Kenali Kepribadian Anak dari Golongan Darah!

image

Hai Moms, sering dengar tentang golongan darah dong, ya? Pasti, dong. Ya, mengetahui golongan darah seseorang ternyata tak hanya bermanfaat untuk keadaan darurat seperti kebutuhan transfusi ataupun donor darah loh! Lebih dari itu, golongan darah bisa menjadi petunjuk akurat untuk mengenal dan mempelajari kepribadian seseorang. Kok, bisa? Penasaran ya? Simak penjelasan di bawah ini ya.

Pada tubuh manusia, darah merupakan bagian yang terbesar. Darah mengalir di seluruh bagian dari ujung rambut ke ujung kaki. Darah juga menjadi media pembawa berbagai macam zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, darah juga membawa sifat-sifat genetik yang diturunkan oleh orangtua kepada anak-anaknya.

Dalam bukunya yang berjudul Touch My Heart, Toshitaka NOMI, menjelaskan secara rinci seputar golongan darah dan pengaruhnya dalam pembentukan karakter seseorang. Buku yang dialihbahasakan oleh Holy Setyowati Sie ini, mengupas tuntas pentingnya memahami golongan darah dan menyesuaikannya dengan pola pembentukan kepribadian anak.

Kita mengenal ada empat jenis golongan darah yaitu O, A, B dan AB. Sekarang mari kita lihat bagaimana setiap golongan darah ini menentukan karakteristik atau kepribadian seseorang.

1. Anak dengan golongan darah O
Ciri yang menonjol:
* Sangat menyukai kontak fisik, ekspresif, ramah, bersahabat dan tidak berbelit-belit.
* Anak cenderung suka bercerita, berargumentasi, dan suka tampil menjadi pemimpin
* Sangat percaya diri dan bergairah.
* Realistis dalam mempertimbangkan untung, rugi dan resiko.
* Tidak menyimpan perasaan terlalu lama, mudah tersentuh namun cepat pula tersinggung.
* Sangat berhati-hati terhadap orang lain yang bukan teman.
* Anak biasanya tidak mudah percaya kepada orang baru, dan terkesan berhati-hati. Demikian juga jika menghadapi situasi baru, anak terkadang bisa menjadi lemah.
* Cenderung tidak menyukai untuk tampil terlalu menonjol.

Cara tepat mendidik anak bergolongan darah O:
* Berikan ekspresi cinta dalam bentuk kontak fisik. Pelukan, ciuman, sentuhan akan sangat berarti baginya.
* Jika anak melakukan kesalahan, cukup tunjukkan sedikit saja kemarahan kita dan jangan lupa untuk mengatakan bahwa kita mengasihinya.
* Berilah kesempatan anak untuk menunjukkan kemampuannya membantu orang lain. Dia akan sangat hebat dalam hal ini karena pada dasarnya anak dengan golongan darah O itu senang menunjukkan kemampuannya.
* Jangan memberikan terlalu banyak petunjuk, perintah, ataupun kritik meskipun hal itu baik baginya. Anak bergolongan darah O memiliki kemampuannya sendiri untuk survive. Cukup berikan sedikit petunjuk, maka ia akan melakukan bagiannya
* Sediakan banyak waktu untuk berkomunikasi secara mendetil dan dalam. Jangan memberikan tanggapan “sambil lalu” saat anak sedang berbicara. Tunjukkan bahwa kita betul-betul peduli kepadanya.

2. Anak dengan golongan darah A
Ciri yang menonjol:
* Sangat disiplin, hati-hati, teliti, rapi, detil, menyukai keteraturan, dan memiliki keinginan yang keras.
* Memiliki sifat, tegas, tidak banyak bicara, dan pola pikirnya hitam dan putih, karena itu terkadang sering diasumsikan sebagai orang yang saklek.
* Sering kali terlalu memikirkan opini orang lain, mudah tertekan, sensitif, dan tidak pandai mengambil keputusan. Karena itu, mudah sekali terbawa pemikirannya mudah berubah, tergantung orang-orang di sekitarnya.
* Berpembawaan tenang dan menyukai hubungan antar manusia yang damai. Meskipun nampaknya sangat tenang di luar, namun anak bergolongan darah A sering kali terlalu khawatir akan banyak hal. Karena itu, untuk menutupinya dia bersikap perfeksionis.
* Sangat cocok bekerja di bidang yang membutuhkan ketelitian tingkat tinggi, misalnya bagian Q&A, analis, dan lain-lain.

