Yakin Nggak Mau Main keJogja? Dijamin Bakalan Mupeng Kalian Baca yang Satu Ini!

Candi Prambanan

Jogja buat saya nggak sekedar kota kelahiran. Jogja adalah rindu, kenangan, dan harapan masa depan yang tak akan pernah tergantikan. Dulu, waktu masih mburuh di kota besar, ada satu bos yang sampe hari ini sangat saya hormati. Mister bos apal banget begitu cintanya saya sama kota gudeg ini, sampe-sampe dia selalu bilang kalo satu-satunya kota di mana saya mau ditempatkan selain di Jakarta dan Bandung adalah Jogja. Nggak peduli berapa besar salary yang bakalan ditawarin, dia tahu saya enggak bakalan mau. Hahahaha.. iya segitunya cinta saya ama kota ini.

Emang ada apa sih di Jogja?
Banyak!!

Jogja adalah salah satu kota di mana aura budaya yang kental berpadu cantik dengan modernitas khas kota besar. Kita masih akan menemui rombongan embok-embok berkebaya dengan rambut digelung ke atas lagi jalan beriringan naik sepeda ontel, di tengah jalanan kota yang ramai dengan beragam tipe dan model kendaraan roda empat keluaran terkini. Atau, kafe-kafe cantik dengan konsep njawani tapi menyajikan aneka menu makanan dan minuman kekinian, plus iringan gamelan atau live music di malam-malam tertentu. Kita masih bisa makan nyantai sambil lesehan menikmati iringan seniman jalanan yang menyanyikan lagu-lagu penuh nostalgi. Tapi bisa juga makan “ala seleb” di banyak resto modern yang banyak bertebaran di segenap penjuru kota. Pokoknya, Jogja nggak akan pernah bikin kita bosan. Jogja selalu bisa menghadirkan kenangan manis buat setiap orang yang pernah mencicipi nikmatnya tinggal di kota tua ini.

Buat kalian yang belum pernah ke sini, mungkin akan membaca postingan ini dengan nada sedikit nyinyir. Ah, selebai itukah penulisnya? Nggak juga keleees… masih banyak kota lain yang lebih ok. Well, nggak papa juga sih kalau kalian menyangsikan keabsahan pendapat saya. Bebas kok, ini negara merdeka hehehe. Cuman, daripada kalian nyinyir, mendingan kalian ke sini aja sendiri.

Kalau masih bingung mau ngapain, yuk saya tunjukin apa aja sih yang bisa kalian lakukan di sini. Fair dong.. Ok, siyap?

 

Mantai

Nggak ada yang bisa denying dong, kalau pantai-pantai di Jogja itu bak syurga yang tersembunyi. Indah bangeeeets pastinya. Bahkan ada beberapa pantai yang dikatakan nggak kalah ama pantai-pantai eksotis di Bali sono. Coba aja buktikan ke pantai Indrayanti, Ngobaran, Pok Tunggal, atau yang lagi ngehits adalah Terasa Kacanya Pantai Nguluran. Apa? Belum pernah poto di sana? Duh, itu artinya main kamu kurang jauh, Fergusso!

 

 

 

Wisata budaya

Njogja tanpa ngetrip ke obyek wisata budaya itu rasanya hambar. Percaya deh! Makanya kalo kalian mau ke sini, wajib banget nyamperin yang namanya Keraton, Taman Sari, Candi Prambanan, Candi Ratu Boko, atau melipir dikit ke Magelang buat naik ke Candi Borobudur. Dijamin, poto kalian pasti asik banget di sana.

 

 

Puncak Becici

Wisata alam

Jogja itu surganya wisata alam yang indah. Nggak selesai dengan mantai loh, di sini ada banyak spot wisata alam yang luar biasa. Ada Puncak Becici, Kebun Buah Mangunan, Pintu Langit Dahromo, Puncak Pengger dan masih banyak banget spot lain di dalam area hutan pinus ini. Bahkan, Obama aja mampir ke sini loh. Mosok kamu enggak? Buat yang hobi main di tempat tinggi, ada Kalibiru dan Pule Payung di Kulon Progo, atau puncak Watugupit di daerah Panggang. Ini tempat yang asik banget buat nungguin sunset yang eksotis.

 

 

 

 

Lokal Resto Jogja

Ngopi-ngopi syantik

Nah buat kita-kita yang hobi ngopi, di sini juga ada banyak kafe-kafe dengan konsep hommy gitu. Asik buat kumpul bareng relasi, atau bawa keluarga juga. Cobain deh ke Warung Kopi Prambanan, Cengkir Heritage, Kopi Ponti, Kopi Klotok atau Kopi Bukan Luwak. Semuanya adalah tempat ngopi dengan konsep etnik tapi tetep punya kualitas kopi yang enggak kalah ama racikan barista kelas atas. *halah lebai*

 

 

Wedang kopi prambanan

Kulineran

Meski terkenal sebagai kota gudeg, Jogja ternyata punya banyak tempat wisata kuliner dengan beragam menu endess loh. Coba deh mampir ke The Manglung, nikmati makan di ketinggian sambil ngeliat Jogja di kejauhan. Atau, kunjungi Lokal Resto yang pernah jadi salah satu tempat syutingnya AADC2 dulu. Di sekitaran Depok, ada Raya’s Kitchen yang punya spot lucu juga. Asik buat bawa keluarga atau teman. Buat yang mau nyantai nikmatin malam tanpa keluar duit banyak, bisa nongkrong aja di Bukit Bintang yang ada di jalur utama Jogja-Wonosari. Di sini ada banyak tukang jualan di pinggi jalan, sampai resto yang lebih nyaman. Tinggal cuss pilih aja mana yang paling cocok buat kalian dan nikmatilah sambil mensyukuri indahnya pemandangan malam bertabur bintang dan kilau lampu kota di bawah sana. Indah banget pastinya.

