Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan untuk Hari Tua? Kuy, Simak Yang Satu Ini Ya!

Hai, halo!

Mommies and Daddies yang tershayaang, berapa sering sih kita suka mengabaikan masa tua? Well, bukan berarti enggak mikirin sama sekali masa tua ya, maksud saya tu seberapa sering sih kita suka ngerasa nggak perlu membuat persiapan hari tua. Akibatnya, waktu udah memasuki usia matang (baca: tua), banyak orang yang kesulitan keuangan dan bahkan kehilangan properti.  Padahal dulu pas mau belinya susaaah banget, pake segala nyicil ke bank gitu hehehe. *itumahgue* Nah, kalau kamu pengen hidup tanpa beban di hari tua, pastikan persiapanmu matang ya.

Tapi…  persiapan kayak apa sih yang dibilang matangitu? Penasaran kan….

Kuy, simak penjelasan berikut ini tentang  apa saja persiapan yang harus dilakukan untuk menghadapi usia tua.

1. Menabung dalam Jumlah yang Konsisten

Meski berat, kita harus maksain diri untuk menabung segera setelah menerima gaji atau honor, bukan menunggu sisanya. Idealnya, kita tuh harus nabung 20-30 persen dari total penghasilan.  Kalau ada keperluan mendadak, pastikan menabung minimal 10 persen, ya. Pengen nggak sih dapetin keuntungan dari tabungan?  Pasti pengen, kan? Nah, coba hitung jumlah pengeluaran rutin tahunan kita deh. Setelah itu, pastikan kita nabungnya lebih gede dari jumlah itu dalam setahun. Smart, bukan?

 

2. Membuat Rekening Dana Darurat

Jangan remehkan keadaan darurat! Masalah seperti kendaraan mogok atau pengeluaran tak terduga bisa mengacaukan rencana masa tua loh.  Untuk itu, nggak ada salahnya buka satu rekening lagi untuk menabung dana darurat, yang terpisah dari tabungan dan rekening harian. Besarnya dana darurat ini idealnya adalah 4-6 kali lipat jumlah penghasilan bulanan. Wihh gede ya!

Kalau memungkinkan, sebaiknya hindari menyentuh dana darurat  ini dan pastikan kita selalu menambah saldonya setiap bulan. Nah kalau dana darurat ini sudah cukup banyak, kita bisa memasukkannya ke investasi. Tapi, pastikan sisanya tetap sebesar empat hingga enam kali lipat penghasilan ya.

persiapan hari tua bersama qaswa.id

3. Menjaga Kesehatan dan Hubungan Sosial

Masalah kesehatan bisa menggerogoti keuangan masa tua seseorang. Karena itu, yuk mulai jaga  kesehatan biar uang kita nggak habis hanya untuk berobat. Selain itu, kita juga harus menjaga hubungan sosial yang baik dengan lingkungan. Nggak cuma berguna untuk menjaga kesehatan mental dan emosional, hubungan sosial yang baik juga bisa membantu kita saat menghadapi kesulitan di hari tua.

 

4. Berhemat dan Menghitung Pengeluaran Pensiun

Gunakan kalkulator pensiun untuk menghitung perkiraan pengeluaran setelah pensiun. Kita bisa menemukannya dengan mengetik “kalkulator pensiun” pada halaman situs pencari. Kalkulator ini memperhitungkan biaya bulanan berdasarkan tingkat inflasi rata-rata tahunan. Dengan cara ini, kita bisa memperkirakan rencana tabungan dan investasi.

Selanjutnya, kita juga bisa mulai belajar memotong pengeluaran yang nggak perlu. Tapi hal ini bukan berarti kita nggak boleh bersenang-senang loh. Boleh aja hepi-hepi asal jangan berlebihan. Ingatlah bahwa kita pengin hidup tenang di masa tua. Makanya kita harus rela mengendalikan pengeluaran sekarang.

 

5. Belanja Asuransi yang Tepat

Hindari “lepas tangan” soal kesehatan dan keselamatan pribadi. Pastikan minimal kita punya rekening asuransi BPJS. Selain itu, kita juga bisa belanja asuransi kesehatan dan pensiun.  Tapi jangan buru-buru ya. Sebaiknya kita meneliti tiga atau empat alternatif sebelum memilih rencana yang paling cocok dengan kehidupan pensiun nanti. Biar puas dan nggak salah pilih, gitu.

 

6. Mulai Berinvestasi

Investasi adalah salah satu persiapan wajib untuk menghadapi hari tua. Pastikan metode investasi yang kita miliki nantinya,  aman dan sesuai kebutuhan. Qazwa.id adalah contoh sarana investasi yang aman, mudah, dan terdaftar di OJK. Kita bisa melakukan persiapan hari tua dengan mudah dan aman dengan investasi ini. Jangan lupa lakukan persiapan lainnya ya, biar hari tua kita terjamin.

 

Stay healthy dan funky ya

 

 

One thought on “Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan untuk Hari Tua? Kuy, Simak Yang Satu Ini Ya!

  1. nucky says:

    Saya setuju banget dengan point 1 dan 3 dari sekarang kita harus pintar mengelola keuangan agar di hari tua tidak menderita, contohnya sudah banyak di depan mata.

Hello, thank you for stopping by. I'm Bety, the one and only author of this blog. Find your most interesting story of mine and let's share!