Jangan Asal Pilih Masker, Yuk Kenali Jenis-jenis Masker Berikut Ini

Dulu, muka saya ini jarang berjerawat. Nggak tahu kenapa pas udah full di rumah, sekarang malah bintik-bintik nakal kemerahan itu jadi sering menghias pipi dan sebagian dagu. Huhuhu…

Kalau diinget-inget, dulu kan saya emang banyak ngabisin waktu di dalam ruangan ber-AC. Jarang banget keluar dan kena sinar matahari atau debu gitu. Nah, sekarang mana bisaaa pemirsa? Lha, piye saya kan harus ngojek dan wara wiri ke sana kemari hihihi. Yowes, akhirnya harus berdamai dengan jerawat dan komedo deh.

Pas masih awal-awal berjerawat saya suka cuekin, tapi lama-lama ganggu juga yak. Muka nggak mulus lagi dan sebelnya tuh, jerawat yang nangkring di wajah ini jenisnya jerawat batu yang susah banget ilangnya. Kalaupun “meletus” (((meletuss))) pasti ninggalin bekas item yang sulit ilang. Huaaaa.. PR banget deh pokoknya. Malu-maluin aja.

Sejak itu, saya mulai rajin ngerawat wajah meski hanya sekedar pake masker dan scrubbing. Untungnya, si bocil udah mulai bisa disambi jadi nggak rempong kejar-kejaran lagi kayak dulu.

Masker emang jadi andalan banyak perempuan yang pengin ngerawat muka kayak saya. Buat Mommies yang mau tahu apa sih manfaat maskeran, nih saya bocorin ya.

Menutrisi kulit

Semua produk masker biasanya mengandung nutrisi, essential oil, dan vitamin yang baik untuk kesehatan kulit. Beberapa di antaranya juga dibekali dengan bahan anti aging yang so pasti bagus banget untuk membantu kulit terlihat tetap muda berseri.

Selain itu, kandung alamiah yang ada di dalam masker juga cocok banget sebagai “makanan” kulit seperti tomat, stroberi, alpukat, lidah buaya, mentimun, madu, dan kiwi. Eh, ngomong-ngomong sekarang ada juga loh masker yang mengandung lendir siput, dan kepompong ulat sutera yang diklaim bisa membantu mengencangkan dan menjauhkan kulit dari keriput. Aiih.. mantap!

 

Membersihkan dan mencerahkan kulit wajah

Kebanyakan masker mampu membantu mengurangi kelebihan minyak sekaigus mengangkat sel kulit mati yang bikin kulit keliatan kusem gitu. Buat kita-kita yang sehari-hari suka pake make up full, maskeran sangat efektif membersihkan sisa make up yang menutup pori-pori dan membuatnya terlihat lebih cerah.

 

Detoksifikasi

Kandungan nutrisi dari bahan-bahan alami dalam masker, dipercaya efektif mengusir radikal bebas yang kita dapetin dari polusi, sinar UV, debu dan kotoran yang beterbangan di udara. Kulit pun jadi lebih sehat kan?

 

Mengencangkan

Penggunaan masker secara rutin bisa membantu mengencangkan kulit wajah, serta membuatnya lebih merona dan kenyal.

 

Membantu mengatasi masalah kulit

Beberapa dari kita memiliki kulit sensitif, yang biasa ditandai dengan kondisi kulit yang cenderung mudah iritasi, kemerahan, dan terasa perih. Nah, pake masker wajah bisa banget nih Moms, membantu menenangkan kulit sehingga nggak mudah iritasi.

 

Sejak tahu manfaat maskeran itu, saya pun jadi ketagihan deh. Kalau dulu, bisa dibilang saya maskeran itu cuma beberapa kali setahun. Sekarang hampir seminggu dua atau tiga kali saya memakainya. Kadang siang, kadang malem menjelang tidur.

