5 Tempat Ini Wajib Didatengin Kalau ke Bali. Nomor 4 Bikin Saya Baper

Baliiiii!

Begitu jawaban saya saat pak swamik nanya kalau ada berkat, besok pengin liburan ke mana. Hihihihi nggak usah pake dua kali deh, urusan liburan begini saya langsung nyahut kenceng. Ya iyalah, secara hari-hari saya udah penuh sama rutinitas dari dapur sampai kasur lagi. Penat, lelah dan bete deh. Kalau enggak diimbangi sama plesiran alias liburan ya bisa konslet dong. Ya nggak Moms?

Kebetulan, libur panjang tahun ini pas banget sama libur lebaran. Nah, cucok banget kan buat ngerencanain libur yang lumayan jauh, termasuk ke Bali itu. Kebetulan, keluarga kami udah lama banget nggak ke sana. Terakhir tahun 2013 lalu, saat si Kakak masih unyu.

Bali emang udah jadi inceran saya untuk berlibur. Salah satu alasannya adalah Kevin, si bontot, belum pernah diajak plesiran jauh huhuhu. Paling top dia baru sampai Jakarta dan Bandung akhir tahun lalu. Karena itu, mumpung tahun ini lebih leluasa waktunya, saya pengin kami bisa menikmati keindahan Pulau Dewata yang eksotis itu.

Melihat pak bos manggut-manggut, saya makin semangat. Langsung kebayang deh tempat-tempat asik yang bakalan masuk whish list selama di sana nanti. Apa aja ya kira-kira?

 

Mantai

Tanah Lot

Nggak perlu diragukan lagi, Bali super kaya akan pantai yang cantik dan eksotis punya. Tinggal pilih, mau ke Sanur, Kuta, Pandawa, Tanah Lot, Padang Panjang, Nusa Dua, Tanjung Benoa dan segambreng pantai lain yang nggak bisa kita sebutin satu persatu. Nah berhubung ngajakin Kevin, kayaknya Kuta, Pandawa dan Nusa Dua will be great. Ohya, Tanah Lot juga ding. Ok, fix, bungkus!!

Baca juga : Pok Tungal, Pantai Eksotis di Timur Jogja

 

Pergi ke Bali Bird Park

Bali Bird Park
Foto milik balibirdpark.com

Di sini wahana tepat untuk ngenalin aneka jenis burung sama Kevin. Pasti dia bakalan excited banget deh ngelihat ratusan burung cantik warna-warni yang belum tentu ditemuin sehari-hari.

 

Nonton tari Kecak di GWK

Gaeuda Wisku Kencana Bali
Foto milik pegipegi.com

 

Pas ke Bali enam tahun lalu, saya sekeluarga mampir ke GWK tapi sayang patungnya belum kelar. Nah, kalau sekarang pasti akan lebih keren foto-foto di sekitaran GWK sambil nonton pertunjukan tari Kecak.

 

Menyusuri Uluwatu

Uluwatu

Pura luhur Uluwatu adalah salah satu tempat favorit saya. Indahnya tebing-tebing gagah yang bertemu dengan samudera Hindia yang ganas, jadi ikon paling indah untuk berfoto. Ah, jadi inget dulu saya pernah nampang di sini bareng bapak sama ibu. Momen berkesan banget, soalnya waktu itu ibu masih kuat jalan kaki ke mana-mana. Sekarang beliau udah nggak bisa jalan jauh, jadi kayaknya impossible ngajakin ibu ke sini lagi. Hiks.

 

 

Mengeksplore rumah pohon desa Batu Dawa, Karangasem

Rumah pohon desa Batu Dawa Karangasem
Foto milik perjalananwisaalam.blogspot.com

Nah, ini adalah salah satu destinasi yang edukatif. Cocok buat anak-anak. Di sini mereka bisa bermain sepuasnya, mengeksplor aneka wahana bermain yang menantang. Misalnya ayunan kayu yang berukuran jumbo, gazebo, hingga jembatan bambu, dan masih banyak lagi.

Mengingat besok adalah pengalaman pertama Kevin ke Bali dan itu pas banget sama high season, saya udah bisa ngebayangin di sana bakalan crowded banget. So, saya perlu mempersiapkan semuanya dengan weldone.

Nah, berikut tips traveling ke Bali sama anak yang mungkin bisa Mommies praktikkan.

 

Bawa pelindung diri yang cukup

Payung, topi, sunscreen atau kacamata hitam tampaknya akan jadi barang wajib selama di Bali. Meski mungkin di sana akan banyak angin, tapi di musim kemarau kayak gini tetep aja suhu udara bakalan di atas 30°C. Kalaupun lupa bawa dari rumah, pengalaman dulu pas ke Bali, di tempat wisata suka  banyak yang jual atau sewain payung dan kacamata kok. Tapi tetep saran saya sih bawa aja dari rumah. Kan mayan ongkosnya bisa dipake jajan. Hehe..

 

Bawa dan minum air putih yang cukup

Suhu udara yang panas bakalan bikin tubuh berkeringat. Apalagi kalau kita beraktivitas outdoor kayak di pantai. So, air jangan sampai kehabisan ya. Usahakan minimalisir minum es atau minuman dingin lainnya biar enggak pusing dan jatuh sakit nantinya.

 

Sebelum masuk ke obyek wisata, sempatkan ke toilet dulu.

