Diet Pelangi, Cara Sehat Menciptakan Body Shaping ala Veggie Lovers

Diet Pelangi

Punya body shaping yang oke itu so pasti dambaan semua orang, apalagi kaum hawa macam saya ini. Karena itu, saya pun pernah mencoba bermacam gaya pola makan ala-ala artis atau personal trainer gitu. Tujuannya jelas, pingin terlihat langsing dan pastinya lebih sehat. Tapi, harus saya akui, sering kali niat menciptakan body shaping yang oke itu nggak berbanding lurus dengan kenyataan yang ada alias banyakan OMDO hahaha. *banyak temennya*

Saya pernah sok-sokan nyobain makan lebih banyak sayur dan mengurangi nasi. Yang ada bukannya tambah langsing tapi tambah ndundut. Soalnya, saya mah suka kasihan ama cemilan yang disia-siakan di meja makan. Jadilah, saya caplok aja daripada mubazir 😀

Apalagi abis liburan gini, duuuh BB langsung naik kelas deh. Tadi pagi pas nimbang, ulala jarumnya makin ke kanan, pemirsah! Huhuhu.. resolusi bertahun lalu untuk kurus kayaknya makin jauh aja. Wkwkwkwk..

Tapi, saya mah orangnya pantang menyerah. Meski dadang menghadang, saya akan terus berjuang. Kalau kemarin gagal, siapatau besok gagal lagi berhasil. Itu motto saya.

So, kemarin pas lagi berselancar kebetulan nemu beberapa bacaan tentang metode diet yang unik dan lucu, tapi sepertinya menarik dan nggak terlalu berat untuk dilakukan. Wow, what’s that?

 

Baca juga : Mulai Hidup Sehat Jelang 40 Tahun

 

DIET PELANGI

Lucu kan namanya? Ternyata nggak hanya kueh loh yang dikasih nama pelangi. Diet juga punya nama unik seperti ini. Dari referensi yang saya baca sih katanya diet yang satu ini nggak akan bikin kita mati kelaparan. Sebaliknya, badan kita justru makin segar karena menu yang ditawarkan sangat menarik. Nggak cuma tampilannya yang warna-warni bak pelangi, Moms. Khasiatnya pun sangat menarik dan cocok untuk kita-kita yang pengen punya tubuh sehat plus berat badan ideal.

Teknik menciptakan body shaping yang sehat ini disebut dengan diet pelangi karena menu makanannya sangat ramai, warna-warni seperti warna pelangi. Meski kebanyakan menu yang ditawarkan adalah sayur dan buah-buahan, namun jumlah kalorinya sangat cukup untuk memberimu energi seharian.

Ah, masa sih? Okey, let’s find it more!

Dalam melakukan diet pelangi, kita diwajibkan untuk menyantap aneka makanan yang colourful, yakni:

  1. Makanan Berwarna Biru, Ungu dan Merah Tua

    Diet Pelangi
    Buah Bit

Aneka makanan berwarna gelap ini mengandung banyak banget antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan hati sekaligus menjaga fungsi otak agar tetap maksimal lho. Selain itu, juga bagus banget untuk mengurangi risiko kanker, jantung dan stroke.

Jenis makanan dalam kelompok ini antara lain terong, keluarga berries, anggur dan plum. Untuk yang terakhir emang rasa susah dapetinnya ya di Indo. Untuk menyiasatinya kit bisa gantikan dengan sayur atau buah lokal dengan warna yang mirip. Misalnya saja buah bit atau buah naga. Mau lebih murah? Cobain sekali waktu belanjanya di pasar tradisional deh. Jangan ke supermarket muluk!

 

  1. Makanan Berwarna Kuning dan Oranye

Diet Pelangi
Wortel

Warna terang mencrang ini banyak kita temui di sekitar. Wortel dan jeruk adalah dua makanan paling terkenal dalam keluarga oranye ini. Ada bermacam jenis jeruk di pasaran, mulai yang kulitnya hijau sampai yang benar-benar oranye.

Kandungan alfa dan beta karoten yang tinggi di dalamnya adalah alasan di balik warnanya yang cerah. Selain itu, makanan berawarna oranye juga sarat dengan kandungan vitamin A yang baik untuk mata dan meningkatkan sistem imun serta antioksidan yang tinggi. Selain wortel dan jeruk, kita juga bisa mengonsumsi labu kuning, ubi, manga, pisang, atau aprikot.

 

Baca juga : Tips Makan Sayur dan Buah Lebih Banyak

 

  1. Makanan Berwarna Hijau

Diet Pelangi
Kale

Ini yang paling gampang deh kayaknya. Nggak susah, kan, menemukan makanan ini? Kita bisa mengambil aneka sayur mayur yang tersedia di pasar atau supermarket. Beberapa jenis sayuran wajib yang sebaiknya sering dikonsumsi adalah brokoli, kubis dan kale. Makanan berwarna hijau ini kaya akan kandungan endoles dan isithiocyanates yang ampuh untuk mencegah kanker dengan cara meningkatkan enzim pada tubuh. Selain itu juga memiliki kandungan vitamin A, kalsium, dan sebagian zat besi. Tapi ingat ya, brokoli harus direndam dulu dalam air garam sebelum dimasak. Gunanya adalah untuk mensterilkan dari ulat nakal yang suka ngendon di antara kuntumnya.

Selain itu, ada buanyak lagi sayur dan buah berwarna hijau. Seperti bayam, kangkung, daun singkong, daun pepaya, pare, kacang panjang, buncis, daun kacang, daun kelor, daun ubi dan lain sebagainya. Semuanya sangat baik dan bermanfaat untuk mendukung kesehatan.

 

  1. Makanan Berwarna Merah

Diet Pelangi
Tomat

Jambu air, semangka, tomat dan paprika adalah beberapa contoh makanan berwarna merah yang kaya akan lycopen. Zat ini ampuh melawan kanker prostat dan kanker payudara. Oya, ada juga stoberi dan apel juga bisa masuk dalam kategori ini.

 

  1. Makanan Berwarna Putih

Diet Pelangi
Kentang

Makanan jenis ini biasanya banyak mengandung antioksidan dan ampuh menstabilkan tekanan darah. Nggak hanya itu, Moms. Makanan berwarna putih juga mengandung vitamin B, potasium dan serat yang sangat dibutuhkan tubuh.

Contoh makanan jenis ini adalah bawang putih, lobak kembang kol, jamur, kentang, dan bawang bombay. Saya suka banget bikin cah atau tumisan pake bawang bombay ini. Aroma masakan jadi lebih yummy dan nikmat di lidah loh.

 

  1. Makanan Berwarna Cokelat

Diet Pelangi
Havermout

Makanan dengan warna ini memang agak jarang kita jumpai ya Moms. Tapi, sebenernya ada kok, seperti gandum, beras merah, havermout, dan beberapa jenis kacang seperti kacang kedelai atau kacang merah. Makanan ini mengandung vitamin B, E, zat besi dan protein.

 

Gimana, enak-enak kan jenis makanan dalam diet pelangi ini? Semuanya bisa kita jumpai dengan mudah di pasar atau warung sayur terdekat. Dengan menu diet seperti ini, rasanya menciptakan body shaping bakalan lebih mudah deh! *ngomong sama diri sendiri*

 

Sampai jumpa di tulisan lain ya Moms,

6 thoughts on “Diet Pelangi, Cara Sehat Menciptakan Body Shaping ala Veggie Lovers

Hello, thank you for stopping by. I'm Bety, the one and only author of this blog. Find your most interesting story of mine and let's share!