Cara Mudah Resizing Banyak Foto Sekaligus dengan Photoshop

Sebagai full time mom yang nyambi jadi blogger, salah satu hal yang paling saya benci adalah bagian photo session.

Bukan! Saya mah nggak jadi model trus difoto gitu. Tapi, ngulik foto, ngasih watermark (kalau pas nggak males) dan.. compressing foto itu takes time banget. Kan capek akutu, Fernando! Huhuhu.

 

cara resizing foto dengan photoshop
Capek akutu

 

Kadang, butuh waktu berhari-hari untuk posting satu tulisan di blog gara-gara nggak punya waktu untuk ngerjain yang beginian. Masalahnya, kebanyakan aplikasi ngulik foto tuh ada di hape. Sementara hape saya suka jadi rebutan sama si Adek. Mau buka laptop atau PC, suka rebutan sama si Kakak. Jadinya yaa..gitu deh. Mamak cuma punya waktu tengah malam untuk handle kerjaan. Itupun kalo nggak tefar kecapekan.

Dulu, saya nggak ngerti pentingnya ngompress foto segala. Jadinya pas udah keasikan ngeblog, taruh foto sana sini dengan ukuran segambreng, tau-tau dapet imel cintah dari web hosting provider. Isinya quota paket saya udah hampir mentok. Hiks padahal baru dipake setengah tahun. Saya yang masih ingusan otomatis galau tingkat dewa. Mosok sih harus upgrade paket secepat ini? Blog aja belum ngasilin apa-apa, malah harus ngemodal lagi beli storage yang lebih gede. Bisa rugi bandar dong eikeh. Pff..

Abis itu, saya nyari-nyari info gimana caranya bikin blog nggak cepet penuh meski sering posting. Nah, salah satunya ternyata adalah dengan mengupload gambar dengan ukuran mini. Sejak itu saya rajin ngulik foto, dan yang paling penting adalah meng-compressnya sampai di bobot yang paling minimalis. Biar aman gicu storage saya. Well, kalau ditanya sebaiknya berapa sih ukuran foto yang pas untuk tampilan blog, sebenernya itu relatif ya. Tapi, kalau saya suka baca-baca nasihat para blogger yang udah mastah, katanya ukuran width 750 pixel itu udah bagus dan enak diliat. Lebih dari itu, bisa bikin blog jadi lola alias loadingnya lama. So, daripada kuciwa lagi, saya milih ngikutin saran ini.

Kalau waktu itu saya udah ngulas soal gimana caranya ngompress gambar pake tinypng, sekarang saya mau kasih info cara lain lagi nih. Kebetulan saya punya temen blogger yang baik hati dan nggak sombong. Dari dia, saya jadi tahu cara ngerisize foto pake Photoshop. Nah, karena pake PS, cara ini emang sebaiknya kita pakai di PC atau lappie ya mentemen. Soalnya aplikasi PS di hape kayaknya kurang lengkap. Baeklah, langsung aja sekarang kita mulai ngerisize foto dengan Photoshop.

 

Baca juga : Compressing Foto dengan Tinypng.com

 

Oya, kita bisa pilih mau ngerisize-nya manual alias one by one, atau banyak foto sekaligus. Tergantung kebutuhan ya. Enaknya meski resizing ama compressing image itu sebenernya dua hal yang mirip tapi beda, kalau dikerjain dari Phostoshop, hasil resizingnya itu tetep terlihat maksimal tanpa pecah atau blur.

 

Penasaran? Langkahnya gini:

Resizing Foto Manual

 

cara resizing foto dengan photoshop

 

Buka program Photoshop, lalu drag image dari explorer (atau storage manapun tempat kita nyimpen foto) ke Photoshop – Klik Image – Klik Image Size.

 

cara resizing foto dengan photoshop

 

By the way, kita juga bisa klik Ctrl + Atl + I (lebih cepet buat yang nggak suka gerak-gerakin kursor). Setelah itu, masukkan ukuran foto yang kita mau, lalu klik OK, dan save dan close. Ulangi untuk foto berikutnya sampai selesai. Kalau fotonya barang sepuluh dua puluh bijik sih lucu ya ngerjainnya sambil me time. Lha kalok harus ngerisize ratusan foto apa kabar? Bisa rontok deh badan, ye kannn?

 

 

Resizing Foto Banyak Sekaligus Pakai Photoshop

cara resizing foto dengan photoshop

 

Buka program Photoshop – Klik Script – Klik Image Processor Pilih folder foto yang ingin diresize – Klik select Folder – Save in Same Location – KLik Save as JPEG – Klik Resize to Fit.

 

cara resizing foto dengan photoshop

 

Baca juga : Ini Kisahku Sebagai Narablog 

 

Untuk Quality saya pilih 8, ukuran width 750, sisi satunya menyesuaikan, lalu Klik RUN.

Now, sit back and relax!

Biarkan PS bekerja dan pastikan laptop atau PC punya cukup daya untuk processing ya. Jangan sampe pas dia lagi kerja, eh mati mendadak gegara abis batrenya. Apalagi kalau foto yang diresize jumlahnya ribuan. Beuuh itu mah nyeseknya ampun dah.

Enaknya pakai cara ini, begitu proses resizing kelar, foto akan langsung tersimpan ostomastis di satu folder khusus bernama JPEG. Nanti pas perlu, tingga buka dan upload deh.

See, as simple as that!! Voila hahaha. Merdeka kan?

Waitt! Cara ini juga bisa kita pake untuk mengedit foto dengan parameter yang sama ya. Misalnya nambahin brightness atau apa, tinggal klik action dan semua foto akan diedit dengan tools yang sama. Pokoknya enak dah. Tinggal leb. Oke, gitu dulu ya tutorial resizing foto kali ini. Ntar kalau dapet contekan lagi, saya bakalan cuap-cuap di sini lagi.

Stay tune!

 

 

 

2 thoughts on “Cara Mudah Resizing Banyak Foto Sekaligus dengan Photoshop

Hello, thank you for stopping by. I'm Bety, the one and only author of this blog. Find your most interesting story of mine and let's share!