Mulai Hidup Sehat Jelang 40 Tahun

Apa kabar, Moms?

Nggak kerasa yah, tahun 2018 sudah hampir separuh terlewati. Mungkin masih ada yang ingat resolusi awal tahun kemarin? Hm, saya jadi ngambil cermin nih. Mencoba instrospeksi diri resolusi apa yang sedang saya jalankan atau justru belum tersentuh.

Well, ternyata ada satu poin resolusi yang menyentak saya, yakni ingin hidup lebih sehat dan manusiawi lagi. Loh, kok? Iya, dua tahun terakhir ini sejak saya jadi penulis, sering banget yang namanya begadang ditemani kopi. Alhasil, badan saya sering kali terasa lemas dan pastinya ngantuk di siang hari. Belum lagi kulit dan rambut yang makin terasa kurang sehat, kering dan pecah-pecah. Hiks …

So, sudah jadi tekad saya untuk menerapkan gaya hidup sehat dan lebih manusiawi tahun ini. Salah satunya adalah dengan lebih banyak bergerak, makan lebih banyak sayur dan buah, dan mengurangi kopi. Sebagai gantinya, saya mulai konsumsi minuman lain yang lebih sehat, seperti air putih, sari lemon dan yogurt. Eits, kenapa saya harus menambahkan yogurt sih? Sok gaya-gayaan yah? Biasa juga minum teh, kalik….

 

 

Lomba blog heavenly blush

 

 

Sebenarnya, nggak juga sih. Dari dulu, teh dan kopi tuh sebetulnya minuman yang nggak setiap hari saya konsumsi. Nah, kenapa saya pilih yogurt sebagai pengganti kopi dan teh? Karena oh karena … yogurt adalah salah satu super food yang nggak cuma yummy di mulut, tapi juga yummy di perut. Meski rasanya cenderung asem tapi yogurt bisa banget bikin perut terasa adem dan pencernaan lebih sehat pastinya.

Bicara soal manfaat yogurt, nggak perlu ragu lagi deh. Ada banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh dari seporsi yogurt. Berikut beberapa di antaranya:

1. Bikin tulang lebih kuat

Menjelang usia kepala 4 #uhukk# saya sering merasa cepat lelah. Selain itu, kalau kelamaan ngegendong Kevin, anak balita saya itu, pinggang rasanya mau copot. Bangun pagi terasa letih dan kurang segar. Nggak tahu apa ini hanya perasaan saya aja, tapi semenjak melahirkan dan menyusui anak kedua, saya merasa lebih cepat lelah. Gigi dan tulang juga mulai sering terasa nyeri. Nah, sejak saya rutin mengonsumsi yogurt, keluhan di gigi dan tulang mulai berkurang. Terbukti, kandungan kalsium di dalam yogurt sangat baik untuk kesehatan mamak-mamak seperti saya.

 

2. Membuat usus dan sistem pencernaan lebih sehat

Seperti kita tahu, di dalam yogurt terdapat kultur hidup dan aktif yang akan menjadi probiotik dalam saluran pencernaan. Hal ini berguna untuk melawan mikroorganisme berbahaya yang bisa menyebabkan berbagai penyakit. Seperti diare, kerusakan usus dan lain-lain.

 

3. Meningkatkan imunitas

Probiotik juga membuat imunitas tubuh meningkat. Selain itu, nutrisi penting seperti vitamin B5, B12, seng, kalium, yodium, fosfor dan riboflacvinnya juga sangat baik untuk tubuh. Vitamin B12 juga berperan untuk menjaga sel darah merah dan memastikan sistem saraf kita bekerja dengan baik.

 

Lomba blog heavenly blush
Yogurt favorit saya

 

4. Mencegah hipertensi

Kandungan kalium dalam yogurt membantu menurunkan tekanan darah. Sangat berguna untuk kita yang sering mengonsumsi aneka makanan yang tinggi garam.

 

5. Bikin kulit lebih sehat dan indah

Yogurt sangat dipercaya bermanfaat untuk membuat kulit lebih sehat. Asam laktat dalam yogurt berfungsi sebagai exfoliator yang membantu mengelupaskan sel-sel kulit mati. Kulit jadi lebih kencang dan cerah.

 

6. Membantu mengurangi berat badan

Nah … ini nih yang bikin saya makin rajin mengonsumsi yogurt. Menurut studi yang dilakukan oleh Journal of Obesity (2006), asupan kalsium dalam yogurt membantu tubuh untuk menggunakan deposit lemak dan mengubahnya menjadi kalori. Karena itu, sangat pas untuk mereka yang ingin lebih sehat dan langsing.

