Perbedaan Roller Bearing dan Ball Bearing – Temans… pernah nggak sih dengar istilah bearing? Buat genk emak-emak mungkin masih asing ya? Tapi nggak pa-pa kan kalau kita nambah wawasan biar makin pinter? Jaman now gini gak harus genk bapak-bapak yang mainannya agak ‘macho’ gitu. Ye kan?

Well… dalam keseharian, bearing ini lebih akrab disebut sebagai laher. Yakni sebuah elemen yang berfungsi untuk membatasi gerak antara dua komponen agar bergerak sesuai dengan arah yang diinginkan. Ada banyak sekali jenis bearing, namun yang paling sering ditemui adalah jenis roller bearing dan ball bearing. Keduanya memang menjadi elemen yang cukup penting pada sebuah mesin.

Pada pembahasan kali ini saya akan sedikit menjelaskan tentang perbedaan antara kedua jenis bearing tersebut. Secara umum, roller bearing mempunyai kontak berupa garis antara race way dan komponen gelinding, sedangkan ball bearing mempunyai kontak berupa titik. Keduanya memang mampu menahan beban dengan mudah. Namun, kecepatan untuk pengoperasiannya cenderung sedang bahkan rendah. Untuk lebih jelas, kuy simak  ulasan di bawah ini ya.

Perbedaan Roller Bearing dan Ball Bearing

Image source : logam-makmur.com

Perbedaan Roller Bearing dan Ball Bearing

  1. Roller Bearing

Pada umumnya, roller bearing akan memakai roll untuk dijadikan sebagai tumpuan. Bearing ini juga memiliki garis kontak antara rel dan rol. Roller bearing mampu menahan beban mulai dari sedang hingga berat. Hanya saja, kecepatan pengoperasiannya masih terbatas. Seperti namanya, roller bearing memiliki bentuk berupa silinder.

Baca juga : Cara Merawat Mobil Selama di Rumah Aja

Cara kerja bearing jenis ini adalah melakukan kontak antara bagian luar (outer race) dan bagian dalam (innerrace), dan bukan bertumpu pada sebuah titik, namun segaris sesuai dengan lebar dari roller. Dikarenakan titik tumpu lebih dari satu, maka kemampuan untuk menahan bebannya juga akan menjadi lebih besar.

Beberapa jenis roller bearing antara lain needle bearing, spherical roller bearing, roller thrust bearing, dan tapered roller bearing. Banyak, ya?

  1. Ball Bearing

Lalu, bagaimana dengan ball bearing? Ball bearing adalah sebuah bearing yang memakai bola baja dan diletakkan di kedua rel. Rel ini berfungsi sebagai jalan dan alur dari bola tersebut akan berputar. Tidak hanya dipakai di dunia otomotif, ball bearing juga kerap digunakan pada beberapa alat rumah tangga dan juga berbagai mesin sebagai elemen yang penting.

Cara kerja ball bearing cukup sederhana, namun memiliki gerak putar yang cenderung lebih efektif. Hal ini membuat ball bearing sering digunakan karena dapat mewakili beban tekan dari samping (thrust load) dan juga beban putar (radial load). Beberapa jenis dari ball bearing ini antara lain adalah deep groove ball bearing, angular contact ball bearing, thrust ball bearing, dan self-aligning ball bearing.

Mencari Roller Bearing dan Ball Bearing yang Tepat

Setelah mengetahui perbedaan antara roller bearing dan ball bearing, sekarang kita sudah lebih mudah mengenali berbagai jenis dari bearing, bukan? Jadi kalau suatu saat kita harus mencari bearing dengan kualitas yang terbaik, baik itu untuk kegiatan otomotif, mesin, atau alat-alat rumah tangga, nggak bingung lagi dong. Hanya saja perlu diingat untuk mencari penyedia bearing yang terpercaya.  Kenapa? Biar barang yang kita beli tuh kualitasnya oke punya. Jadi enggak nyesel gitu belinya.

Nah, salah satu penyedia bearing yang berkualitas adalah Logam Makmur. Logam Makmur merupakan perusahaan penyedia bearing dan lubricant yang oke punya kualitasnya. Buktinya, sudah banyak sekali brand yang menjadi klien Logam Makmur loh. Dengan harga yang relatif terjangkau dan tentu saja ramah di kantong, kita bisa mendapatkan bearing yang kita butuhkan, tentunya dengan kualitas yang baik. Mantab nggak tuh?

Oya temen-temen, perusahaan ini berlokasi di Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Nah buat kalian yang kebetulan ada di sekitaran ibukota, bisa banget ke tekape. Logam Makmur buka setiap hari Senin—Jumat pada pukul 08.30—16.30 WIB, dan hari Sabtu pukul 08.30—12.30 WIB. Sedangkan hari Minggu tutup. Catet ya jadwalnya, jangan sampai salah.

Trus kalau kalian pengen tahu informasi lebih lanjut mengenai produk dan layanan mereka, kuy, langsung aja kunjungi website resminya di www.logam-makmur.com ya.

 

%d bloggers like this: