Rahasia Kulit Wajah Mulus dan Cerah

Terkadang pas ketemu sama temen yang kulitnya mulus gitu, saya tuh suka jeles. Terlebih kalau kebetulan kondisi muka saya sendiri gak sehat. Paling sering tuh, kering, dan rasanya kencang gak enak gitu. Palagi pas cuaca nggak enakeun kayak sekarang. Panas, berangin, berdebu dan banyak kotoran yang kebawa ama angin nakal. Buat saya yang banyak berada di luar rumah, hal ini tentu saja bikin galau. Muka kusam, kotor dan terkesan kumal bikin saya jadi enggak PD.

Suami sih emang jarang komen soal penampilan istrinya. Mungkin dia males kena semprot hahaha. Enggak ding. Aslinya dia tu emang baik hati dan enggak sombong. Palingan kalau saya nanya, mukaku kusem ya Pih? Dia cuma bilang “Iya dikit. Tapi tetep cantik kok.” Jawaban aman sih, daripada jawab jujur trus dimanyunin. LOL

Ya namanya juga cewek, semua pasti pengen punya kulit wajah yang mulus, halus dan terlihat cerah. Tapi apa daya, buat emak-emak super rempong kayak saya gini, terkadang nggak punya cukup waktu dan tenaga buat urusan dandan. Luweh abot ngurusin nak-kanak dong ketimbang muka sendiri. Beda sama jaman muda dulu banyak nganggurnya.

 

Tips Agar Wajah Cerah
Source : Unsplash.com

Balada Emak Rempong

Pernah ada jamannya saya bener-bener nggak punya waktu ngurusin segala tetek bengek soal kecantikan ini. Sampe-sampe, koleksi kosmetik saya pada expired dan sekotak besar terpaksa dibuang. Hiks pengen nangis deh pokoknya. Untungnya masa-masa itu sudah berlalu. Sekarang udah mulai bisa ngerawat diri lagi meski belum maksimal.

Lha, emang emak-emak nggak bisa dandan ya?

Hm, agak sulit sih sebenernya ngejawab pertanyaan ini. Kembali lagi, semuanya tergantung masing-masing orang. Ada yang punya anak bayik, tapi tetep cantik dan segar. Eh ada juga mak-emak yang anaknya udah agak gedean masih aja kuleheuh alias kumel sepanjang hari. Ya, kalau saya sih positive thinking aja. Mungkin yang keliatan kumel itu emang banyak banget kerjaannya, gak punya ART dan harus ngerjain semuanya sendirian. Sedangkan ibu muda beranak bayi tadi punya banyak orang yang bisa bantuin dia ngejagain anak sekaligus ngurusin rumah. Ya, kan kita nggak tahu dapurnya orang lain.

Kayak saya dulu, punya anak bayi tanpa ART, sementara si kakak masih butuh perhatian dan juga diurusin ini itunya. Waktu 24 jam rasanya sangat kurang buat ngelakuin semuanya. Boro-boro dandan, kadang-kadang makan atau mandi juga dilakukan tanpa rasa. *halah bahasanya*

Ya gitulah pokoknya. Ibu-ibu yang no ART pasti tahu rasanya.

Jadi kalau liat buk ibuk yang keliatan kucel, jangan langsung dihakimi ya. Kali-kali dia butuh pencerahan, bukan gunjingan. *wisdom mode on*

 

 

Tips Wajah Cerah
Photo by Alexandru Zdrobău on Unsplash

 

Kuntji Agar Kulit Muka terlihat Cerah

Well, pengalaman pernah jadi itik buruk rupa, membuat saya sadar bahwa sesibuk apapun kita, tetep harus menyayangi diri sendiri. Termasuk urusan merawat wajah ini tadi. Malu juga ah, pas jalan bareng suami eh kok kitanya malah kayak ART yang ngintilin majikannya ngemol hahaha.

 

Setelah gugling sana-sini, ternyata saya temukan kunci untuk memiliki kulit wajah yang cerah yang sehat itu nggak sulit oh Moms. Kita cuma perlu telaten dan rajin merawatnya. Seperti ini:

Rutin Membersihkan Wajah

Siapa yang males urusan bersih-bersih wajah? Saya ngacung tinggi!

Yes, dulu saya males banget membuang sisa bedak dan make up lain yan nempel seharian. Apalagi pas Kevin masih bayi. Biasanya karena ngerasa nggak bedakan, saya paling cuma pakai facial foam aja trus tidur. Ternyata, hal itu nggak bagus juga untuk kulit yang seharian terpapar polusi dan debu.

Membersihkan wajah bisa membantu mencerahkan kulit. Dari sekian banyak pilihan produk pembersih, saya biasanya pilih yang labelnya brigthening atau whitening biar wajah terlihat lebih cerah.