Agar program diet kita lebih efektif, memang harus diimbangi dengan olahraga secara rutin ya, Moms. Protein dalam yogurt menyuplai asam amino yang diperlukan tubuh untuk beregenerasi. Sedangkan karbohidrat bertugas mengganti energi yang hilang saat berolahraga. Waktu terbaik mengonsumsi yogurt ini adalah dalam satu jam setelah aktivitas fisik.

 

Oke, sekarang Mommies udah tahu kan manfaat apa saja dalam seporsi yogurt. Masalahnya, yogurt  seperti apa yang sebaiknya kita konsumsi ya? Di luaran sana kan buanyak banget jenis dan merek yogurt. Saking banyaknya, suka bikin pusing pala barbie. Mmmh, kalau saya sih lagi demen sama yang namanya Greek Yogurt. Aiish, apa lagi to ini? Tenang Moms, saya jelasin ya.

Ehem! Jadi Greek yogurt ini adalah varian yogurt yang diklaim memiliki kelebihan dibandingkan dengan yogurt lainnya. Kenapa?

 

 

Lomba blog heavenly blush

 

Kandungan karbo dan gula dalam Greek Yogurt lebih rendah daripada yogurt biasa. Nggak hanya itu loh. Kandungan proteinnya juga diketahui dua kali lebih tinggi ketimbang yogurt pada umumnya. Sst, ditambah potongan buah segar lebih yummy lho!

 

 

Nggak heran, Greek yogurt ini bisa bikin kita kenyang lebih lama. Cucok meyong sama niat hati untuk diet. Yekan?? #mataberbinarbinar#

 

Lalu, greek yogurt mana yang palling recommended? Well, kalau masalah ini saya akan tunjuk HEAVENLY BLUSH GREEK CLASSIC YOGURT. Selain rasanya yang endezz, harganya juga relatif ramah di kantong. Nggak nyampe 20 ribu rupiah, kita udah bisa nikmatin segudang manfaatnya.

 

Lomba blog heavenly blush
Habis jogging, seger banget minum Heavenly Blush Greek Yogurt

 

 

Seperti saya ini, sejak rutin mengonsumsi Heavenly Blush Greek Classic Yogurt, badan makin terasa enak, nggak cepat capek, kulit juga berasa lebih kencang terutama di bagian wajah. Dan, jatah nongkrong di kamar mandi pun jadi lebih rutin loh. Biasanya, saya bisa 2-3 hari baru BAB. Sekarang tiap pagi langsung lancar jaya. Hihihi…

Senengnya lagi, kali ini #HeavenlyBlushGreekSecret lagi ngadain kompetisi menarik, loh. Hadiahnya nggak tanggung-tangung: Free Trip ke Greek alias Yunani. Cukup tulis dan bagikan pengalaman hidup sehat kita bersama Heavenly Blush. Gampang kan?

Itu cerita saya tentang gaya hidup sehat yang saya terapkan jelang usia 40. Seperti kata orang “Life begins at forty”, saya pun makin siap memasuki usia emas itu dengan semangat. What about you, Moms?  

 

***

 

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Heavenly Blush.

23 thoughts on “Mulai Hidup Sehat Jelang 40 Tahun

  1. Salfok dengan rambut pendeknya yang bikin Mbak Bety makin fresh …..Cantiik!!
    .
    Yoghurt sejak lama memang bisa jadi pilihan sebagai minuman kesehatan dengan segudang manfaat..Seneng sekali baca ulasan ini. Jadi punya semangat untuk lebih sehat lagi

    • betykristianto says:

      Yummy! Apalagi ditambah potongan buah segar, dimakan pas panas-panas… wuiiihh meleleh deh. Hehe

    • betykristianto says:

      Yuk mba.. rajin konsumsi yoghurt pasti tambah sehat dan cantik 😊😊. Salam kenal juga mba Ipop!

  2. saya juga sering minum yogert mba, karena rasanya yang enak dan menyegarkan, selama ini yg saya tau ya bagus aja untuk tubuh, ternyata manfaatnya banyak ya haha

    membantu mengurangi berat badan, pantes iklan2 yogurt kebanyakan prempuan langsing, iya kan?

    • betykristianto says:

      Betul, Kak. Rasanya seger, manfaatnya manteb. Hehe. Btw makasih sudah berkunjung. Salam kenal!

  3. betykristianto says:

    Hehehehe.. makasih mba Dian. Yuk yuk, mulai gerakan hidup sehat. Biar tetep segar dan bugar 😀

Leave a Reply