Beberapa tempat wisata tuh lokasi toiletnya cukup jauh dari lokasi utama. Kalau bawa anak kecil macam saya bisa repot kalau tiba-tiba dia kebelet BAK sementara jalannya jauh kan? Belum lagi kalau ngantre dan mulai deh rewelnya. Bisa-bisa ngompol hehe. So.. BAK sebelum masuk obyek is a must!

 

Pastikan anak-anak dalam kondisi kenyang sebelum masuk obyek wisata

Jangankan anak, kita aja kalau laper bawaannya males dan esmosih jiwah. Yakan? Nah ini kalau si kecil laper, urusan bisa panjang. Masih mending kalau kita bawa bekal. Lha kalau lupa, kan berabe. Oya, pastikan kalau memang harus makan di dalam obyek wisata, sampahnya dikumpulin ya Moms. Jangan nyampah sembarangan.

 

Jangan tergiur beli souvenir

Saya ini tipikal mamak antibeli souvenir di obyek wisata, soalnya biasanya harganya lebih mahal dibanding di tempat lain. Selain itu, biasanya juga nggak ada banderol harganya jadi kitamusti tawar menawar. Capek deh. Sebisa mungkin, saya tahan-tahan deh belinya entar aja di toko khusus oleh-oleh seperti Krishna, Joger dan lain-lain.

 

Oke, tempat wisata done, sekarang tinggal nyari penginapannya. Berhubung liburan nanti bertepatan sama ultahnya Kevin, saya kok jadi pengin nyari hotel murah di Bali tapi tetep family friendly. Ihihi kalau ada rejeki lebih sih, pengennya booking villa di Bali atau hotel bintang 5 di Bali.

Untungnya, sekarang booking hotel di Bali nggak perlu repot lagi. Tinggal cuss buka internet dan browsing deh ke situs penjualan tiket hotel seperti ini. Enaknya booking hotel online itu, kita nggak perlu kuatir besok sampe sana mau nginep di mana. Kayak pengalaman temen saya yang suka koboi. Jalan bawa anak istrinya keluar kota dan pas nyampe sana udah kemaleman, mau nyari hotel nggak dapet karena pas high season. Huaaa.. keselnya ampuun dah!

Pegipegi.com

Nah, kalau udah jauh-jauh hari gini kan enak. Saya bisa cari tanggal yang paling pas sama liburnya anak-anak, cutinya pak swamik dan yang nggak kalah penting nyari yang ada promonya! Kan mayan kalau dapat harga miring.

 

Dengan aplikasi Pegipegi, saya bisa dapetin harga terbaik dari hotel-hotel terbaik di Bali tanpa repot dan ribet. Tinggal download dan install aplikasinya di smartphone, kemudian pilih fitur “Hotel” untuk booking kamar secara online. Setelah itu, akan muncul pilihan lokasi, nama hotel dan tanggal yang kita inginkan lengkap dengan jumlah tamu dan tipe kamar. Abis itu, simpan dan tunggu beberapa saat. Pegipegi bakalan nyariin daftar hotel sesuai kriteria yang kita masukkan. Nah, kita tinggal pilih deh mana yang paling pas. Gampang kan?

 

Pegipegi.com

 

Bawa anak jalan-jalan, apalagi jarak jauh memang nggak mudah dan mungkin akan jadi tantangan tersendiri. Tapi nggak perlu khawatir berlebihan sih, karena bagaimanapun juga aktivitas ini akan jadi momen untuk kita bisa mengajak anak mengenal dunia yang lebih luas, sekaligus memberi mereka kesempatan untuk berkembang dengan maksimal. Nggak cuma happy, anak-anak juga pastinya akan mengukir banyak kenangan seumur hidupnya tentang perjalanan berkesan bersama orang-orang tercinta.

Baca juga yuk : Enjoy the Magnificent Jogja

 

Dan yang lebih penting,saat mengeksplor keindahan Indonesia ini, jangan lupa selipkan rasa nasionalisme dan cinta pada negeri ini ya Moms. Bali hanya salah satu tempat indah di nusantara. Masih ada ribuan lagi yang bisa kita eksplor dan nikmati keindahannya.

Yuk kita ajak anak bangga sama Indonesia. Kenapa? Karena INDONESIA itu KAYA!

 

 

 

12 thoughts on “5 Tempat Ini Wajib Didatengin Kalau ke Bali. Nomor 4 Bikin Saya Baper

  1. Wiwid Vidiannarti says:

    Iyaaa Bali selalu always seru, dan tidak pernah never hahaha. Lebih-lebih Tanjung Benoa buat seru-seruan mainan air kayak banana boat, snorkeling, seawalker, jetski, parasailling dll ya Allah aku juga pingiiin hahaha.
    Usul buat nambahin ke list, Taman Nusa, mbok. Taman Nusa itu semacam TMII.

    • hani says:

      Waah GWK udah jadi. Duh megahnya…Waktu ke sana, baru kepala Wisnu yang dipajang. Ke sana lagi, kepala garuda tergeletak.
      Ada tari Kecaknya juga. Hmm…musti nyari hotel deket situ kali yah. Kebayang, kan nonton Kecak bagusnya malam.

  2. Dian Restu Agustina says:

    kangen Bali euyyy
    tahun lalu ke sana pas libur lebaran rasanya masih kurang…kwkwkw
    Keknya ga ada habisnya buat diekplor memang
    kepoin pegipegi dulu ngecek harga kamar di sana aja 🙂

Hello, thank you for stopping by. I'm Bety, the one and only author of this blog. Find your most interesting story of mine and let's share!