Cara Cerdas Siasati Ruangan Mungil

Punya rumah minimalis tuh kadang ada untungnya, ada pula “ruginya”. Untungnya adalah kita nggak perlu capek-capek membersihkan dan merawatnya. Sedangkan “ruginya” adalah sering kali rumah minimalis memiliki ruangan kecil-kecil nan mungil. Kalau nggak pintar mendekorasi, ya akan terasa sangat sempit dan sumpek.

Saya juga pernah mengalaminya waktu awal-awal menikah dulu. Karena nggak memiliki darah seni dan kreatifitas yang tinggi, rumah saya ya nggak banyak sentuhan artistiknya. Yang penting ada perabotan yang fungsional. Dinding bersih tanpa coretan si kecil, atau atap rumah nggak bocor saat musim hujan, sudah puas haha..

Meski demikian, saya suka tuh mantengin majalah atau website yang membahas tentang penataan ruangan alias interior design. Rasanya seneng banget kalau saya punya rumah seperti itu. Tapi ya, gitu deh… semuanya lebih sering jadi impian tanpa sempat jadi kenyataan.

Hari ini, saya beruntung banget pas selancar di FB nya teh Indari, ada tip cerdas bagaimana mengubah ruangan mungil jadi terkesan lebih lega dan multifungsi. Penasaran juga? Ini ni tip kerennya:

 

1. Buat perabot atau furnitur multifungsi

Tip menata ruang kecil
www.rumahminimalis2.com

Salah satu kendala menata ruangan kecil adalah bagaimana menempatkan perabotan, bukan? Untuk itu kita harus kreatif. Caranya antara lain adalah dengan membuat perabotan yang disesuaikan satu sama lain dan sebisa mungkin multifungsi. Contohnya adalah dipan atau tempat tidur yang bisa difungsikan juga sebagai lemari penyimpanan. Hal ini biasanya cukup membantu dalam urusan menghemat space.

 

2. Main warna dan pencahayaan

Tip menata ruang kecil

Sudah terbukti, kalau warna dan cahaya itu bisa memberi efek yang besar dalam permainan visual. Agar ruangan terkesan lebih lega, usahakan untuk memakai warna-warna monokrom atau cerah. Putih, krem, hijau lembut atau putih, adalah beberapa pilihan yang pas. Hindari menggunakan warna gelap dan motif yang ramai agar ruangan tak jadi sumpek. Selain itu, usahakan pula agar sinar matahari bisa masuk dengan leluasa. Di malam hari, pergunakan lampu LED ketimbang bohlam kuning yang terkesan “dark“.

 

3. Bikin connecting door/window dengan ruangan lain

Tip menata ruang kecil

Ruangan-ruangan dalam rumah mungil bisa saling dikoneksikan loh. Hal ini bisa membuat efek lebih luas dan nyaman buat penghuninya. Misalnya saja ruang makan yang berhubungan langsung dengan dapur, kamar anak yang terhubung dengan ruang keluarga, dan lain-lain.

 

4. Pasang cermin

Tip menata ruang kecil
Zahrafurniturjepara

Efek pantulan yang dihasilkan oleh cermin akan sangat berguna memperluas ruangan yang mungil. Pasanglah di tempat-tempat strategis seperti ruang tamu atau ruang makan.

 

Hm, menarik bukan? Jadi pingin mengobrak-abrik rumah deh, kalau kayak gini. Hehehe…. Semoga tulisan ini bermanfaat ya, Moms!

 

Love

Bety

 

 

#WritingChalleng#IndscriptCreative#IndscriptWriting#IndBlack

One thought on “Cara Cerdas Siasati Ruangan Mungil

Leave a Reply