Cara Menarik Dana yang Tertahan di PayPal – Buat kalian yang udah familier dengan dunia digital, pastinya nggak asing lagi sama yang namanya PayPal. Ye kan? Well, paypal adalah sistem pembayaran secara elektronik yang mengantikan transaksi konvensional yang telah ada, seperti cek dan transfer uang. Dalam laman resminya, PayPal menyebutkan bahwa dengan memiliki akun di sana, penggunanya seolah telah memiliki rekening online yang bisa dipakai untuk membeli produk, dan menerima dana dari orang lain melalui akun PayPal ataupun kartu kredit.

Nah, sekarang ada nggak yang masih belum punya akun di PayPal? Apa?? Ada? Hihihi… tenang aja, bikinnya gampang banget kok. Nggak perlu ke mana-mana, cukup pergunakan gawai kita dan dalam hitungan menit akun PayPal kita sudah ready. Kalau masih bingung, sok atuh melipir ke POSTINGAN INI. Saya udah nulisin lengkap di sana.

Sebenernya, menggunakan PayPal ini sangat mudah kok, terutama buat kita yang cuma pake buat nerima dana. Kayak saya gitu deh. Nggak perlu ngapa-ngapain kok, kita hanya memberikan nama akun PayPal kita sama klien atau rekanan yang akan mengirimkan dana, dan dalam hitungan menit dana tersebut akan masuk ke akun kita. Udah gitu, kita tinggal tautkan data bank ke akun PayPal kita. Done! Yes, semudah itu, Marimar! Semua udah dibikin simpel sama PayPal, kok. Kalau dulu kita butuh masukin data CC, sekarang mah bisa pake rekening tabungan.

Naaah… yang jadi masalah itu adalah ketika ternyata, duit yang udah masuk ke akun PayPal kita itu nggak bisa ditarik alias ditahan sama pihak PayPal dengan beberapa alasan. Seperti yang saya alami beberapa waktu yang lalu huhuhu… udahmah dananya nggak banyak-banyak amat, eh harus nunggu 3 minggu untuk akunnya di-review dan dana bisa dicairkan. Kan nyesek, itu.

Sebelum membahas cara menarik dana yang tertahan di PayPal, kita harus tahu alasan mengapa dana itu di tahan.

Jadi gini manteman, ada beberapa hal yang biasanya menyebabkan dana di akun PayPal kita tuh ditahan. Di antaranya adalah :

  1. Akun kita masih baru
  2. Rekening kita sudah lama nggak aktif
  3. Pembayaran yang kita terima mungkin dianggap tidak seperti biasanya
  4. PayPal menemukan perubahan harga yang tak biasa pada traksaksi kita
  5. PayPal mencurigai kita menjual barang yang berpotensi membuat pembeli kecewa/tidak puas

Nah, dari sekian banyak alasan yang mungkin menjadi penyebab dana kita ditahan oleh PayPal, poin 1 menjadi alasan terbanyak yang selama ini terjadi. Persis seperti yang saya alami beberapa waktu yang lalu.

Sebagai pengguna baru PayPal, waktu itu saya memang belum pernah menggunakan fasilitas apapun dari mereka. Ya iyalaaa. Wong baru aja ndaftar kok hihihihi. Jadi, poin pertama ini emang saya sadari betul. Tadinya saya malas ngurusin perintilan ini itu. So, relain aja deh 21 hari menunggu review dari pihak PayPal. #horangkayaah#

Tapi.. setelah tanya sana-sini, ternyata ada temen yang kasih tahu kalau kita tuh bisa kok ngajuin permohonan percepatan pencairan dana ke PayPal. Oke, saya coba dong.

Lalu gimana cara menarik dana yang tertahan di PayPal tadi?

First of all, yang saya lakukan yaitu nge-chat temen yang pernah punya pengalaman sama hihihi… Tapi setelah saya melakukan apa yang teman saya lakukan itu, ternyata (lagi) PayPal udah memperbarui mekanisme komplainnya. Waduuh… makin bingung dong saya hahaha. Yawes, akhirnya mencoba menelusuri satu persatu gimana sih cara menarik dana yang tertahan di PayPal.

1. Masuk ke akun PayPal kita, dengan cara mengakses website www.paypal.com

2. Klik bagian Aktivitas, lalu sorot di bagian Saldo Rekening. Di situ akan tertera jumlah dana yang ditahan di PayPal.

 

3. Klik tombol “get your money sooner” atau “dapatkan dana lebih cepat”. Setelah itu kita akan dibawa ke menu Rekening. Di bagian ini, akan muncul screen seperti di bawah ini.

Cara Menarik Dana yang Tertahan di PayPal

4. Klik tombol “Perincian” di bagian tengah bawah. Lalu akan tampil screen di bawah ini.

Cara Menarik Dana yang Tertahan di PayPal 

5. Klik tombol “Get your money sooner” lagi dan kita akan dibawa ke screen bertuliskan “Dapatkan Dana Anda”. Nah di sini ada 2 pilihan yakni Produk dan Layanan atau produk virtual. Kalau temen-temen menjal barang silakan klik tombol atas. Nah kalau saya kebetulan waktu itu jualan produk virtual, yaitu tulisan. Jadi saya klik tombol di bawah.

Cara Menarik Dana yang Tertahan di PayPal

6. Di menu “Tambahkan informasi pelacakan” silakan update status pesanan. Kalau emang barang sudah dikirm klik sudah dikirim. Dan untuk produk virtual, kita contreng kotak kecil di bawahnya, yang tulisannya “Informasi pelacakan tidak dibutuhkan” dan klik kirim.

cara menarik dana yang tertahan di Paypal

 

7. Di bagian Konfirmasikan status pesanan, klik status pesanan “Selesai” dan masukkan tanggal penuntasan layanan dan klik kirim.

Cara Menarik Dana yang Tertahan di PayPal

8. Setelah semua proses ini kita lakukan, kita akan dibawa kembali pada screen “Aktivitas” dan akan tertulis informasi di sana yang intinya menyebutkan bahwa kita telah berhasil memperbarui status pesanan, dan dana kita akan tersedia dalam waktu 3-7 hari ke depan.

cara menarik dana yang tertahan di Paypal

Dan beneran lho, setelah melakukan semua cara menarik dana yang tertahan di PayPal ini, nggak sampai 3 hari dana saya langsung masuk ke saldo aktif yang bisa ditarik. Yuhuu.. senangnya !

Tapii… perjuangan belum berakhir, Fergusso! Setelah dana masuk ke rekening PayPal, saya masih belum bisa nyairin deh, soalnya ada masalah lain.. huaaaa!!! Kira-kira masalah apa ya itu? Kuy, kepoin postingan setelah ini yaaa…

 

Salam kepo!