5 Tips Fotografi dengan Smartphone

tips berfoto dengan smartphone

Di jaman now ini, peran sebuah foto atau gambar jadi sangat berarti. Sejak internet makin populer dan menguasai semua aspek kehidupan masyarakat modern, media sosial jadi ajang yang paling digandrungi kaum milenial sebagai tempat mereka bereksistensi. Dan pada bagian ini, suka nggak suka, foto yang ciamik menjadi salah satu barang wajib yang harus dipunyai. Semakin bagus foto yang kita upload di media sosial, semakin tinggi peluangnya untuk disukai dan jadi viral. Hm, kalau udah kayak gini, siapa sih yang nggak ngiler? Nggak sedikit selebgram yang jadi sukses dari unggahan foto-foto indahnya, bukan?

Kalau dulu, untuk dapetin foto yang cetar kita lebih banyak mengandalkan kamera pro, sekarang kayaknya udah nggak lagi. Banyaknya smartphone alias ponsel pintar yang dilengkapi dengan kamera canggih dan bagus banget itu, bikin hidup kids jaman now lebih enak. Rata-rata, kamera smartphone keluaran sekarang mah pengaturannya gampang, mau filter model apapun ada. Kurang puas? Tinggal download aplikasi photo editor dan tada!! Semua beres.

 

Baca juga: Cara Meresize Banyak Foto Sekaligus dengan Photoshop

 

Etapi, kenapa smartphone sih?

Praktis

Nggak seperti kamera profesional yang lebih besar dan berat, handphone kan tinggal disakuin atau dimasukin ke tas cangklong. Kalo mau pake tinggal keluarin, bidik, jepret dan jadi.

 

Nggak butuh keahlian super

Buat kalian yang pernah nyobain pake kamera pro, tau dong pastinya untuk membidik objek dan menjadikannya foto yang indah tu butuh effort lebih. Nggak cuma cekrek cekrek doang, tapi harus atur ini itu biar tampilan dan hasil fotonya spekta. Hal ini nggak berlaku kalo kita njepret pake kamera handphone.

 

Harga terjangkau

Untuk dapetin kamera pro yang kualitasnya ok, harganya cukup fantantis. Na kalo kita bukan golongan orang yang tajir melintir kayak bankir, dadah babai aje deh sama kamera-kamera high class kayak gitu. Beda sama handphone yang jauh lebih terjangkau sama kantong rakjat djelata model saya ini. Banyak handphone yang canggih dan dilengkapi dengan kamera berkualitas OK tapi banderolnya nggak nyampe 2 juta. Contohnya Nokia 2.2, handphone anyar besutan produsen dari Findland ini.

Buat manteman yang mau tahu harga nokia 2.2 terbaru nggak perlu galau. Ponsel pintar ini dibanderol dengan harga yang cukup ramah di kantong. Denger-denger sih, meski cukup murah, kualitasnya nggak murahan loh. Dengan RAM 3 GB dan memori internal 32 GB, kekuatannya layak diperhitungkan. Udah gitu, buat kita-kita yang demen berfoto di tempat yang remang-remang, kamera bawaannya Nokia 2.2 ini sangat rekomended.

 

tips berfoto dengan smartphone

Dan berikut 5 tips fotografi dengan smartphone

Tentukan objek

Sebelum memotret, pastikan kita sudah menentukan objek. Sebisa mungkin atur posisi objek agar tampak bagus on frame. Hal ini juga berkaitan dengan komposisi, angle, pencahayaan dan beberapa hal lain.

 

Pastikan pencahayaan cukup

Pencahayaan adalah salah satu faktor terpenting untuk menghasilkan foto yang indah. Pastikan cahaya di sektar objek cukup terang dan jika hal ini kurang memungkinkan, kita bisa gunakan flash.

 

Jaga kestabilan kamera

Usahakan tangan kita nggak goyang saat memotret. Kalau perlu pakai tripod.

 

Bidik dari berbagai angle

Jangan takut untuk mengeksplor beragam angle yang berbeda ya. Jadi nanti pas jadi tinggal dipilih mana yang paling bagus.

 

Percantik dengan aplikasi photo editor

Biar hasil akhirnya makin kece, kita bisa menambahkan filter dan melakukan beberapa editing yang diperlukan. Tapi ingat jangan lebay ya.

 

Gimana, gampang kan bikin foto yang cetar hanya dengan kamera smartphone? Selamat berkarya ya.

 

Salam jepret!

 

23 thoughts on “5 Tips Fotografi dengan Smartphone

  1. hani says:

    Iya…bener banget…harus bidik dari berbagai angle. Nanti tinggal dipilih yang sesuai. Paling sulit kalau di tempat wisata yang ramai. Susah banget dapetin background yg OK. Hehe…

  2. Dwi says:

    Eh aku galfok sama nokianya, itu keluaran terbarukah? Setuju banget tipsnya terutama soal pencahayaan. Aku tuh demen banget manfaatin sinar matahari pagi menjelang siang buat take photo lebih natural aja jadinya.

  3. Erny Kusuma says:

    Sy jg mb lbh suka moto pake smartphone, praktis dan mudah. Krn terbiasa moto pake smartphone jd gk ngebayangin ribet pake kamera dslr. Hehe…tips nya keren..mksh y mb..

  4. Lidya says:

    Pakai smartphone lebih praktis dan ringan sih ya kalau mau foto2an waktu bepergian. Banyak kamera srmatphone yang udah bagus kok hasilnya ya

  5. Lidya says:

    Sekarang sudah banyak srmathone dengan kualitas gambar yang bagus ya mbak. Dan bawa smartphone lebih praktis serta ringan gak berat kaya bawa kamera ya

  6. HeNee says:

    ah, emak satu ini inponya selalu keceh, kangen juga ye sama Nokia, etapi aku tadi galfok sambil senyum-senyum sendiri waktu baca, “buat kita kita yang demen foto ditempat yg remang-remang” hmmm… biar jerawat ga kelihatan atau apa yah? hihihi

  7. bloggergunung says:

    Saya pengguna kamera ponsel juga. Secara cuma itu punya nya hehehe
    Yah meski hasil apa adanya, dipuaskan saja.
    Semoga bisa dapat kamera ponsel canggih kedepannya
    Amin

    Salam
    Okti Li

  8. Magdalena Amelia AS Waruwu says:

    Makanya kalau foto itu kudu banyak walau yang di post hanya satu kan yah kak huahaha :))
    Tapi emang paling enak itu ya motret lewat HP, simple!
    Makasih yah kak info dan sharingnya

  9. ida's journeys says:

    Iya nih skrg ga perlu repot-repot bawa kamera yg berat itu..pke hp sdh banyak yg canggih..tinggal the men behind the gun nya aja deh.. peer banget aku kudu banyak belajar ttg fotografi ini..

  10. Ujame Gaja says:

    Sekarang kamera HP udah canggih canggih banget. Jadi males bawa kamera selain berat rempong juga mindahin datanya. enak Via hp sih foto jepret edit dikit langsung upload hahaha

  11. Diyanika says:

    Aku termausk yang masih bloon kalau urusan pencahayaan pas ambil foto, Mbak. Hahaha. Suka buru-buru, pas sudah kelewatan momennya baru ngeh kalau tadi malah justru membelakangi matahari atau lampu. Akhirnya foto jadi gelap. Iya,sih,k bisa diedit, tapi ya maish kurang ciamik.

Hello, thank you for stopping by. I'm Bety, the one and only author of this blog. Find your most interesting story of mine and let's share!