Mengenal Lebih Dalam Konsep Coworking Space

Apa itu Coworking Space

Apa sih yang terlintas di pikiran kita saat pertama kaliaat mendengar tentang istilah coworking space? Ada nggak yang berpikir tentang suatu hal yang berhubungan dengan antariksa, makanan, atau justru  suatu game baru di smartphone?  Mungkin kedengarannya lucu memang. Tapi sebagian besar masyarakat Indonesia tampaknya belum mengetahui apa yang dimaksud dengan coworking space. Oke, sekarang kita pelajari bersama ya.

 

Dalam bahasa Indonesia, coworking space berarti ruang kerja bersama. So secara mudah, coworking space adalah ruangan yang digunakan untuk bekerja bersama orang lain. Mereka bisa berasal dari individu, organisasi, atau dari suatu perusahaan tertentu.

 

Konsep ini masih terbilang baru untuk wilayah Asia Tenggara, khususnya Indonesia, karena baru muncul pada tahun 2016. Coworking space pertama kali diperkenalkan di kota kembang Bandung oleh seorang freelancer. Aktivitas ini kemudian mulai berkembang ke Jakarta dan sekarang sudah tersebar di seluruh kota besar di tanah air.

Peminat coworking space setiap tahun selalu mengalami kenaikan yang signifikan. Alasannya, karena menyewa sebuah coworking space dianggap lebih efektif daripada harus menyewa sebuah ruang kantor. Harga sewa yang lebih terjangkau umumnya menjadi alasan utamanya. Selain itu, jangka waktu penggunaan coworking space dapat diatur sesuai kebutuhan. Memang, beberapa penyedia coworking space menawarkan ruangan yang bisa disewa per jam, harian, mingguan, bulanan, bahkan tahunan. Menarik, ya?

Bekerja bersama di ruangan yang sama dan dengan orang-orang dari kalangan yang berbeda dapat menjadi sarana bertukar informasi maupun ide. Bahkan dapat digunakan sebagai tempat kolaborasi bersama orang lain guna meningkatkan bisnis yang sedang dijalani. Selain itu kita bisa bertemu dan berkenalan dengan orang baru dari berbagai macam latar belakang.

Peminat dari konsep kerja seperti ini rata-rata adalah para pebisnis muda, perusahaan baru, pengusaha UMKM, pekerja profesional lepas seperti kontraktor, designer, fotografer, mahasiswa dan sebagainya.

Ada beragam tipe dan jenis ruangan yang bisa kita pilih, mulai dari yang kecil hingga yang lebih luas. Beberapa penyedia coworking space bahkan ada yang menyediakan ruangan bertema khusus. Selain ruangan, fasilitas lain yang kita dapatkan adalah pendingin ruangan, akses internet, meja kursi yang nyaman, toilet, kantin, dan masih banyak lagi.

 

Apa itu Coworking Space

 

Lalu, keuntungan apa aja sih yang bisa kita dapatkan saat menyewa sebuah coworking space? Berikut jawabannya .

Hemat biaya

Harga sewa sebuah coworking space lebih terjangkau dibandingkan dengan menyewa gedung perkantoran, karena jangka waktu sewa dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Hal ini tentu akan sangat membantu terutama bagi para pebisnis baru

 

Nyaman

Biasanya interior yang dipakai didesain sedemikian rupa guna menjaga kenyamanan penggunanya. Hal ini termasuk pendingin ruangan (AC), sehingga penyewa tak perlu khawatir kepanasan. Tak hanya itu, penyewa juga tidak perlu pusing mengenai kebersihan ruangannya karena penyedia biasanya telah menyediakan fasilitas cleaning service.

 

Apa itu Coworking Space

Interaksi sosial yang lebih baik

Hal ini karena ruangan yang dipakai biasanya ruangan terbuka, sehingga kita bisa langsung bertemu dan berkenalan dengan orang lain Tak menutup kemungkinan loh, kita bisa menjalin hubungan dengannya. Hal ini tentu berdampak positif bagi bisnis yang dijalani, bukan?

 

Fasilitas yang memadai

Umumnya fasilitas yang disediakan adalah pendingin ruangan, jaringan internet unlimited, kafe bar atau kantin, toilet, pelayanan terima dan antar surat, serta meja kursi yang nyaman.

 

Pengguna coworking space dapat berasal dari berbagai kalangan tidak jarang ditemui banyak mahasiswa di dalamnya, banyak yang beranggapan bahwa coworking space adalah tempat nongkrongnya kids zaman now. Mengapa demikian? Hal ini karena jika dilihat dari luar bangunannya mirip seperti kafe, jadi bikin pengguna di dalamnya merasa nyaman.

Tapi, nggak semua coworking space berbentuk seperti kafe atau kedai kopi loh. Ada juga yang menyediakan coworking space dengan konsep yang lebih modern, mewah, dan elegan. Cara mengaksesnya juga sangat mudah cukup dengan menjelajah disalah satu laman web yaitu GO-WORK. penasaran? Kuy, mampir aja langsung di sana dan dapatkan info menarik seputar coworking space ya!

 

 

 

One thought on “Mengenal Lebih Dalam Konsep Coworking Space

  1. Kang Nata says:

    Ternyata semakin canggih zaman, maka kebutuhan pun semakin mudah, salah satunya adanya kantor bersama tersebut.

    Saya baca kata ” Coworking ” kok saya ngeja’nya menjadi ” Cowok-king ” hahahah…maaf, bercanda…. 🙂

Hello, thank you for stopping by. I'm Bety, the one and only author of this blog. Find your most interesting story of mine and let's share!