Tips Merias Wajah untuk Tampil Cantik Natural

Jaman now, banyak perempuan yang suka tampil cantik natural, termasuk saya. Kesannya lebih segar dan berjiwa muda, ketimbang harus tampil medok dengan lipstik menyala dan mata warna-warni kayak pelangi.

Tapi, meski suka merias wajah, saya ini nggak pernah belajar make up profesional. Boro-boro bayar buat kursus kecantikan atau stalking IG dan Youtube para selebritis ataupun MUA gitu. Saya cuma belajar otodidak saja, tapi kata orang-orang sih, goresan tangan saya lumayan lah buat pergi ke kondangan hahaha. Meski begitu, saya cukup sadar diri. Nggak berani dandanin orang lain kecuali emak saya.

Walaupun otodidak, ternyata merias wajah itu butuh skill dan pengetahuan loh, Moms. Minimal kita tahu step by step membuat wajah yang biasa aja, jadi tampak luar biasa. Yang jelas, sebelum merias wajah, pastikan kita sudah membersihkannya dan memakai pelembap.

Ah, ribet dah. Males rempong.

Eits, nggak lah ya. Dengan beberapa langkah mudah, kita bisa mendapatkan wajah kece dalam hitungan menit. Nggak percaya? Yuk, ikutin saya!

1. Concealer

Tips rias wajah natural

Fungsi concealer adalah untuk menutupi kulit yang bermasalah, seperti jerawat, tanda lahir (yang tipis), atau kantung mata gelap. Concealer ada yang berupa krim, stick, atau yang lebih padat. Kalau saya sih hanya memakai cocealer kalau mau ke acara-acara yang butuh dandanan “berat”. Untuk sehari-hari, saya skip aja. Hemat waktu dan tenaga.

 

2. Alas Bedak/Foundation

Tips rias wajah natural

Alas bedak gunanya agar make up menempel lebih sempurna. Ambil satu tingkat lebih gelap daripada warna kulit ya, Moms. Agar nanti nggak terkesan “medok” saat disapukan bedak ke atasnya. Saya suka foundation yang light untuk hari-hari. Sedang untuk acara yang lebih formal, saya memakai alas bedak yang lebih nempel dan tahan lama. Foundation seperti ini biasanya bisa menutup pori-pori lebih sempurna.

 

3. Bedak Tabur dan Padat

Tips rias wajah natural

Dulu, saya pikir memakai bedak tabir itu nggak penting. Apalagi kulit saya kering, jadi kalau pake bedak jenis ini suka ngebluk alias nggak mau nempel gitu. Eh, ternyata bedak tabur ini justru bikin make up lebih tahan lama. Tentu saja, wajah harus melalui langkah-langkah di atas ya. Taburkan bedak di area T secara tipis dan merata. Lalu diamkan sekitar 10 menit. Teknik ini biasa disebut baking. Gunanya untuk menghilangkan efek berminyak pada kulit. Setelah itu, kita sapukan bedak padat.

 

4. Eyeshadow

Tips rias wajah natural

Untuk tampil natural, eyeshadow bernuansa tanah atau pink sangat pas. Nggak perlu menggunakan banyak warna lain, cukup satu atau dua warna dengan nuansa yang sama, agar kesan ringan dan segar tetap terasa.

 

5. Pensil Mata

Tips rias wajah natural

 

Bingkai kedua mata dengan pensil mata warna hitam.  Saya lebih suka bentuk yang biasa saja, ketimbang make “ekor” di ujung mata yang bikin kita jadi terkesan misterius.

 

6. Maskara

Tips rias wajah natural

Bulu mata yang oke adalah cara instan membuat penampilan kita luar biasa secara keseluruhan. Jadi, berinvestasilah untukmembeli maskara water proof berkualitas baik, Hal ini penting terutama untuk working Mommies yang harus tampil rapi sepanjang hari. Jangan sampai maskara luntur gara-gara kehujanan atau keringat berlebih. Gunakan penjepit bulu mata sebelumnya ya, biar makin cetar itu mata.