 

Baca juga yuk : Tips Memilih Pembersih Wajah yang OK

 

Jangan Lupa Eksfoliasi Kulit

Eksfoliasi adalah proses pengangkatan sel-sel kulit mati pada permukaan wajah. Hal ini selain untuk menghaluskan, juga membuat kulit terlihat lebih cerah karena tumpukan sel kulit matinya terbuang.

Ada 2 jenis eksfoliasi kulit. Yang pertama eksfoliasi fisik, dan yang kedua dalah eksfoliasi kimia.

Eksfoliasi fisik bisa dilakukan salah satunya dengan cara scrubbing. Bahannya macem-macem. Mulai dari ampas kopi, teh sisa, dan bahan-bahan alami lainnya. Kalau pengen yang lebih modern, kita bisa pergi ke klinik perawatan wajah dan melakukan treatment seperti microdermabrasi.

Sedangkan eksfoliasi kimia bisa kita lakukan dengan cara mengaplikasi eksfoliator semisal serum atau eksfoliator toner. Tentang hasil, katanya sih cara kedua ini lebih tokcer.

 

Memakai Pelembab

Pelembap wajah punya peran penting menjaga kelembapan kulit. Apalagi kalau pelembapnya memiliki kandungan pencerah atau pemutih, maka efeknya akan lebih cetar di muka. Beberapa ahli kecantikan menyarankan untuk memakai juga serum dengan kandungan vit C agar kulit wajah lebih sehat dan cantik.

 

Maskeran

Banyak banget manfaat menggunakan masker wajah ini, di antaranya adalah membuat tone kulit wajah jadi setingkat lebih cerah dan terlihat sehat. Saya juga kebetulan udah beberapa bulan ini suka maskeran. Mulai yang model peel off, night mask, atau sheet mask. Dan bener loh, sejak rajin pake masker, muka saya nggak kusem lagi.

Tentang frekuensi pemakaian, cukup gunakan masker ini 2-3 kali seminggu. Nggak perlu lebai saban hari juga sih pake masker kan ya? Hehehe…

 

Mungkin kalian juga butuh yang ini : Kenali Jenis-jenis Masker Ini

 

Penggunakan Sunscreen

Udah tahu dong, efek sinar matahari tuh jahat banget bahkan lebih jahat dari mantan kamu yang ninggalin dulu. Salah satu dampak dari sinar UV adalah kulit kita terlihat kusam, kering dan nggak bercahaya. Karena itu, pemakaian sunscreen sebelum bermake up adalah salah satu pilihan cerdas menjaga kulit tetap sehat dan cerah.

 

Cukup Konsumsi Air Putih dan Sayur-Buah

Jumlah cairan yang masuk ke tubuh sangat mempengaruhi kesehatan, termasuk kondisi kelembapan kulit. Cukup minum air putih pastinya akan bikin tubuh enggak kekurangan cairan, sehingga tetap terjaga kelembapan dan kekenyalannya. Kulit yang sehat cenderung akan terlihat lebih cerah.

 

Hindari rokok, soda dan alkohol

Nggak cuma bikin tubuh nggak sehat, ketiga hal itu so pasti sangat bisa bikin kulit tampak kusam, kering dan nggak cantik. Rokok mengandung ribuan zat kimia jahat yang siap merusak sel-sel tubuh. Sedangkan soda sebenarnya nggak masuk kategori minuman karena justru bikin tubuh kehilangan lebih banyak cairan setelah kita mengonsumsinya. Selain itu, kandungan gulanya juga cukup tinggi. Kalau alkohol, tahu sendiri to bahayanya?

 

Terlepas dari gaya hidup dan apapun jenis perawatan yang kita lakukan, hal terpenting untuk menjaga penampilan terlihat segar dan sehat, tentunya berawal dari hati. Karena itu, penting bagi kita untuk menjaga kesehatan hati dan nurani. Caranya? Banyak-banyak bersyukur, ikhlas, dan enggak ngoyo. Berterima kasih untuk semua yang kita miliki dan enggak iri sama orang lain itu kuntji utama menjalani hidup yang bahagia. Kalau hati kita hepi, so pasti muka juga cerah ceria. Persis seperti muka kita pas terima gaji pertama gitu. #eh hahaha.

 

Salam Happy!

 

2 thoughts on “Rahasia Kulit Wajah Mulus dan Cerah

  1. hani says:

    Aku suka heran ama Mama² yg merokok depan anak²nya, bareng Papanya juga. Yg ada di kepalanya apa ya ortu kayak gini?
    Kalau minuman soda udah lama engga minum sih…

Hello, thank you for stopping by. I'm Bety, the one and only author of this blog. Find your most interesting story of mine and let's share!