Taman Botani Sukorambi: Pilihan Family Trip yang Asik dan Edukatif

ANANG HERMANSYAH DAN JEMBER FASHION CARNIVAL.

 

Dua hal itulah yang terlintas dalam benak saya saat mendengar nama “Jember”. Meski tinggal di pulau yang sama, saya belum pernah menginjakkan kaki ke salah satu kabupaten di Jawa Timur ini. Duh, kasian banget ya? Hihihi.

Walau sempat mencicipi keindahan pulau Dewata dan mampir sebentar di Surabaya, terus terang Jember belum pernah masuk dalam daftar destinasi wisata keluarga kecil saya. Nggak heran, pengetahuan saya akan kota ini sangat terbatas. But, thanks to technology! Berkat riuhnya media sosial, kini ada banyak informasi yang cihui tentang beragam tujuan wisata dari seluruh dunia yang bisa saya akses. Salah satunya ya tentang wisata di Jember ini.

Well, sebenarnya keluarga kami suka bepergian. Kendala utama kenapa kami jarang dolan paling-paling soal duwit hahahaha… *njirr terus terang banget ya?*

Dengan alasan itulah, kami biasanya pilih plesiran di sekitaran kandang Jogja aja. Paling jauh, ya ke Bali dan Bandung. Itupun sudah beberapa tahun yang lalu. Huaaa … ternyata saya butuh piknik pemirsaah! Huhuhu.

Oke, back to reality piknik. Berhubung bawa anak-anak, hal utama yang jadi pertimbangan saya dan suami saat plesiran adalah mencari destinasi yang kids friendly. Sukur-sukur ada aspek edukasinya juga. Jadi waktu bersama keluarga nggak habis begitu saja, tapi ada manfaat yang akan mereka bawa sampai dewasa. Makanya saya paling suka kalau ada destinasi wisata keluarga yang menawarkan all in one package. Happy-happynya dapet, serunya dapet, belajarnya dapet, dan memorinya juga long lasting.

 

 

Trus kenapa tiba-tiba saya pengen ke Jember sih?

 

 

Hm, jadi gini Moms. Beberapa hari lalu, saya lagi jalan-jalan di Instagram. Nah ketemu deh sama foto tempat wisata keren di Jember. Namanya Taman Botani Sukorambi. Wuih, muka saya langsung happy! Model begini nih, tempat wisata keluarga yang saya sukai. Karena udah kesengsem sama fotonya, saya langsung deh browsing-browsing lebih banyak. Dan, ternyata emang bagus. Ulala … Ternyata ada ya destinasi wisata Jember yang sekeren ini? Penasaran nggak sih?

Baca juga yang ini: Cafe & Resto Gumitir

 

Nih, kita intip bareng-bareng ya, apa aja sih yang ada di Taman Botani Sukorambi ini.

Tempatnya luas dan asri banget

Taman seluas kurang lebih 8 Ha ini, letaknya nggak jauh dari kota. Hanya butuh perjalanan sekitar 10 menit loh. Udah gitu, taman ini dipenuhi dengan ratusan jenis tumbuhan dan hewan. Nggak heran, Moms, tempatnya jadi sejuk dan asri banget. Lokasinya yang agak tinggi juga membuat udara cukup sejuk. Hm, pasti akan sangat menyenangkan nih main-main sama anak-anak di sini.

 

Banyak wahana asyik

Nah, bagian ini sangat cocok untuk anak-anak. Di Taman Botani Sukorambi kita nggak akan mati gaya, Moms. Ada buanyaaak banget wahana yang bisa dinikmati bareng keluarga. Nggak percaya? Nih buktinya.

 

 

Taman botani sukorambi
Beberapa spot kolam renang yang bisa kita pakai sepuasnya.

 

 

1.Kolam Renang
Buat kita yang hobi renang, di taman ini ada banyak pilihan kolam renang lho!

Kolam renang anak, lokasinya dekat dengan kolam renang dewasa. Kolam ini memiliki kedalaman 60 cm.
Kolam renang remaja, diperuntukkan bagi anak usia 12-19 tahun, dengan kedalaman air maksimal 80 cm.
Kolam dewasa, ukuran panjang 26.5 meter dan lebar 14 meter. Kita bisa berenang bebas di kedalaman air hingga 180 cm.
Kolam renang khusus muslimah. Wuhuiii … ini yang hebring euy! Dengan membayar biaya tambahan Rp 10.000, kita bisa menikmati berenang dalam ruangan yang sangat private.
Kolam renang Pelangi 1 dan 2, yaitu kolam yang tampak sangat eye chatching dengan warna-warninya yang unik. Kedalaman airnya berkisar antara 25-80 cm, sangat pas untuk balita hingga anak remaja.

 

 

2.Flying Fox. Ada dua jenis flying fox yang bisa kita pilih, yakni:
a. Jungle

Wisata taman botani sukorambi
Sumber: tamanbotanisukorambi.com

 

Ini adalah flying fox dengan start ketinggian 40 meter dan panjang 160 meter.

