Lima Penyakit yang Paling Dekat dengan Perempuan

image

Judul di atas nampaknya kurang enak dibaca dan didengar ya, Moms? Ya, berbicara masalah penyakit memang tidak pernah mengenakkan, apalagi jika menyangkut penyakit-penyakit berat yang terkadang mematikan. Namun harus diakui, membicarakan penyakit juga diperlukan untuk mengantisipasi hal-hal buruk yang mengintai para perempuan.
Artikel berikut akan membahas lima penyakit yang paling dekat dengan keseharian perempuan. Penyakit-penyakit tersebut timbul baik sebagai akibat dari keunikan fisiknya sebagai perempuan, maupun karena undernutrition (kurang gizi), overnutrition (kelebihan gizi) ataupun malnutrition (gizi yang salah). Simak, yuk Moms!
1. Anemia
Anemia adalah suatu keadaan saat jumlah sel darah merah di bawah batas normal. Sel darah merah ini berfungsi membawa oksigen. Akibatnya, perempuan bisa mengalami gejala seperti kelopak mata dan ujung jari berwarna pucat, rasa lelah berlebih, mual, sesak napas, sakit kepala, ataupun denyut jantung tak teratur. Penyebabnya adalah kekurangan zat besi yang berasal dari makanan,proses menstruasi, kehamilan, ataupun faktor keturunan. Sebagai pencegahannya, kita harus mencukupi kebutuhan vitamin C (jeruk, melon, beri), zat besi (daging, kacang-kacangan, sayuran berwarna hijau gelap, buah kering), asam folat (jeruk, pisang, sayuran berwarna hijau gelap, sereal,pasta) dan vitamin B12 (daging dan susu).

2. Penyakit Kelamin
Ada dua jenis penyakit kelamin yaitu ringan dan berat. Penyakit kelamin yang ringan dan umum dikeluhkan adalah keputihan. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri, jamur, dan kuman dan juga stress. Penyakit kelamin berat contohnya HPV (humanpapillomavirus), BV (bacterial vaginosis) dan PID (pelvic inflamatory disease).
Untuk menghindari penyakit kelamin, kita harus rajin membersihkan organ intim, mengganti pakaian dalam secara rutin, menghindari pemakaian busana ketat dalam waktu lama, menghindari seks bebas, dan cek kesehatan secara rutin.

3. Osteoporosis
Osteoporosis ditandai dengan massa tulang yang rendah disertai kerapuhan tulang. Pemicunya karena gaya hidup tidak sehat, pola makan miskin gizi, dan kurang gerak. Tips pencegahannya adalah dengan mengontrol berat badan, mengonsumsi makanan dan minuman tinggi kalsium, rutin berolahraga, menghindari diet ekstrim, dan banyak melakukan kegiatan di bawah sinar matahari terutama di pagi hari.

4. Diabetes Melitus
Ada dua macam tipe Diabetes Melitus (DM), yaitu DM tipe 1 dan DM tipe 2. DM tipe 1 disebabkan oleh gagalnya pankreas memproduksi insulin dalam kadar yang cukup (karena faktor keturunan). DM tipe 2 kebanyakan disebabkan oleh gaya hidup yang salah misalnya mengonsumsi terlalu banyak minuman bersoda, teh manis, kebiasaan ngemil, kurang beristirahat dan tidur, kurang gerak dan olahraga, stress berlebih, dan bisa juga disebabkan karena penggunaan pil kontrasepsi.
Jika Moms mengalami gejala-gejala seperti berat badan turun tanpa sebab jelas, sering buang air kecil, sering haus dan lapar, penglihatan melemah, mudah lelah, luka butuh waktu lama untuk sembuh, kaki sering mati rasa atau mengalami penggelapan warna kulit sebaiknya kita waspada. Bisa jadi ini merupakan tanda awal DM. Segera konsultasikan dengan dokter.

5. Kolesterol
Penyakit ini mengacu kepada tingginya lemak jenuh dalam darah. Resikonya, kita bisa terkena serangan jantung atau penyumbatan pembuluh darah koroner. Kebiasaan mengonsumsi makanan rendah serat dan tinggi lemak menjadi pemicu utama penyakit ini. Tanda-tanda kolesterol kita tinggi antara lain sering pegal, terutama di bahu dan tengkuk, mudah mengantuk, ataupun kaki bengkak. Rajin-rajinlah mengonsumsi tempe, ikan laut, apel, anggur,alpukat, dan wortel untuk pencegahan dini.
Nah itulah lima penyakit yang paling dekat dengan perempuan. Untuk menghindarinya, yuk budayakan hidup sehat ya, Moms!

Sumber foto: shutterstock

Leave a Reply