Lindungi Mobil dengan Asuransi yang Oke? Boleh Aja, Tapi Pertimbangkan 5 Hal Penting Ini Ya!

 

“Kalau mau cari asuransi mobil, pastiin yang gampang nge-claimnya ya, Pak!” kata saya saat bapak mau beli mobil. Paling males soalnya urusan claim asuransi yang ribet, kan? Makanya kita tuh butuh asuransi mobil proses claim mudah, biar nggak senewen kalau ada apa-apa sama mobil kesayangan.

Saya pernah ngalamin hal nggak mengenakkan soal yang satu ini. Waktu itu kebetulan saya dan suami mau berangkat ngantor. Pas lagi asik ngobrol tiba-tiba terdengar bunyi “brak” dan mobil kami berguncang. Belum sampai sadar apa yang terjadi, mata saya melotot ke arah kap mobil yang menutupi kaca depan disusul asap mengepul dari bagian mesin.

 

Pentingnya Asuransi Kendaraan
pixabay.com

 

Ternyata kami mengalami tabrakan beruntun. Dan parahnya, mobil kami berada di antara 5 mobil lain yang saling bertabrakan. Yang bikin sedih itu, cuma mobil kami yang rusaknya paling parah. Dua mobil paling depan langsung ngacir, disusul mobil di belakang kami. Sementara suami saya ngobrol sama pengendara di depan, saya hanya bisa nangis saking shock.

Secara fakta, mobil kamilah yang menabrak kendaraan di depan. Untungnya, mobil itu sama sekali nggak rusak. Ya iyalah gimana mau rusak coba? Wong itu mobil jeep dengan aksesoris logam di mana-mana, yang bannya aja setinggi spion kami. Ya wajarlah mobil kami yang keok dan njeplak dengan sukses. Untungnya lagi, si bapak baik hati. Karena kecelakaan itu beruntun, beliau nggak minta apa-apa, tapi sebaliknya juga nggak mau kasih kompensasi apapun. Hanya say sorry dan berlalu meninggalkan kenangan.

Yang makin bikin kami nyesek adalah, mobil kami nggak pake asuransi. So… semua biaya perbaikan harus kami tanggung sendiri. Whuaa… kebayang kan habisnya berapa. Huhuhu…

 

Risiko di Jalan Raya

Pentingnya Asuransi Kendaraan
pixabay.com

Berkendara di jalan memang sangat berisiko. Kita nggak pernah bisa memprediksi apa yang akan terjadi. Bisa jadi karena traffic yang crowded, atau faktor kondisi mobil yang memang butuh perbaikan. Intinya mah, segala sesuatu bisa kita alami saat meluncur di jalan raya. Karena itulah, kita perlu yang namanya perlindungan alias asuransi mobil.

Seperti asuransi lain semisal asuransi kesehatan, pendidikan ataupun asuransi jiwa, asuransi mobil ini merupakan salah satu upaya kita dalam mengantisipasi risiko dengan mengalihkannya kepada perusahaan asuransi. Jadi, kalau terjadi sesuatu yang nggak diinginkan kita bisa “terbebas” dari biaya-biaya yang mungkin timbul.

Namun mencari asuransi mobil itu nggak mudah juga loh. Hari gini banyak banget perusahaan yang nawarin bermacam produk asuransi dengan janji manis ini itu. Tapi, belum tentu semuanya memenuhi kriteria yang kita butuhkan. Belum lagi masalah claim yang terkadang bikin senewen.

 

Baca juga : Trik Cerdas Memakai Kartu Kredit

Tip Mencari Asuransi Mobil yang Oke

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan
Kebutuhan setiap mobil berbeda, karena itu penting bagi kita untuk melihat kondisi mobil. Misalnya bagian mana saja yang dianggap butuh perhatian, seperti bodi, mesin, dan lain-lain. Kita bisa memilih all risk/comprehensive insurance atau total lost only (TLO). Pahami kelebihan dan kekurangan yang ada di masing-masing tipe asuransi ini untuk mendapatkan layanan paling sesuai.