 

b. Tombro

Sumber: tamanbotanisukorambi.com

 

Takut ketinggian tapi pingin ‘terbang” juga? Tenang! Cobain aja wahana yang satu ini. Start di ketinggian 5 meter, kita akan diajak untuk menyusuri lembah dengan tingkat kemiringan 15°.

 

3.Rumah Pohon

Sumber: tamanbotanisukorambi.com

 

Anak-anak pasti sangat senang menjajal hidup di atas pohon seperti ini. Hm, rasanya seperti fairy tales ya? Hihihi …

 

4.Aneka permainan outbond

Sumber: tamanbotanisukorambi.com

 

Siapa yang menolak ajakan outbond di tempat seperti ini? NOBODY! Siapin mental saja ya, Moms. Mau outbond di darat, udara atau air? High ropping, water ball, horse trecking, canoing? You name it!

 

Baca juga: Seru-seruan di Sea World

Edukatif

Sumber: tamanbotanisukorambi.com

 

Sambil berwisata alam, kita bisa mengenalkan anak pada aneka satwa dan flora yang ada. Selain itu, ada juga perpustakaan dan aneka wahana yang pastinya membuat anak belajar dengan happy. Kayak Bunny & Friends Village ini contohnya. Anak-anak bisa melihat dan memegang secara langsung kelinci yang lucu-lucu. Nggak hanya itu Moms, kita juga bisa mengajak mereka melihat kolam pembibitan ikan koi dan lobster, serta mengenal ratusan jenis flora dan fauna. Wah, Kevin sama Rafael pasti seneng banget deh.

 

Fasilitasnya OK punya

Ada beragam fasilitas yang bisa kita akses, antara lain lahan parkir yang luas, air pegunungan yang segar (dipakai di semua kolam renang dan sumber air lainnya), akses dari dan menuju bagian atas dan bawah (tersedia golfcart), pondok rapat (meeting hall) yang bisa menampung hingga 30 orang, gazebo, pondok seni, hingga panggung terbuka untuk menggelar acara musik dan villa botani yang bisa kita sewa untuk menginap.

Wah, yang terakhir ini kece banget. Soalnya kan area taman ini luas banget, jadi kayaknya saya mendingan nginep aja deh. Sekalian bawa anak-anak tidur di tempat yang sangat alami seperti ini. Oya, kalau pas weekend, di panggung terbuka itu juga sering dipentaskan live music loh!

 

Cocok buat Selfie

Sumber : IG @thoy_alghifary

 

Plesiran nggak akan lengkap tanpa koleksi foto dong? Nah, di sini ada buanyak spot unik dan instagramable banget pastinya. Cucok buat saya yang hobi cekrak cekrek. Dan sepertinya saya nggak perlu takut ketinggalan update deh, soalnya di seluruh area taman ini tercover sama WiFi dengan akses yang yahud. Wow! Ini penting ya, buat blogger dan vlogger keren macam saya ini. #uhuk#

 

Wuaah! Kalau tempat wisatanya sekeren ini, nggak salah deh sekarang Jember makin rame aja. Soalnya pengunjung yang datang nggak hanya dari sekitaran Jember saja, tapi banyak juga yang dari luar kota.

 

Buat teman-teman yang pengen ke sini, bisa kepoin akun Taman Botani Sukorambi di sini ya:

Telp/WA : 085100707600
FB : Taman Botani Sukorambi
IG : @taman.botani.sukorambi
Email : info@tamanbotanisukorambi.com
Website : www.tamanbotanisukorambi.com

 

Oke, hunting spot done. Kini saatnya come to papi dan discuss. Semoga kami bisa pergi saat libur sekolah nanti.

Ahh, nggak sabar deh pengen ke Jember, kota asik yang ciamik. Itu kalau saya sih, nggak tahu kalau Mas Anang, #eh…

***

 

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh
Taman Botani Sukorambi dan Blogger Jember Sueger.

 

17 thoughts on “Taman Botani Sukorambi: Pilihan Family Trip yang Asik dan Edukatif

    • betykristianto says:

      Nah, kan sama kita. Tahunya cuman Anang hihihi.. sekraang jadi makin tahu dong spot keren di sini? Yuk cuss liburan!

  1. wah, penasaran pengin coba Tombro..kayaknya asik tuh..secara sebgai penakut ketinggian, jarak 5 meter masih aman lah…:D

    Tapi keren ternyata Jember ya…Bisa-bisa nambah nih daftar belanja eh daftar wisata saya, kan sama-sama di Jatim bisa datang sekalian pas mudik nanti..:)

  2. Wahh, keren deh tempatnya. Apalagi untuk keluarga. Spot nya juga memanjakan mata, pasti bagus tuh hasil fotonya. Dapat ilmu, dapat outbound, dll. Terimakasih infonya mbak Bety.

Leave a Reply