Tips Penting yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Motor Bekas

Memiliki kendaraan pribadi sepertinya menjadi pilihan sebagian besar orang. Nggak heran, kian hari bisnis penjualan kendaraan bermotor semakin meningkat. Namun tingginya harga jual kendaraan baru di pasaran kadang menjadi kendala bagi sebagian orang. Apalagi untuk ukuran penduduk kota kecil seperti Jogja. Nah, salah satu solusinya adalah dengan mendatangi agen kredit motor bekas Jogja. Toh, sekarang ada banyak motor second yang dijual dengan kondisi yang masih bagus.

Tapi, membeli motor bekas membutuhkan ketelitian lebih dibanding motor baru yang sudah jelas kondisinya terjamin dari produsen. Motor bekas kondisinya sangat tergantung pada pemilik sebelumnya. Selain itu, beberapa penjual motor bekas terkadang juga bermain “nakal” . Mulai dari memoles bodi sedemikian rupa untuk menutupi kerusakan di sana-sini, hingga memalsukan surat-surat dan kelengkapan motor lainnya.

Agar tidak bingung dan waswas saat ingin membeli motor bekas, ada baiknya teman-teman perhatikan beberapa tips berikut ini.

 

Tips membeli motor bekas

Tentukan Tipe motor yang dicari

Jenis motor yang kita inginkan menentukan jumlah dana yang harus disediakan.

 

Ketahui harga pasar

Kumpulkan informasi kisaran harga motor sejenis lewat media cetak ataupun online, supaya nggak tertipu sama penjual.

 

Periksa kelengkapan surat
Setiap kendaraan harus memiliki STNK dan BPKB. Terkadang, pemilik pertama akan melampirkan faktur pembelian. Dari situ kita bisa memperkirakan berapa harga jualnya sekarang.

 

Tips membeli motor bekas

 

Periksa nomor rangka dan nomor mesin
Cocokkan nomor rangka dan nomor mesin dengan data yang ada dalam BPKB dan STNK. Kalau nggak sama, jangan dibeli.

 

Cek kondisi fisik motor
Motor bekas sudah melewati perjalanan on the road, segala sesuatu bisa saja terjadi. Karena itu, periksalah kondisi fisiknya. Apakah ada bekas goresan, bengkok, atau hal-hal lain yang bisa kita lihat secara kasat mata. Periksa juga apakah sasisnya masih bagus, dan tanyakan juga apakah semua suku cadangnya masih asli atau tidak.

 

Tips membeli motor bekas

 

Cek speedometer dan kelistrikan
Motor yang baik, memiliki panel speedometer, meteran bensin, indikator lampu dan penghitung jarak yang berfungsi dengan baik. Pastikan nggak ada retakan atau bekas congkelan di sana. Selain itu periksa juga jarak tempuh. Dalam pemakaian wajar, motor mampu menempuh sekitar 10.000 km. Kalikan saja dengan umur motor.

 

Cek oli motor dan suara mesin
Pastikan jumlah oli nggak berlebihan. Hal ini bisa jadi trik untuk meredam suara mesin agar terdengar bagus. Selanjutnya, nyalakan mesin dan dengarkan suaranya. Lepaskan tangan dari pegangan gas untuk memastikan motor masih bagus. Mesin motor yang bagus nggak akan langsam pada putaran mesin di bawah 1500 rpm.

 

Rasakan perpindahan transmisi
Khusus untuk motor non-matic, kita harus memeriksa apakah perpindahan giginya halus atau justru keras. Perpindahan gigi yang terasa kasar, bisa jadi indikasi kampas koplingnya harus diganti. Selain itu, jika terdengar suara mendesir pada rantai atau mesin saat berjalan, sebaiknya berhati-hatilah. Hal itu menandakan bahwa gir harus diganti. Dan ini biasanya membuthkan biaya cukup besar.