Cara tepat mendidik anak bergolongan darah A:
* Bersikaplah sabar
* Jika anak melakukan kesalahan, jangan langsung memarahinya. Pujilah dulu sisi baiknya, lalu perlahan beritahu kekurangannya dengan baik-baik.
* Bangunlah kepercayaan dirinya, dan berilah arahan kepadanya dengan tekun dan jelas. Anak mungkin akan membutuhkan waktu agar tidak mudah terombang-ambing.

3. Anak dengan golongan darah B
Ciri yang menonjol:
* Memiliki ide-ide yang berani, dan unik. Selain itu, anak bergolongan darah B juga memiliki sifat terbuka dan optimis terhadap masa depan.
* Pribadi yang hangat dan antusias dalam melakukan apa yang disukai.
* Pemalu, berbelit-belit dan tidak ingin membuat banyak perbedaan dengan orang lain.
* Moody, temperamental, sulit dikontrol dan tidak suka dibatasi.
* Kurang menyukai aktivitas bersama orang lain, cenderung penyendiri.
* Tidak terlalu memikirkan hal-hal secara detil, kurang tegas dan ragu-ragu bahkan kadang-kadang kekanak-kanakan.

Cara tepat mendidik anak bergolongan darah B:
* Berikan dorongan dan pujian kepada anak untuk menumbuhkan kepercayaan dirinya.
* Jika ingin mengajarinya sesuatu, sabarlah dan ulangi berkali-kali tanpa kenal lelah.
* Dorong anak untuk berinteraksi dengan orang lain.

4. Anak dengan golongan darah AB
Ciri yang menonjol:
* Suka berkhayal, humoris, dan lucu.
* Cerdas, memiliki pemikiran yang rasional, obyektif, tajam, dan cepat menangkap hal-hal yang penting
* Memiliki dua sifat menonjol yaitu sisi cool yang stabil dan sisi caprice (berubah secara mendadak) yang tidak stabil.
* Kurang sabar dan rasional

Cara tepat mendidik anak bergolongan darah AB:
* Jika anak melakukan kesalahan, jangan membentak dan memarahinya tanpa belas kasihan.
* Berilah pengertian tentang beberapa hal dengan mengajaknya berdiskusi.Tapi berhati-hatilah supaya tidak menjawab pertanyaannya dengan cetek/enteng. Ingat, anak bergolongan darah AB memiliki kemampuan untuk mengerti dengan cepat.
* Berilah penghargaan kepadanya atas usaha yang dilakukan, sekecil apapun itu.

Nah, sekarang sudah tahu dong bagaimana menentukan pola pendidikan dan pengasuhan yang tepat buat buah hati ya, Moms. Jangan sampai kita salah menerapkan pola didik yang akan sangat mempengaruhi karakter anak di masa depan. Semoga dengan pemahaman yang lebih baik tentang golongan darah ini, kita bisa mencetak anak-anak yang super di masa datang.

Selamat mencoba ya, Moms!

13 thoughts on “Kenali Kepribadian Anak dari Golongan Darah!

  1. Pingback: Cerita Kataku
  2. Saya dan anak-anak semuanya golongan darah A.

    Sebagian benar sih, pada umumnya tegas tetapi pada umumnya tidak rapi dan teliti, apa karena ada campur tangan dari bapaknya yang golongan darahnya O yah?

    • betykristianto says:

      Memang ada banyak faktor yang menentukan karakter seseorang ya Bun. Golongan darah hanya 1 di antaranya, jadi ya sangat mungkin ada campur tangan faktor lain yang menciptakan karakter kita seperti sekarang. 😊

    • betykristianto says:

      Iya Mba Dedeh, penelitian tentang teori ini dilakukan oleh ilmuwan Jepang. Kita ambil manfaatnya ya.. hehe. Terima kasih sudah mampir

    • betykristianto says:

      Pola asuh memang kompleks ya BuDok. Sbg ortu, kita harus kreatif dan open minded menyaring segala informasi tentang tumbuh kembang anak. 😊😊

Leave a Reply