2. Lakukan Perbandingan
Membandingkan produk yang sama dari beberapa perusahaan sangat dianjurkan agar membantu kita menentukan asuransi mana yang paling tepat. Kita bisa mendatangi perusahaan asuransi, atau situs resmi mereka untuk mendapatkan informasi ini.

3. Pertimbangkan Rekomendasi Dealer
Saat membeli mobil, biasanya pihak dealer merekomendasikan beberapa perusahaan asuransi. Nggak ada salahnya loh mempertimbangkan hal ini, meski keputusan akhir tetap berada di tangan kita.

4. Pilih Perusahaan yang Kredibel
Poin keempat ini sangat penting, sebab berkaitan dengan kualitas layanan nantinya. Nggak hanya nama baik perusahaan saja loh, Moms. Kita juga harus mempertimbangkan tingkat keluhan pelanggan dari masing-masing perusahaan ini. Caranya, kita bisa search online baik di situs resmi ataupun forum-forum online terkait hal ini.

Selain itu, bengkel rekanan perusahaan asuransi juga perlu dijadikan pertimbangan, mengingat merekalah yang nantinya akan meng-handle mobil kita jika sewaktu-waktu mengalami kerusakan.

Pentingnya Asuransi Kendaraan
pixabay.com

Oya, yang paling penting kita juga harus pilih asuransi mobil proses claim mudah, nggak ribet dan lama. Pastikan perusahaan memiliki layanan call center 24 jam yang memudahkan kita mengurus keluhan dan claim dengan cepat dan responsif.

5. Sesuaikan dengan Kemampuan Finansial
Menemukan perusahaan asuransi yang baik memang penting, tapi jangan lupa untuk menyesuaikan juga dengan bujet keluarga. Jangan sampai justru menjadi beban ya.

 

Pentingnya Asuransi Kendaraan

 

Nah, untuk menghemat waktu nih, kalau teman-teman emang rencana cari asuransi mobil, ada solusinya loh. Apalagi kalau bukan ngandelin hengpong atau gadget mutakhir yang selalu kita genggam. Nggak jaman lagi kayaknya yah, harus kesana kemari hanya untuk beli asuransi mobil kayak gini. Please deh, itu mah so yesterday kalik.

Kuy, tengokin aja ke https://www.cekaja.com/asuransi-kendaraan. Di sana ada informasi lengkap tentang asuransi mobil. Nggak hanya itu, kita juga bisa membandingkan produk asuransi dari beberapa perusahaan berbeda. Cihui banget kan? Nggak perlu pergi ke mana-mana, cukup duduk manis dan sret-sret-sret… selesai! Asuransi dapet, hati pun tenang.

 

Selamat mencoba!

 

 

 

8 thoughts on “Lindungi Mobil dengan Asuransi yang Oke? Boleh Aja, Tapi Pertimbangkan 5 Hal Penting Ini Ya!

  1. Putu Sukartini says:

    Duh mbak, aku nyesek bayangin kecelakaan beruntun itu
    Turut prihatin, mbak

    Memang bener banget nih, mobil sebaiknya diasuransiin
    Kita gak pernah tahu bakal ketemu apa dan siapa di jalanan
    Lebih baik melindungi sejak awal agar lebih tenang

  2. Uniek Kaswarganti says:

    Jadi mudah ya kalau bisa melihat perbandingan asuransi di cekaja.com ini. Memang penting nih punya asuransi untuk mobil kita, agar enggak mewek saat terjadi apa-apa. Penginnya sih ya aman dan sentosa selalu, tapi namanya musibah kan kita nggak tau ya mba. Udah bener nih kalau segera proteksi mobil kita dengan asuransi.

  3. Haeriah Syamsuddin says:

    Beberapa waktu yang lalu, kami juga mengalami hal yang mirip.
    Yang namanya musibah, memang gak pernah bisa diprediksi kapan datangnya. Jadi pengingat untuk selalu berhati-hati dan jangan lupa berdoa setiap kali keluar rumah.

Hello, thank you for stopping by. I'm Bety, the one and only author of this blog. Find your most interesting story of mine and let's share!