​Manfaat Yoghurt untuk Kesehatan

Yoghurt merupakan salah satu makanan yang lezat dan sehat. Hal ini dikarenakan kandungan multivitamin yang penting di dalamnya. Contohnya adalah asam laktat dan seng (zinc) yang berguna untuk kesehatan kulit. Dengan melakukan pijatan yang teratur pada kulit, kita bisa mendapatkan kulit yang halus, kencang, lembap, dan tampak cerah. 

Kebanyakan yoghurt yang ada di pasaran sudah mengalami penambahan rasa dan gula. Nah, untuk mendapatkan khasiat alaminya, usahakan untuk tidak memilih yoghurt jenis ini. Sebaiknya, kita mencari yoghurt yang masih belum mendapatkan tambahan perasa, pemanis, sari buah, atau bahan apapun alias yoghurt yang plain atau murni. Memakai yoghur yang sudah mengalami penambahan zt lain, justru akan menimbulkan resiko iritasi, ruam kulit, atau memperparah kulit yang berjerawat.

Nah, berikut ini ada 7 manfaat yoghurt untuk kulit. Simak yuk!

1. Sebagai pelembap dan pencerah alami

Untuk mendapatkan kulit yang kenyal, cukup oleskan yoghurt pada kulit dan biarkan meresap sekitar 10 menit. Setelah itu bilaslah dengan air hangat. Kandungan asam laktatnya mampu menghidroksi kulit dan membantu pengelupasan dan membuat kulit lebih mulus.

Sedangkan untuk mendapatkan efek kulit lebih cerah, cobalah membuat masker dari campuran yoghurt, kacang lentil, dan kulit jeruk. Haluskan semuanya, dan oleskan pada wajah dan kulit yang membutuhkan perawatan. Jika perlu, tambahkan pula madu untuk memberi kelembapan ekstra. Diamkan 15 menit sebelum membilasnya dengan air hangat.


2. Sebagai scrub untuk mengangkat kulit mati

Untuk Anda yang memiliki kulit kering, pergunakan yoghurt ini untuk bahan scrub alami dengan mencampurkannya dengan oats atau gandum. Ambil yoghurt secukupnya dan 1 sendok makan gandum lalu gosok perlahan di permukaan kulit secara melingkar.

Untuk menghilangkan komedo, buat pasta yang kental dari campuran tepung berasm yoghurt dan oleskan pada kulit. Bilas dengan air dingin setelahnya.

3. Mengobati jerawat

Sifat yoghurt yang asam bermanfaat untuk menyembuhkan jerawat karena bisa membunuh bakteri, jamur dan kuman yang mungkin mampir di kulit. Anda bisa mengoleskan campuran yoghurt, bubuk kunyit, gula merah dan bubuk cendana lalu oleskan pada wajah yang berjerawat. Diamkan kira-kira  15 menit lalu bilaslah dengan air hangat.

4. Memudarkan noda bekas jerawat, lingkaran mata dan meratakan warna kulit

Untuk menyamarkan noda, ambil yoghurt secukupnya lalu encerkan dengan air bersih. Oleskan pada kulit. Hal ini akan memberi efek dingin dan memudarkan bekas luka. Untuk menghilangkan lingkaran hitam pada mata, oleskan yoghurt tipis-tipis di area mata, diamkan 15 menit. Setelah itu, sisakan sedikit dengan kapas dan biarkan semalaman. Lakukan hal ini sekitar 1 minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Sedangkan untuk meratakan warna kulit, campurkan yoghurt dengan beberapa tetes air lemon lalu oleskan pada kulit sekitar 30 menit. Bilas hingga bersih. Lakukan secara teratur untuk mendapatkan hasil maksimal.

5. Anti aging effect

Karena kandungan asam laktat, yoghurt memiliki kemampuan menangkal radikal bebas dan memperlambat munculnya kerutan dan garis halus pada wajah. Anda bisa mengambil 1 sendok makan minyak zaitun, campurkan dengan 3 sendok makan yoghurt lalu oleskan pada wajah dan leher kira-kira 30 menit. Setelah itu, bilas dan lakukan hal ini minimal 3 kali seminggu. Selain itu, kita bisa mencampur yoghurt dengan alpukat, parutan mentimun atau pisang. Caranya sama dengan di atas, tapi bilaslah dengan air hangat.

6. Melawan infeksi 

Untuk mengobati infeksi kulit, langsung oleskan yoghurt pada permukaan kulit. Lakukan hal ini secara rutin 4-5 kali sehari untuk efek terbaik.

7. Mengobati kulit terbakar

Terkadang, aktivitas di luar ruangan membuat kita harus terpapar sinar matahari secara langsung. Hal ini bisa saja memberi efek terbakar pada kulit. Untuk melawannya, campurkan yoghurt dengan beberapa tetes minyak chamomile essential lalu oleskan pada bagian kulit yang terbakar tadi dan diamkan sekitar 15 menit. Kandungan seng pada yoghurt akan menghilangkan efek panas dan gatal yang timbul akibat sengatan matahari.

Nah, mudah kan membuat kulit lebih sehat dengan yoghurt? Selamat mencoba!

2 thoughts on “​Manfaat Yoghurt untuk Kesehatan

Leave a Reply