Udah sekitaran tiga bulanan ini saya rutin pake masker. Beberapa masker yang saya suka itu jenis peel-off, sheet mask dan wash-off mask. Yaa.. standard sih, tapi hasilnya lumayan. Muka kering saya yang dulu kayak spongebob kini mulai kerasa lembab dan nggak terlalu busik lagi. Masalah putih mah enggak ya, tapi relatif lebih cerah aja. Lagian kalau muka putih, tapi leher ama tangan cokelat mah ngke jiga jurig atuh hahaha..

Nah sekarang kita cari tahu yuk masker apa aja sih yang lagi ngehits. Kuy, ikutin cuap-cuap saya berikut ini.

1. Wash-off mask

Wash off mask
Gambar milik pixabay.com

 

Ini adalah jenis masker paling klasik dan umum kita temui di pasaran. Masker ini biasanya bertekstur creamy atau yang memiliki kandungan clay atau charcoal. Jenis masker kayak gini dioleskan di wajah, lalu tunggu hingga kering sebelum dibersihkan dengan air bersih atau hangat. Kita yang punya kulit kering hingga normal sebaiknya pilih yang berbahan creamy. Sedangkan Mommies yang kulitnya berminyak bisa pilih masker jenis clay/charcoal.

 

2. Peel-off mask

Gambar milik lelong.com

 

Saya suka masker jenis ini, soalnya sensasi pas ngelupasin maskernya dari muka tuh sesuatuhhh hihihi. Berasa puwas gituh. Peel-off mask biasanya mengandung paraffin wax dan nggak terlalu lengket di muka kayak wash-off mask. Masker yang bisa dikelupas ini bermanfaat untuk membantu mengencangkan kulit dan melancarkan peredaran darah. Cocok banget untuk saya yang punya jenis kulit kering dan “matang” alias wes tuwek. Abis pake masker ini kulit emang rasanya halus dan kencang, sukak deh!

 

3. Sheet mask

Gabar milik idntimes.com

 

Ini juga salah satu masker paporit saya, soalnya mudah, cepat dan sensasinya enak banget di kulit wajah. Kelebihan masker jenis ini adalah airnya yang melimpah, bikin kulit terhidroksi sempurna. Buat Mommies yang butuh kulitnya segar dan cerah sekejap, masker ini pas banget loh.

 

4. Sleeping mask

Gambar milik laneige.com

 

Sesuai namanya, masker ini dipakai menjelang tidur untuk memberikan nutrisi bagi kulit wajah hingga esok pagi. Masker jenis ini biasanya memiliki tekstur yang light, watery, dan bisa dipakai sebagai pengganti pelembab alias krim malam.

 

5. Splash mask

Splash mask
Gambar milik ebay.com

 

Nah, masker jenis ini katanya salah satu temuan terbaru Moms. Cara pakenya cuma ditepuk-tepukin ke wajah selama beberapa detik doang. Jadi, “biang” maskernya dicampur dengan air dengan perbandingan 1:100, lalu ditepukin ke kulit wajah menjelang tidur selama 20 detik. Katanya sih masker ini terinspirasi dari kebiasaan wanita Korea jaman dulu yang suka membersihkan wajah pake air. Hm, menarik ya.

Tapiiiii….. harga masker ini cukup ajib sih buat kantong saya. Yakni 500 ribuan hahaha!! Yakalik pak swamik rela beliin masker seharga segram emas?? Huhuhu… etapi sempat liat-liat di beberapa marketplace ada loh yang jual eceran jadi mereka bikin dalam kemasan botol kecil gitu harganya lebih bersahabat. Gimana, mau coba?

 

6. Exfoliating/scrub mask

Gambar milik dermstore.com

 

Masker ini cocok untuk kita yang punya masalah dengan komedo, dan kulit wajah yang kusam. Exfoliating mask biasanya punya butiran scrub di dalamnya . Cara pakenya cukup mudah, yakni oleskan dan diamkan beberapa saat. Lalu ketika mulai kering, gosok perlahan secara lembut biar scrubnya mengangkat sel kulit mati. Abis itu bersihkan dengan air. Hasilnya, kulit wajah lebih cerah dan bersih.