Untuk motor matic, sebaiknya kita juga harus teliti dalam merasakan perpindahan gigi saat berakselerasi. Kalau sekiranya kesulitan, kita bisa mengajak orang yang lebih ahli dalam bidangnya.

Oya, usahakan untuk bisa melakukan test drive lebih lama untuk memastikan kondisi motor secara menyeluruh sebelum mengambil keputusan.

 

Tips membeli motor bekas

 

Oke, masalah tips and tricks pembelian motor bekas sudah kita pahami. Masalah kedua dan yang utama adalah dana. Untuk teman-teman yang sudah memiliki simpanan uang tunai, hal ini nggak akan jadi masalah besar. Tinggal cari penjual motor, cek sana sini, bayar dan… selesai! Motor idaman bisa dibawa pulang.

Beda halnya bagi sebagian mereka yang kebetulan dananya terbatas atau bahkan kosong, sementara kebutuhan akan motor tak lagi terelakkan. Kalaupun membeli motor lewat agen secara kredit, tetap dibutuhkan sejumlah dana tertentu bukan?

Belum lagi proses jual beli yang nggak bisa dibilang simple. Mulai dari hunting agen kredit, membandingkan harga, survey kelayakan, negosiasi dan lain-lain. Sungguh proses yang njlimet dan menghabiskan waktu serta tenaga. Sudah semua tahap dilalui, belum tentu pengajuan kredit kita disetujui. Ulala…. Capek kan?

Trus gimana dong?
Tenang, jangan putus asa dulu.

Daripada pusing dan galau memikirkan dana untuk menebus motor impian, kenapa nggak mempercayakan saja urusan ini sama ahlinya? Di jaman digital gini, hampir semua hal bisa diselesaikan dengan usapan jempol mudah. Nggak perlu ke mana-mana, hanya perlu niat dan koneksi internet. Dalam hitungan jam, urusan kebutuhan finansial seperti ini bisa dengan mudah diatasi.

Kenapa?
Karena ada agen spesialis finansial terpercaya yang siap membantu kita menyelesaikan masalah keuangan.

 

KreditKendaraanBermotorCekAja

 

Nggak percaya? Cobain deh mampir ke https://www.cekaja.com/kredit-kendaraan-bermotor. Website ini akan membantu kita mendapatkan jawaban atas segala pertanyaan seputar kredit motor. Di CekAja.com ada beragam informasi yang pastinya akan membantu kita membuat keputusan terbaik mencari solusi mendapatkan dana untuk membeli motor impian, tanpa harus repot datang dan mengikuti proses pengajuan pinjaman seperti di tempat lain. Selamat mencoba!

 

 

 

14 thoughts on “Tips Penting yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Motor Bekas

  1. Lina Susanti says:

    Lengkap banget tips and tricks nya. Motor second sekarang masih banyak bagus bahkan ada yang baru dua bulan dibeli udah dijual lagi. Harga ringan kualitas oke, yang penting teliti dan hati-hati. Makasih ya mbak…

  2. Wah, ada lagi kemudahan seperti ini. Baru denger sih cek aja, kudet saya hehe..
    Bener tuh, saya pernah dulu pas manten anyar beli motor bekas. Harus teliti banget. Pastinya misua yg dulu cek ini-itu, saya ga berani mutusin sendiri

  3. Iya bener mba Betty. Kalau beli sesuatu yang berbau bekas. Kitanya nggak boleh terburu-buru. Harus diperiksa secara teliti dan detail termasuk soal surat-suratnya dan kalau buat yang nggak ngerti mesin. Bisa minta tolong ke orang yang ngerti ya

  4. Nah ini,setahun yang lalu aku habis beli motor bekas.Belinya sama tetangga sih,agak menyesal dikit karena ada yg kelupaan dicek, tp ya sudahlah buat pengalaman. Besok2 kudu ikutin tips darimu ini Mbak

Hello, thank you for stopping by. I'm Bety, the one and only author of this blog. Find your most interested story of mine and let's share!