Hati-hati! Darah Haid yang Bau Amisnya Tak Normal Bisa Jadi Gejala Kanker

 

Mendeteksi gejala dari kanker serviks ternyata juga bisa dilihat dari darah haid yang bau amisnya tak normal beserta warnanya yang berbeda

 

Darah pasti berbau amis, tak terkecuali darah haid. Namun, jika bau yang dihasilkan darah haid itu terlalu menusuk hidung alias bau amisnya tidak normal, maka kita patut waspada. Pasalnya, darah haid yang bau amisnya tidak normal bisa menjadi salah satu indikator bahwa kita terkena kanker serviks.

Kendati demikian, dr. Fiona Amelia dari KlikDokter mengatakan, mendeteksi gejala kanker serviks berdasarkan bau darah haid itu cukup sulit dilakukan, terutama bagi yang tidak memiliki indra penciuman sensitif. Namun, bau amis dari darah haid normal tidak akan terlalu menyengat. Sedangkan bau darah haid yang tidak normal, amisnya benar-benar sampai menusuk hidung.

Mungkin kalian akan suka ini : 
Diet Pelangi, Cara Sehat Melangsingkan Bodi

Darah haid yang seperti itu biasanya dialami oleh penderita kanker serviks yang stadiumnya sudah cukup parah, misalnya stadium 2B lanjut. Lalu, bagaimana jika kanker serviks yang dialami si wanita masih berada di stadium awal? Nah, dikatakan oleh dr. Fiona, tidak ada tanda-tanda khusus dari aroma darah haidnya.

Sementara itu, dr. Resthie Rachmanta Putri, M.Epid dari KlikDokter juga mengatakan bahwa warna darah haid pun dapat menandakan ada sesuatu yang terjadi pada organ reproduksi. Adapun beberapa warna darah yang menandakan adanya kondisi tertentu antara lain:

 

Oranye

Ini akibat pencampuran darah haid (warna merah) dengan cairan jernih di mulut rahim (serviks). Darah oranye sebenarnya bisa terjadi di awal haid, tapi bisa juga menandakan adanya infeksi menular seksual di daerah vagina atau mulut rahim.

 

Abu-abu

Ini sama sekali tidak normal. Salah satu penyebabnya adalah kondisi vaginosis bakterial. Ini adalah jenis keputihan yang dipicu bakteri Gardnerella vaginalis. Gejala lain yang menyertai adalah bau yang sangat amis pada cairan vagina.

Mampir sini juga ya : Tips Tetap Bugar Selama Nyetir 

Cokelat kehitaman

Orang yang menderita kanker serviks biasanya mengeluarkan darah haid yang cokelat kehitaman. Darah tersebut biasanya dialami oleh wanita yang masa menstruasinya sudah mau habis. Namun, jika sedari awal hari menstruasi yang keluar adalah darah seperti itu, kita perlu waspada.

Jika kita memiliki darah haid yang bau amisnya tidak normal disertai perbedaan warna, kemungkinan memang ada yang tak beres dengan serviks kita. Jadi, segera periksakan diri ke dokter ya.

 

Salam sehat,

Hello, thank you for stopping by. I'm Bety, the one and only author of this blog. Find your most interesting story of mine and let's share!