Lambung Aman, Puasa Nyaman. Ini Dia Tipsnya!

                 

image

               Sumber foto: www.dreamstime.com

Tak terasa kita sudah memasuki separuh Ramadhan. Itu artinya, dalam beberapa minggu ke depan kita akan menyambut datangnya Idul Fitri. Hari kemenangan. Bagaimana perjalanan puasa kita selama ini, Moms? Tentunya kita semua berharap diberikan kemudahan dan kelancaran selama berpuasa ya. Sebab selama menjalankan puasa tentunya kita semua juga memiliki kesibukan masing-masing.

Nah, bicara mengenai kesibukan sudah barang tentu berkaitan dengan ritme kerja. Seringkali saking sibuknya, kita sampai lupa waktu makan. Akibatnya, kita bisa mengalami keluhan seputar lambung atau perut. Apalagi selama bulan puasa, keluhan ini bisa saja meningkat. Jika demikian, puasa kita bisa saja terganggu. Tentunya kita tidak ingin kan ibadah kita terganggu gara-gara lambung yang rewel? Lalu bagaimana sih, cara aman berpuasa supaya kita terhindar dari keluhan perih di lambung? Intip tipsnya berikut ini, ya Moms.

1. Jangan lupakan sahur
Selama berpuasa, lambung akan kosong selama lebih dari sepuluh jam. Karena itu, pastikan kita tidak lupa bersahur. Makanan yang kita konsumsi saat sahur akan menjadi bekal kita seharian. Meninggalkan sahur, artinya lambung akan berjuang keras melawan rasa lapar. Akibatnya, asam lambung akan meningkat dan memicu rasa perih.  

2. Konsumsilah menu makanan yang kaya serat

Mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan serat yang tinggi akan sangat baik bagi lambung. Makanan jenis ini memerlukan waktu yang cukup lama untuk diubah menjadi gula darah. Itu artinya, kita akan lebih lama merasa lapar.  Selain itu, mengkonsumsi makanan berserat saat sahur dan berbua puasa akan membantu proses pembuangan sisa makanan secara teratur, meskipun pola makan kita berubah. Kandungan air yang mencapai 70-80% dalam makanan berserat akan membantu mendinginkan tubuh akibat udara panas. Sayur-sayuran hijau dan buah-buahan termasuk dalam jenis makanan yang tinggi serat. Karena itu, mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup sangat disarankan.  

3. Hindari makanan dan minuman yang memicu asam lambung
Asam lambung adalah cairan yang diproduksi di dalam lambung yang berfungsi membantu proses pencernaan. Kelebihan asam lambung akan membuat rasa perih dan tidak nyaman bagi penderitanya. Karena itu  selama berpuasa, sebaiknya Anda menghindari konsumsi berlebihan kopi, teh, minuman bersoda dan beralkohol, anggur putih, sari buah sitrus, asam cuka, merica, coklat, makanan pedas, berlemak dan gorengan. Sebagai gantinya, perbanyaklah komsumsi air putih.  

4. Berbukalah dengan benar
Setelah lebih dari sepuluh jam berpuasa, tentunya menikmati takjil yang manis akan sangat menyenangkan. Tapi, jangan mudah terbuai dengan bujuk rayu iklan produk ya, Moms. Sebaliknya, kita harus cerdas mencermatinya. Berbuka dengan yang manis memang diperlukan untuk menaikkan kadar insulin dan mempersiapkan lambung menikmati makanan berat. Namun harap diingat bahwa konsumsinya tidak boleh berlebihan. Mengkonsumsi makanan dan minuman manis secara berlebihan di saat berbuka puasa justru akan membahayakan kesehatan kita. Mengapa? Karena hal itu membuat kadar insulin naik secara drastis dan pada gilirannya  bisa memicu Diabetes Melitus. Tubuh kita perlu waktu yang cukup untuk mengatur kadar insulin supaya tetap dalam takaran yang  terkontrol. Oleh karena itu, saat berbuka sebaiknya kita mengkonsumsi makanan dan minuman manis secukupnya lalu istirahatlah sejenak sebelum menikmati menu makan malam kita.  

5. Konsumsi suplemen atau obat lambung
Jika diperlukan, Moms bisa menngkonsumsi suplemen atau obat lambung. Konsultasikan dengan dokter untuk informasi yang lebih detil berkaitan dengan kondisi kesehatan Anda, terutama jika Anda memiliki riwayat penyakit maag atau penyakit lambung lainnya.

Oke, itu tadi beberapa tips agar lambung tetap nyaman selama puasa. Ternyata dengan treatment yang tepat, puasa bisa tetap aman, kan Moms?

Selamat berpuasa, ya!

Leave a Reply