POK TUNGGAL, SURGA TERSEMBUNYI DI TIMUR JOGJA

image

Jika kamu menyukai pantai, jangan lupa untuk memasukkan pantai-pantai indah di kawasan timur Jogjakarta. Ya, saat ini banyak pantai indah yang  baru “ditemukan”.  Ssstt, banyak yang bilang keindahannya bisa disejajarkan dengan pantai-pantai indah di Bali, loh!

Salah satu pantai yang pantas untuk didatangi adalah Pantai Pok Tunggal. Terletak di antara Pantai Pulang Sawal (atau lebih dikenal dengan sebutan Pantai Indrayanti) dan pantai Siung. Diberi nama Pok Tunggal, karena di sana terdapat salah satu pohon langka yang bernama Pok Tunggal. Pohon ini sangat dihormati oleh penduduk setempat. Tidak ada yang boleh memanjat pohon ini dengan alasan apapun. Pok Tunggal juga menjadi salah satu tempat terbaik untuk menikmati sunset. Ber-selfie ria dengan background pohon Pok tunggal pasti menjadi moment yang paling dicari oleh para selfiers.

image

Sunset di Pok Tunggal via sarangpenyamun.wordpress.com

Pantai berpasir putih yang terletak di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul ini, menawarkan garis pantai yang cukup landai sehingga cocok untuk dipakai sebagai wahana melakukan kegiatan outdoor. Saking enaknya, banyak wisatawan yang sengaja bermalam di pantai ini dengan menggelar tenda atau dome khusus. Selain itu, kita  bisa juga menyewa payung tenda yang banyak ditawarkan. Cukup mengganti biaya sewa Rp 20.000 saja , kita tak perlu khawatir kepanasan. Oya, di sisi barat dan timur pantai ini terdapat tebing-tebing karang yang menjulang tinggi. Indah sekali.

Selain pemandangan yang cukup eksotis, pantai ini menyimpan keunikan tersendiri yaitu adanya mata air tawar yang muncul dari aliran sungai bawah tanah. Sungai ini adalah salah satu ciri khas perbukitan karst yang kering, namun menyimpan jutaan kubik air tawar di dalamnya.  Air inilah yang dijadikan sebagai sumber air bersih bagi penduduk sekitar.

Akses menuju ke Pantai Pok Tunggal
Untuk mencapai pantai ini, memang dibutuhkan sedikit perjuangan.  Dari pusat Kota Jogja, pantai yang berjarak sekitar 70 km ini bisa dicapai dengan menggunakan kendaraan pribadi atau sewa. Lama perjalanan kira-kira dua jam. Namun bisa lebih lama jika kondisi jalan macet, terutama di saat liburan panjang. Akses jalan cukup mulus beraspal, hanya sekitar 1,5 km mendekati pantai jalanan masih tanah berbatu. Bagi yang memakai kendaraan kecil, sebaiknya berhati-hati agar tidak merusak bodi mobil.

Ada beberapa rute yang bisa ditempuh yaitu:
1.  Jogja- Piyungan – Patuk – Sambipitu – Gading -Logandeng -Siyono- Bundaran tugu BPD  – Jl. Kyai Legi –  Jl. Lingkar Selatan  – Jl. KRT Djojohadiningrat  – Jl. girisubo  Wonosari –  Jl. Saptosari –  Tepus  Pok Tunggal. 

2.  Jogja – Imogiri  – Panggang  – Jl. Saptosari – Tepus (arah Pantai Baron). Pertigaan sebelum Pantai Baron belok ke kiri dan ikuti jalan aspalan sampai di pos retribusi. Dari situ akan kelihatan papan petunjuk menuju ke arah Pantai Pok Tunggal.

3. Dari arah Solo  – Prambanan  – arah Wonosari  – Patuk – Sambipitu  – Hutan Bunder  – Gading  – Logandeng –  Siyono – Bundaran tugu BPD  – Jl. Kyai Legi  – Jl. Lingkar Selatan –  Jl. KRT Djojohadiningrat –  Jl. girisubo  Wonosari –  Jl. Saptosari –  Tepus  Pok Tunggal. 

Bagaimana, tertarik untuk mengeskplorasi pantai ini? Tak ada salahnya memasukkannya ke dalam daftar liburan akhir tahun nanti loh!

4 thoughts on “POK TUNGGAL, SURGA TERSEMBUNYI DI TIMUR JOGJA

Hello, thank you for stopping by. I'm Bety, the one and only author of this blog. Find your most interested story of mine and let's share!