Saya punya trik lain untuk Mommies yang punya bulu mata lentik dan panjang. Nggak perlu pakai maskara, tapi cukup hangatkan penjepit bulu mata sebentar lalu jepit bulu mata seperti biasa. Viola! Bulu mata langsung eksotis dalam sekejap. Oya, untuk menghangatkannya, kita bisa letakkan penjepit di atas rice cooker selama 3-5 menit.

 

7. Pensil Alis

Tips rias wajah natural

Pilih pensil alis berwarna cokelat tua, untuk menciptakan kesan natural. Kemudian lukis alis sesuai dengan bentuk aslinya. Jangan over ya, Moms, agar tetap terlihat cantik alami. Untuk hasil yang lebih light dan natural, kita bisa pakai eyeshadow hitam atau abu-abu tua loh. Tapi, cara ini tentu saja lebih riskan hilang ketimbang memakai pensil alis.

Ada cara lain yang juga lebih mudah, yakni memakai Rollover Reaction Browcara. Caranya hanya dengan menyapukan kuas di atas alis, dalam sekejap alis langsung oke, rapi dan terlihat lebih tebal.

 

8. Blush On

Tips rias wajah natural

Gunakan blush on warna coral, peach, dusty pink atau bronze untuk kesan natural. Ini penting agar kita nggak tampak seperti ondel-ondel dengan pipi merah menyala bak tomat matang.

 

9. Lipstik

Tips rias wajah natural

Warna-warna natural seperti nude, pink lembut, coral atau merah marun sangat pas untuk membuat kesan cantik natural. Namun, tentu saja nggak salah kalau Mommies menyukai warna-warna lain yang lebih menyala. Hanya saja, kita harus membalance-nya dengan warna blush on dan eyeshadow ya. Intinya, tonjolkan salah satu saja, mau lipstiknya atau blush on, atau eyeshadownya. Jangan semuanya menyala. Ntar saingan ama badut ulang tahun.

Percaya nggak, Moms, 9 langkah di atas hanya butuh waktu 30-45 menit saja loh. Kalau mau lebih singkat, kita tinggal hilangkan beberapa step yang memang nggak perlu. Misalnya skip concealer dan eyeshadow. Jadi, kita hanya perlu membersihkan wajah – mengoleskan moisturizer – foundation – bedak tabur dan padat – pensil alis – pensil mata – maskara – lipstik. Selesai. Nggak lebih dari 30 menit, upik abu berubah jadi Cinderella.

Wah, pasti pada nggak sabar lagi kan pengin tampil cantik natural kayak Disas? Selamat mencoba ya Moms!

 

 

 

 

 

24 thoughts on “Tips Merias Wajah untuk Tampil Cantik Natural

  1. Lina Susanti says:

    Wah keren tutorialnya mbak, saya ngga bisa dandan paling cuman bedakan doang sama lipstik. Tapi saya suka mbak, simpel dan ngga ribet, siapa tahu suatu nanti saat bermanfaat daripada harus pergi ke salon. Makasiihhh ya…

  2. Dian Restu Agustina says:

    Mbak, aku juga pakai browcara karena enggak bisa rapi kalau pakai pensil alis kwkwwk
    Tapi itu flawless bangets sih Mbak Bety make upnya..Sukaa!
    Syantiiik;)

  3. Mbook, tipsnya oke. Aku ga bisa dandan mbok, dan ga paham juga nama2 kosmetik. Wakaka. Tq infonya ya. Aku save ni, ntar kalo udah beli perlengkapan kosmetiknya, aku praktekin lho.

  4. Iya mbok, aku juga baru tau klo bedak tabur bisa ngebantu mempertahankan.make up ya. Dulu2 aku juga jarang pake bedak tabur, sekarang buat make up minimalis ngebantu bangetn

  5. Wah Mbak…langkah²nya lengkap. Saya paling engga bisa pakai eye liner. Skip deh. Apalagi bawah mata saya kan ada bayangan gelap. Emang dari sononya sih. Kalo engga ati² make up matanya, saya jadi kayak kunti. Hihi…kayak yg pernah liat aja…

Leave a Reply