betykristianto.com I 5 Jenis Pembersih Makeup – Bagian terpenting usai menggunakan makeup adalah membersihkan wajah. Hal ini dilakukan untuk membersihkan tumpukan keringat, kotoran, minyak, dan sisa makeup yang menempel. Sisa makeup yang nggak sepenuhnya hilang dari permukaan kulit, bisa jadi malah berpotensi merusaknya loh. Bukan mustahil, muka jadi kusam, mudah berjerawat, dan masalah kulit lainnya yang so pasti ngeselin. Padahal kita kan pengennya selalu tampil cantik memesona

5 Jenis Pembersih Makeup 

Ada beragam jenis pembersih makeup yang bisa kita pakai, tergantung kebutuhan dan kecocokan. Berikut ini beberapa jenis pembersih makeup yang mungkin bisa jadi pilihan tepat buat kalian:

Cleansing Milk

Cleansing milk sendiri telah digunakan sejak dulu sebagai pembersih makeup. Formulanya yang ringan mampu membersihkan makeup dan kotoran tetapi tetap memberikan kelembutan untuk kulit wajah.

Contoh cleansing milk ini adalah Viva Cosmetics Milk Cleanser yang banyak digunakan di pasaran. Kandungan emollient dalam Viva inilah yang akan mengangkat semua sisa kotoran dan debu. Untuk kalian yang punya kulit normal dan kering, produk ini sangat recommended.

Untuk cara mengaplikasikannya juga nggak sulit. Cukup ambil secukupnya lalu ratakan ke seluruh wajah. Setelah itu bersihkan dengan kapas.

Soal harga, trust me! Cleansing milk Viva nggak akan bikin kantong kalian bolong. Soalnya, harganya hanya berkisar antara 6-15K doang! Murce tralala kan? Saya pribadi juga sering pakai produk ini loh.

Jenis pembersih makeup

Micellar Water

Pembersih makeup yang nggak kalah populer adalah micellar water. Produ ini bisa banget digunakan untuk berbagai jenis kulit, termasuk pembersih makeup bagi kulit sensitif atau kulit berminyak.

Selain sebagai pembersih makeup, ternyata micellar water juga punya fungsi lain loh. Jadi, si micellar water ini punya kekuatan untuk membersihkan makeup waterproof, seperti maskara. Kita hanya perlu mengaplikasikannya menggunakan kapas.

Penyebutan micellar water pada jenis pembersih makeup ini karena di dalamnya terkandung kombinasi air, gliserin, serta kandungan lainnya yang dapat menghidrasi kulit. Jadi, dengan memakai produk ini, diharapkan kulit nggak akan kehilangan kelembapannya.

Salah satu produk micellar water terbaik yaitu berasal dari brand L’Oreal. Brand yang udah femes ini melengkapi micellar water besutannya dengan kandungan penarik debu dan kotoran pada kulit.

Meskipun teksturnya ringan, namun produk ini dapat membersihkan makeup sekaligus menghaluskan kulit. Soal budget emang si L’Oreal ini little bit pricey, yakni mulai 100-125K per item. Tapi, ini emang worth it sama kemampuannya yes.

 

Cleansing Balm

Untuk cleansing balm sendiri teksturnya berbeda dengan cleansing milk. Jenis pembersih makeup yang satu ini sering diklaim bisa membersihkan wajah hingga ke dalam kulit, namun tetap menjaga kelembapannya.

Tekstur cleansing balm ini bisa dikatakan mirip seperti balsem. Tapi saat diaplikasikan, produk ini perlahan akan berubah jadi minyak.

Salah satu contoh produk cleansing balm adalah The Body Shop Camomile Sumptuous Cleansing Butter. Dari namanya saja, kita  sudah bisa menebak bahwa teksturnya seperti balsem lalu meleleh jika diaplikasikan ke kulit. So, mentemen nggak perlu takut produk ini bakalan lengket di kulit. Kalian cukup membilasnya saja dengan air hangat.

 

Cleansing Oil

Jenis pembersih makeup lainnya adalah cleansing oil yang terbilang cukup ampuh dalam menghapus waterproof and heavy makeup.  Hal ini karena cleansing oil memiliki bahan dasar minyak yang emang josh untuk heavy duty.

Kita nggak perlu takut produk ini berpotensi membuat kulit wajah lebih berminyak. Justru sebaliknya, makeup ini diklaim mampu menjaga kadar minyak di kulit wajah.

Contoh produk cleansing oil adalah Rejuvenating Pomegranate. Di dalamnya terdapat kandungan minyak argan dan minyak delima yang efektif dalam menutrisi, membersihkan makeup, dan kaya dengan antioksidan.

 

Cleansing Gel

Saat menggunakan pembersih makeup cleansing gel, kita bisa gunakan tisu atau kapas. Cukup tuangkan saja beberapa tetes cleansing gel di telapak tangan, oleskan di permukaan.

Setelah itu, ratakan produk untuk membersihkan seluruh kotoran secara perlahan. Lalu gunakan kapas atau tisu membersihkannya.

Produk pembersih wajah berjenis gel ini mampu memberikan efek yang menenangkan saat diaplikasi ke wajah. Selain itu, produk ini juga nggak akan membuat wajah terasa sticky alias lengket.

Gimana, banyak kan pilihan pembersih wajah yang bisa kita pakai? Kita tinggal sesuaikan saja sama kebutuhan dan pastinya budget di kantong. Dengan pembersih wajah yang sesuai dan tepat dengan kondisi kulit, wajah akan semakin terawat dan sehat.

So selamat merawat kulit wajah ya!