Ingin Jadi Penulis Biografi Andal? Simak Dulu Tips Berikut Ini!

Menjadi penulis bisa jadi merupakan impian sebagian orang. Namun, mewujudkannya bukanlah perkara mudah. Sering kali, banyak (calon) penulis yang terlalu bersemangat tapi lupa membekali dirinya dengan ilmu dan kemampuan yang cukup. Atau, ada juga beberapa orang yang memiliki kemampuan tetapi bingung mau fokus menulis apa.

Sebenarnya, ada banyak jenis tulisan yang bisa dipilih oleh para penulis pemula loh. Sebut saja menulis artikel, feature, fiksi (bisa dalam bentuk puisi, cerpen, novelet dan novel), ataupun biografi. Nah, yang saya sebutkan terakhir ini cukup menarik, karena penulis membuat tulisan tentang kehidupan seseorang.

Seperti halnya menulis jenis tulisan yang lain, dalam membuat biografi juga dibutuhkan skill menulis dan imajinasi yang tinggi. Hal ini karena penulis harus mampu menuangkan pengalaman hidup seseorang ke dalam sebuah tulisan yang menarik dan mampu memberi inspirasi kepada pembaca nantinya.

Lalu apa saja sih, keununtungan atau benefit menulis biografi bagi seorang penulis? Berikut ini saya coba rangkum beberapa di antaranya ya.

1. Memperluas jaringan/koneksi
Umumnya, narasumber tulisan biografi ini adalah orang yang penting. Bisa jadi dia berasal dari kalangan artis, pejabat, atau tokoh penting dalam masyarakat. Hal ini tentu menjadi keuntungan yang sangat besar bagi penulis. Bukan tidak mungkin, dari satu klien yang puas, kita bisa memperoleh peluang menulis lagi lain waktu.

2. Mendapat pelajaran/nilai-nilai kehidupan yang baik
Mereka yang kisah hidupnya dibukukuan dalam sebuah biografi, tentu memiliki kisah hidup yang luar biasa. Kita bisa memeitk pelajaran berharga dari sana.

3. Mendapatkan penghargaan secara materi
Menulis biografi itu tidak mudah. Karena itu, fee atau jasa penulisan yang kita terima semestinya cukup besar.

4. Menambah portfolio
Pengalaman menulis biografi, tentu akan menjadi nilai tambah dalam portfolio kita. Hal ini akan sangat bermanfaat di masa depan kita di dunia kepenulisan.

Oke, itu tadi benefit yang kita dapatkan dari hasil menulis biografi. Teman-teman mungkin ada yang masih bingung bagaimana caranya mengawali karier sebagai penulis biografi? Tenang, Moms, di sini saya akan memberikan sedikit clue yang bisa dijadikan pertimbangan. Cekidot!

1. Tentukan target pembaca
Dengan mengetahui target pembaca, kita bisa menyesuaikan banyak hal. Misalnya saja gaya bahasa yang dipakai, narasumber yang tepat, atau bagaimana cara penuturan yang paling pas.

2. Tentukan media publikasinya, apakah buku cetak atau media online.
Menulis biografi dalam bentuk buku, tentu berbeda dengan tulisan yang dimuat dalam media online. Buku biasanya lebih banyak dan detail. Artinya, kita harus mengupas lebih banyak tentang kisah hidup narasumber. Sedangkan tulisan di media online biasanya lebih singkat, padat dan to the poin.

3. Cari narasumber yang paling sesuai
Setelah menentukan kedua hal di atas, kita harus menemukan narasumber yang tepat. Meski demikian, bisa saja poin ketiga ini justru menjadi poin pertama yang harus kita kerjakan, terutama jika kita mendapatkan tawaran menulis biografi seorang tokoh penting. kalau kasusnya seperti ini, kita harus bisa bertindak fleksibel ya Mommies.

4. Lakukan riset yang mendalam tentang narasumber
Untuk menghasilkan tulisan biografi yang lengkap dan enak dibaca, kita harus melakukan riset yang mendalam tentang kisah hidup narasumber. Untuk itu, jangan segan melakukan riset, baik secara online, studi literatur, ataupun wawancara langsung. Sehingga, data yang kita peroleh itu valid.

5. Pelajari teknik pengumpulan data yang paling sesuai
Seperti sudah saya sebutkan di atas, untuk mendapatkan informasi yang lengkap tentang narasumber, kita bisa melakukan studi literatur, browsing internet, dan interview. Biasanya, cara ketiga ini paling sering dilakukan.

6. Jangan ragu untuk bertukar pikiran
Agar tulisan kita top, jangan ragu untuk bertukar pikiran dengan narasumber. Selain itu, kita juga bisa meminta pendapat dari mentor atau rekan seprofesi yang dapat diandalkan. Mau tambah cihui lagi nulisnya? Gabunglah dengan komunitas penulis yang bisa membimbing kita menjadi penulis profesional yang diburu klien. Seperti Indscript Writing ini, misalnya. Di bawah naungan Indscript Creative pimpinan Indari Mastuti, kita bisa belajar banyak tentang seluk beluk menulis, termasuk menulis biografi.

Gimana, udah nggak bingung lagi kan gimana caranya jadi penulis biografi, Moms? Yuk, segera action!

#WritingChallenge#IndscriptCreative#IndscriptWriting#Indblack

4 thoughts on “Ingin Jadi Penulis Biografi Andal? Simak Dulu Tips Berikut Ini!

  1. Pingback: Seberapa Pentingkah Perempuan Berkomunitas? – Cerita Kataku

Hello, thank you for stopping by. I'm Bety, the one and only author of this blog. Find your most interested story of mine and let's share!