Cari ide ke mana? Intip dulu yang satu ini!

Sebagai penulis, saya seringkali menemui kebuntuan alias mati ide. Berjam-jam parkir di depan lappie dan tak ada satupun kata yang berakhir manis jadi tulisan. Yang ada mumet alias pusing, sambil mata melirik ke arah beberapa cangkir kopi atau teh yang sudah kandas isinya.

Wew! Sebel banget tuuuuuh rasanya. Apalagi jika sedang dikejar deadline sama klien, rasanya nggak karuan. Jika Anda seorang penulis dan sedang bingung mencari si edi eh.. si ide itu, simak ulasan di bawah ini yuk!

1. Tinggalin sejenak deadline

Secara psikologis, tekanan deadline alias tenggat waktu akan sangat mempengaruhi mood. Terkadang, semakin dekat dengan deadline, otak makin ruwet dan nggak bisa mikir. Jika hal ini terjadi, nggak ada salahnya tinggalin sejenak tuh yang namanya deadline. Ambillah waktu untuk melakukan hal lain yang lebih santai. Namun, tetap tentukan jadwal kapan Anda akan kembali mengerjakannya, ya. Jangan ditinggalin kelamaan, yang ada nanti malah beneran nggak selesai tuh tulisan. Hehe..

2. Ngobrol 

Bertukar pikiran atau sekedar ngobrol ngalor ngidul bersama orang lain akan sangat bermanfaat untuk menemukan si ide ini. Apalagi kalau yang diajak ngobrol juga mengerti dunia kita, makin asyik tuh ngobrolnya. Dari situ, akan ada banyak ide yang Anda temukan.

3.  Membaca

Penulis yang baik pastinya juga pembaca yang baik, bukan? Jadi, jangan malas membaca, ya. Semakin banyak yang kita baca, semakin luas wawasan kita. Dengan demikian, akan lebih mudah mencari ide tulisan, deh.

4. Nonton film

Apakah Anda termasuk orang yang gemar menonton film? Jika ya, manfaatkan kegemaran ini untuk menggali ide. Jika perlu, siapkan recorder atau catatan kecil untuk mencatet hal-hal penting selama film berlangsung. Kalimat penting yang diucapkan oleh aktor atau aktris, bisa saja menjadi kata kunci yang menarik untuk ditulis, bukan? 

5. Tidur

Mungkin ada yang merasa lucu dan aneh mendengar hal ini. Ya, bagi sebagian orang, tidur adalah terapi yang tepat untuk meninggalkan beban otak. Dengan tidur yang cukup, otak akan lebih segar dan siap untuk kembali dipacu menuangkan tulisan yang bermanfaat. Jangan terlalu memaksakan diri secara berlebihan. Bagaimana pun juga, berilah waktu yang cukup untuk tubuh kita recovery. Bukan tidak mungkin, ide akan muncul lewat mimpi kita. 

Baiiklaaah, itu tadi 5 tips yang bisa kita lakukan untuk menemukan ide menulis. Tentunya masih ada hal lain yang bisa dilakukan ya, tinggal kita pilih mana yang paling cocok dengan kondisi kita. 

Selamat berkreasi, ya!

Salam!

3 thoughts on “Cari ide ke mana? Intip dulu yang satu ini!

Leave a Reply