Rumah Makan dan Resto Handayani [Review]

Hai Moms!

Sebagai emak-emak yang jarang keluar rumah, saya selalu girang kalau ada kesempatan dolan sama keluarga. Apalagi kalau diajak makan-makan ama mantan pacar. Uhuyy! Langsung lupa sama diet haha…

Kali ini, saya berkesempatan menyambangi sebuah resto keluarga dengan konsep bangunan yang cukup nyaman. Resto ini mengangkat tagline Spesial Kulinari Indonesia. Awalnya nggak sengaja pengen ke sini sih. Tapi berhubung bingung mau ke malam mingguan ke mana, ya udah akhirnya kita samperin rumah makan satu ini.

 

 

Restoran yang berlokasi di Jl. Laksda Adi Sucipto km. 6 no 48B  ini memiliki bentuk yang unik, dengan pernak-pernik khas Jawanya.

 

Parkirannya hampir selalu penuh dengan mobil dan bus-bus pariwisata terutama saat musim liburan tiba. Namanya rumah makan dan resto Handayani. Letaknya tak jauh dari fly over Janti dari arah Solo.

Pertama masuk ke parkiran, kami disambut hangat oleh pelayan yang langsung mempersilakan kami memilih tempat duduk. Kebetulan kami datang menjelang magrib, jadi suasana cukup ramai meski nggak crowded banget. Ada beberapa spot duduk yang bisa dipilih, mulai dari teras yang terhubung langsung dengan taman, ruang dalam di lantai satu dan beberapa ruang di lantai dua.

Kalau nggak salah, lantai satu nggak pakai AC. Karena itu kami pilih makan di lantai atas. Pas banget ada ruangan yang cukup lebar dan masih kosong. Hm, sepertinya itu adalah ruang yang bisa disewa untuk acara khusus, karena bisa menampung 100-an orang. Sayangnya, saat itu keran air mati, sehingga kami kesulitan mencuci tangan.

Rumah makan Handayani Jogja
Ruangan yang kami tempati. Cukup luas kan?

Baca juga ya Moms, review saya tentang resto keluarga di sini.

Menu yang kami pilih kali ini adalah beberapa menu standard, yakni:

1. Es krim

Tepat di bawah tangga menuju lantai 2, ada gentong besar berisi es krim. Kami langsung ambil satu-satu untuk camilan sembari memesan menu utama. Harganya kalau nggak salah 15-ribuan. Rasanya cukup lezat. Sayang nggak sempat difoto keburu abis. 😁

2. Ayam kampung goreng “tombo ngidam”

Rumah makan handayani jogja

Namanya cukup unik ya, Moms? Tekstur ayamnya cenderung kering tapi nggak ada krispinya. Rasanya khas , yakni asin-asin gitu. Cuma menurut saya ukuran ayamnya relatif kecil, jadi pas dimakan berlima cepat habis hihi. Over all, rasanya cukup enak.

3. Bakmi goreng

Rumah makan handayani jogja

Bakmi gorengnya nendang, kuahnya nyemek, rasanya nggak terlampau manis dan tekstur kenyalnya dapet. Tapi untuk teman-teman yang kurang menyukai bakmi goreng nyemek, mungkin agak terganggu dengan kuah yang ada.

4. Gurameh bakar

Rumah makan handayani

Ukuran ikannya sedang, cukup untuk makan 2-3 orang. Rasanya juga tidak terlalu manis, meski dibakar dengan kecap. Sajian ini dilengkapi dengan sambal terasi yang nampol.

5. Tahu pong goreng kering

Rumah makan handayani jogja

Karena si Kakak suka banget sama tahu, menu ini kami pilih. Tahu pong digoreng kriuk dengan sambal petis sebagai paduannya. Endezz!

6. Nasi goreng spesial (ada sate ayamnya)

Rumah makam handayani jogja
Ini juga menu favorit anak mbarep. Di manapun, kapanpun, nasi goreng nggak boleh ketinggalan. Uniknya, pada menu ini nasi goreng ditemani dengan 2 tusuk sate ayam dengan selimut telur dadar di atasnya.

Yang saya sukai dari resto ini waiter dan waitress-nya ramah-ramah, murah senyum dan responsif. Seneng deh, jadi berasa kayak ratu sesaat hihihi. Ruangannya juga cukup nyaman untuk emak-emak yang membawa balita seperti saya. Saran saya, sebaiknya pilih ruangan ber-AC agar anak-anak betah and nggak rewel ya. Untuk yang mau lihat-lihat lebih dekat resto ini, monggo mampir langsung ke webnya di www.handayanijogja.com.

Oya hampir lupa. Mengenai budget, mendingan siapin dompet agak tebal ya kalau mau ke sini. Harga makanan di sini lumayan lah untuk kantong emak-emak pengacara macam saya ini haha. Trus, karena makanan di sini taste-nya cenderung asin, mungkin lebih cocok untuk teman-teman yang sudah terbiasa dengan masakan salty. Tapi nggak ada salahnya juga sih buat para penyuka masakan manis untuk mencoba taste yang beda di RM Handayani ini.

Ok, segitu dulu ya review saya kali ini. Semoga nanti ada kesempatan lagi mereview tempat lain yang nggak kalah mantabnya.

Salam ngunyah-ngunyah

😁

** Feature image taken from www.eatindo.blogspot.com

14 thoughts on “Rumah Makan dan Resto Handayani [Review]

    • betykristianto says:

      Iya mbam kalo untuk acara-acara khusus gitu tempatnya enak. Tapi kalo untuk hari-hari kasian dompetnya bhahahahaha.. kidding!

Hello, thank you for stopping by. I'm Bety, the one and only author of this blog. Find your most interested story of mine and let's share!