 

 

 

Wisata Keluarga

Buat kalian yang ke sini bawa keluarga, jangan khawatir. Di Jogja ada banyak spot yang cocok untuk anak-anak kok. Cobain deh ke Taman Pintar, Gembira Loka Zoo, Kids Fun, Jogja Bay, Sindu Kusuma Edupark atau mainlah ke Taman Pelangi di malam hari dan nikmati wisata lampion yang indah. Ajakin juga anak-anak ke Cocholate Monggo yang menawarkan edutrip ke museum dan pabrik cokelatnya di daerah Kotagede. Mau poto-poto lucu? Bisa kok ke Ice Cream World, Teddy Bear World, Up Down World, atau kunjungi Musem DeMata dan DeArca.

Mau wisata yang murah meriah tapi tetep hore? Ada buanyak banget tempat yang bisa kits datengin. Salah satunya adalah alkid alias alun-alun selatan.  Di sana kita bisa makan ngemper di kaki lima, sambil menikmati udara malam ala ndeso, tapi ngangenin. Naik becak hias, menerobos di antara 2 beringin, atau berselfie dan berhaha hihi dengan teman. Berwisata malam di tempat ini nggak bakalan bikin kantong kita bolong deh!

Untuk kalian yang pengen hunting oleh-oleh khas Jogja, bisa dateng ke Pasar Beringhardjo atau susuri aja sepanjang Malioboro. Dijamin kalian akan pulang dengan segambreng belanjaan.

Gimana, masih ragu main ke Jogja? Atau… kalian kangen pulang ke Jogja? Sini… Bali Wae Neng Jogja!

 

 

19 thoughts on “Yakin Nggak Mau Main keJogja? Dijamin Bakalan Mupeng Kalian Baca yang Satu Ini!

  1. hani says:

    Ada apa sih di Jogja? Banyak….Itu jawabannya mantul tenan. Sayang, minggu lalu, aku diajak temen-temen ke Jogja, pas engga cocok jadwalnya. Tapi pas liat FB, lagi-lagi tour Merapi, itu mah aku udah pernah. Ternyata, masih ada yang lain yah…Sip…

  2. Wiwid Vidiannarti says:

    Huaaaa … Pingiiiin. Aku terakhir ke Jogyakarta, eh pertama dan terakhir ding, cuma sekali doang 😭 itu pas perpisahan SMA. Nah loh, kapan iku hahaha sekarang anakku udah SMA juga. Pasti sekarang udah tambah cantik banget.

  3. Dian Restu Agustina says:

    Bali wae neng Jogja..Gelem akuuu hehe
    Beneran Jogja memnag ngangeni. Aku aja yang gak pernah tinggal di sana selalu ingin kembali lagi dan lagi..Entah sudah berapa kali ke Jogja, baik singgah maupun tinggal beberapa hari di sana.
    Baca ini jadi mupeng ke Jogja lagiiii:)

  4. Damar Aisyah says:

    Buatku, Jogja itu kampung halaman kedua. Entahlah kenapa bisa begitu. Pokoknya aku merasa kayak di daerahku sendiri kalau di Jogja. Padahal kadang ya enggak ke mana-mana. Di Jogja cuma numpang tidur sama nyepi aja di rumah kakak. Tapi rasanya cukup ayem. Ahhh, opo maneh nek diajak dolan-dolan, wkwkwk. UJung-ujungnya.

  5. yenny fajriyah says:

    saya nggak nyinyir mbak tapi mengakui kebenaran tulisan mbak Betty. padahal belum kesana hehehe cuma Jogja emang salah satu daerah yang budayanya masih kental selain Solo mungkin ya. rasanya kalau mau tahu banyak suku jawa Jogja wajib dikunjungi

  6. Tatiek Purwanti says:

    Yuhuuu, beberapa tempat yang simbok sebutin udah pernah saya kunjungi. Artinya, main saya cukup jauh, Esmeralda. Hahaha…
    Tapiii, kayaknya banyak tempat yang belum saya jumpai juga sih dan itu beneran bikin penasaran. Alon-alon waton kelakon. From Malang to Jogja with love, InsyaAllah ga pernah bosan ke Jogja lagi & lagi.
    How lucky you are to be Jogjanese woman 🙂

  7. Qoty Intan Zulnida says:

    Aiiihhhh Mbak, jogja emang selalu ngangenin! Aku sih emang belum pernah tinggal di jogja, tapi beberapa kali ngetrip kesana bikin pengen lagi dan lagi. Bahkan aku sempat punya keinginan suatu saat bisa tinggal disana loh… semoga, yaaaa

Hello, thank you for stopping by. I'm Bety, the one and only author of this blog. Find your most interesting story of mine and let's share!