 

7. Rubber mask

Gambar milik cosmopolitan.com

 

Ini juga salah satu masker yang unik, karena teksturnya akan menyerupai karet/rubber tebal di atas kulit. Masker ini hadir dalam bentuk sheet ataupun powder yang dicampur dengan air lalu dioleskan di kulit wajah. Fungsi masker ini adalah untuk menciptakan barrier alias pembatas di kulit sekaligus membantu menyerap nutrisi hingga ke bagian dermis kulit.

 

8. Jelly mask

Gambar milik tokopedia.com

 

Jelly mask banyak banget direkomendasiin sama beauty labels. Teksturnya ringan dan bouncy, bikin mudah banget diaplikasiin di atas kulit. Kandungan glycerin di dalamnya bermanfaat untuk menghidroksi kulit dan (pada bebapa brand) mampu mencerahkan. Harga jelly mask ini bervariasi mulai dari 10 ribuan. Cukup friendly ya di kantong?

Nah, kalau Mommies apa masker favorit kamu? Sharing dong!

 

 

13 thoughts on “Jangan Asal Pilih Masker, Yuk Kenali Jenis-jenis Masker Berikut Ini

  1. Yasinta Astuti says:

    Favorit aku still yang peel off dan sheet mask mbak, udahnya berasa enakan banget wajah. Apalagi yang sheet mask gitu bisa sambil tiduran enak deh, tapi ternyata banyak juga ya ternyata jenis masker lain. Aku jadi pengen coba kan jadinya

  2. Haeriah Syamsuddin says:

    Saya belum pernah nyoba Peel-off mask. Padahal, kalau lihat iklannya, kayaknya seru deh pake masker jenis ini. Sensasinya, kulit muka serasa ditarik jadinya terlihat lebih segar. Kapan-kapan, mau coba jenis masker ini juga, ah.

  3. Dwi Arumantikawati says:

    Wow, ternyata banyak ya jenisnya. Selama ini aku kalo maskeran ya ke klinik wajah sih soalnya ya itu ra mudeng mau pake yang mana, hakhaakk… Tapi sekarang jadi tau nih mana yg cocok buat kulit keringkuuh… Thx mbok.

  4. Dawiah says:

    Dulu suka make masker, saat usia 25 tahun hingga 40-an, memasuki usia 50 kok saya jadi malas ya?

    Soalnya nda pernah ketemu suatu produk khusus usia 50 tahun ke atas. Aaah, saya malas kok produk yang disalahin sih hehehe…

    Mungkinkah saya cocok dengan produk laneige? Kayaknya ndak terlalu ribet makenya. Pake terus bobo syantik de…

  5. hani says:

    Lhah…ada 8 jenis masker toh. Banyak juga. Aku tahunya yg peel-off. Sesudahnya terasa bersih, tapi kok perih yah. Salah pilih kayaknya nih saya. Cek² ah yg cocok kulit sensitif yg mana…

  6. Sunarti kacaribu says:

    Duh, sayatu makas maskeran, mbak. Dulu waktu masuh imut sih rajin. Tapi pake masker yang creamy. Jadi pengen maskeran lagi, hihi.. Tapi mau nyoba yang sheet mask oengen ngerasain sensasinya saat nyopot masker dari wajah. Haha…

  7. Tatiek Purwanti says:

    Berasa tersindir baca ini karena udah tiga pekan saya gak maskeran, hehe.
    Padahal manfaatnya emang bener sepertinyg simbok sebutin. Cuzz nanti malam pake ahh. Yang scrubbing mask dulu, biar rontok tuh sel-sel kulit mati.
    Biasanya yang saya pake sih sleeping mask dan wash-off mask. Pernah sih yg peel-off.
    Yang samsek belum pernah emang yg splash mask. Ketinggalan info saya. Semihil itu yak. Pastinya khasiat nya oke juga.
    Nanti saya kepoin lebih lanjut ahh, nyari yg bisa dikredit, huahaha.

Hello, thank you for stopping by. I'm Bety, the one and only author of this blog. Find your most interesting story of mine and let's share!