Manfaat Koperasi Simpan Pinjam yang Perlu Kita Pahami

Manfaat Koperasi Simpan Pinjam (1)

 

  

Halo Moms! Adakah yang masih familiar dengan istilah “Koperasi Simpan Pinjam”? Koperasi simpan pinjam merupakan solusi bagi masyarakat yang membutuhkan modal untuk membuka usaha atau menambah modal untuk usahanya. Namun, sebelum bisa meminjam di koperasi ini, seseorang sudah harus menjadi anggota resmi koperasi. Koperasi ini sendiri merupakan sebuah koperasi yang berdiri sendiri yang beranggotakan orang atau badan-badan yang telah bergabung menjadi anggota. Modal yang dimiliki koperasi sendiri berasal dari iuran anggota, pinjaman koperasi lain, atau sumber lain yang sah.

 

Koperasi Simpan Pinjam dan Manfaatnya

Pada dasarnya, koperasi  simpan pinjam memiliki sistem kerja yang telah diatur dan disepakati bersama. Inti dari sistem ini pada dasarnya adalah menghimpun dana serta menyalurkannya ke anggota lain sesuai mekanisme yang telah ditentukan. Proses pembagian bunga di koperasi ini adil karena disepakati dalam rapat anggota. Keuntungan dari menjadi anggota koperasi ini adalah, saat peminjaman dana tidak perlu menggunakan jaminan. Koperasi ini sendiri memiliki beberapa manfaat utama, antara lain:

Pertama, dapat menumbuhkan sikap jujur dan terbuka di antara anggota. Dalam pengelolaan koperasi, setiap anggota memiliki tugas dan kerja masing-masing.  Sikap jujur dan terbuka merupakan modal utama kegiatan ini. Selain itu, koperasi juga mengedepankan sikap kekeluargaan terhadap semua anggotanya. Tidak heran jika koperasi simpan pinjam selalu menekankan para anggotanya untuk selalu bersikap jujur, terbuka dan bertanggung jawab. Di koperasi ini tidak ada pembagian kelompok atau golongan tertentu, semuanya sama dan semuanya disetarakan di dalam koperasi agar rasa kekeluargaan dan kerjasama dalam kewajiban masing-masing tetap terjaga dengan baik.

Kedua, meningkatkan kesejahteraan sosial anggota. Dalam koperasi simpan pinjam, setiap anggota diperbolehkan meminjam dana untuk kegiatan perekonomiannya masing-masing misalnya untuk membuka usaha, menambah modal, dan lain sebagainya. Tentu semua itu telah memiliki prosedur yang sudah ditetapkan pada musyawarah anggota. Dengan kegiatan ini, setiap anggota akan mendapatkan manfaat yang bagus untuk meningkatkan usahanya sehingga taraf hidup mereka pun turut meningkat. Begitu pula dengan produktivitas koperasi, semakin produktif suatu koperasi maka kesejahteraan para anggota pun akan semakin meningkat. Hal ini dikarenakan adanya pembagian Sisa Hasil Usaha pada setiap akhir tahunnya.

 

gambar milik pracico.com

 

Nah, untuk mengetahui lebih banyak tentang koperasi simpan pinjam ini teman-teman bisa mengunjungi situs pracico.com. Pracico sendiri adalah suatu entitas bisnis yang berada pada naungan holding company Multi Inti Sarana Group. Perusahaan ini bergerak di bidang financial service dan salah satunya adalah koperasi. Selain bisa menjadi anggotanya, disini Mommies juga bisa berkonsultasi soal bisnis dan juga berapa kalkulasi dana yang sekiranya dibutuhkan untuk membangun dan mengembangkan bisnis yang kalian miliki.  Dengan demikian, hadirnya Pracico diharapkan bisa menjadi solusi permasalahan perekonomian masyarakat.

 

 

 

Hello, thank you for stopping by. I'm Bety, the one and only author of this blog. Find your most interesting story of mine and let's share!