sampe nonton video dan film-film di Youtube atau di TV kabel (waktu itu kebetulan lagi ngontrak di rumah temen trus ada TV Kabelnya wkwkwk)

Nah, ini dia beberapa hasil kreasi saya.

a. Artificial flowers

Manfaat hobi

 

2. Lukisan ala-ala

 

3. Mainan benang untuk bikin barang-barang yang “embuh” banget 😀

Ah, lega jugak deh akhirnya bisa mengenang hobi lama yang bikin nggak bisa merem ini. Pengennya sih kapan-kapan saya bisa ngelakuin hobi ini lagi. Kalau temen-temen punya hobi apa? Sharing yuk!

Hello, thank you for stopping by. I'm Bety, the one and only author of this blog. Find your most interesting story of mine and let's share!