Pesan Nasi Kebuli, Andalan Saya untuk Menu Kambing Anti Gagal

Catering nasi kebuli Jakarta

“Mam, pesan nasi kebuli kayak kemarin ya,” ujar suami tempo hari. Dia memang hafal kalo saya paling nggak bisa masak menu yang satu itu.  Bukan apa-apa sih, saya tu nggak tahan ama bau amisnya daging pas masih mentah. Tapi suka kalau udah mateng dan tinggal hap saja. Hahaha.. adakah temen-temen yang sama kayak saya?

Beberapa kali saya coba masak sendiri menu daging kambing ini, dan tet tot!! Hasilnya gatot alias gagal total. Alih-alih matang sempurna, yang ada rasa makanan yang saya masak amburadul deh. Udah gitu saya malah nggak doyan makan karena udah eneg duluan ama bau daging mentahnya plus bumbu-bumbu yang dipake. Agak dilema sih pas masaknya ini. Bumbu rempah kan tadinya bertujuan untuk melawan bau amis si daging kan yak. Tapi, di hidung saya malah bikin mual dan eneg yang enggak abis-abis selama berhari-hari. Sooo… mendingan belik aja.

Enaknya nih kalau beli menu daging kambing yang udah mateng, selain nggak harus bergulat sama amisnya daging atau enegnya bau rempah yang super kuat itu, saya juga nggak mesti berkutat di dapur berjam-jam. Soal rasa kan tinggal cari aja mana yang paling cocok di lidah.

Selain steak sapi dan sate kambing muda, nasi kebuli adalah menu daging favorit saya. Rasanya yang gurih dan khas banget. Awalnya, saya pikir nasi kebuli ini adalah makanan khas dari Arab loh. Soalnya kan rata-rata resto yang jual itu adalah resto khas Timteng gitu. Eh pas iseng gugling, ternyata hal ini nggak sepenuhnya bener.

 

Catering nasi kebuli Jakarta
Gambar milik fimela.com

 

Apa sih nasi kebuli?

Menurut wikipedia, nasi kebuli adalah salah satu menu makanan yang dipopulerkan oleh warga keturunan Arab yang menetap di Indonesia. Jadi bukan bener-bener dibawa dari tanah leluhurnya gitu Moms. Nasi ini dimasak dengan bersama kaldu daging kambing, susu kambing, minyak samin dan kadang ditaburi kismis atau irisan kurma di atasnya. Oya, ada juga daging kambing goreng sebagai toppingnya. Selain  di kalangan warga keturunan Arab, nasi kebuli juga akrab di budaya Betawi. Menu ini bahkan sering nongol di acara-acara penting. Misalnya Idul Fitri, Idul Adha, ataupun Maulid Nabi.

Seperti kebanyakan olahan daging kambing lainnya, memasak nasi kebuli tuh nggak gampang Moms. Ada proses memasak yang cukup panjang dan melelahkan. Mulai dari nyediain bumbu rempahnya yang super banyak, susu kambing (bisa diganti santal kental sih), beras pulen dan pastinya waktu memasak yang cukup lama. Duuh, saya langsung mules deh ngebayangin prosesnya hahaha. Ya gini ini mau makannya, gak mau ribetnya.   

 

Tips membuat nasi kebuli

Untuk Mommies yang mau coba bikin sendiri, ada beberapa tips yang recommended biar nasi kebuli home made ini nikmat.

Pertama, pilih beras berkualitas tinggi seperti Rojo Lele yang teksturnya pulen dan aromanya harum.

Kedua, perhatikan takaran bumbu rempah yang pas pada resep yang dipakai. Mengingat rempah yang dipakai dalam resep nasi kebuli ini cukup banyak, pastikan supaya enggak ada yanb terlewat ya Moms. Biar cita rasanya bener-bener nendang.

Ketiga, gunakan minyak samin, yaitu minyak yang berasal dari lemak hewan. Minyak ini hampir selalu ada dalam resep-resep makanan Timur Tengah. Kita bisa mendapatkannya di supermarket atau toko online.

Keempat, rebus daging kambing sebelum dicampurkan dengan bumbu. Hal ini supaya daging benar-benar empuk dan nikmat. Oya kita juga harus membuang kotoran busa yang muncul saat proses perebusan ini, agar mengurangi aroma amis dagingnya.

Kelima, masak beras dengan campuran bumbu halus dan air kaldu daging. Jangan menumis bumbu lalu baru memasukkan berasnya ya. Nanti gosong. Teknik yang benar adalah merebus semua bumbu bersama beras di atas api kecil hingga benar-benar meresap (sekitar 20 menit) hingga beras menjadi nasi aron. Setelah itu baru dikukus hingga matang.

Tu kan ribet? Ya udah fix,  pesan nasi kebuli yang endess aj a deh. Tinggal sret sret, order dan cuss disambi ngedrakor tau-tau pesenan dateng deh. Moms hepi, keluarga pun hepi.

Buat temen-temen yang tinggal di sekitaran Jabodetabek, cobain deh order nasi kebuli ke Royal Snack Box. Ssst, ada free ongkirnya loh. Udah mah datengnya on time, pelayanannya murah, tastenya juga top. Eh, buat yang pengen nasi kebuli ayam ada juga loh. Buruan yah, buktiin sendiri!

 

Catering nasi kebuli Jakarta
Sumber gambar : Royal Snack Box

Royal Snack Box

Jln. Merak 3 No. 52 Kompleks Inkopol Jakasampurna Bekasi Barat

Telepon / Whatsapp : 081290432012

Email : order@royalsnackbox.com

 

7 thoughts on “Pesan Nasi Kebuli, Andalan Saya untuk Menu Kambing Anti Gagal

  1. Haeriah Syamsuddin says:

    Asyik, ada temannya. Saya juga lebih suka makan ketimbang masak. Abis, kalau masak kayaknya ada aja yang kurang padahal udah berusaha menyesuaikan dengan resep. Btw, Royal Snack Box-nya menjangkau daerah mana saja? Siapa tahu nyampe Malaysia, hehehe.

  2. Dian Restu Agustina says:

    Kalau tinggal pesan aku juga mauuu..enak bener nih kalau ada yang praktis begini. Kadang bingung kalau ada arisan atau reuno keluarga pengin menu kebuli tapi pesen dimana yang enak yaa.
    Coba Royal Snack Box aja deh kalau gitu nanti

  3. Qoty Intan Zulnida says:

    Wah Mbok sehati kita. Saya juga suka nasi kebuli tapi kalo untuk masaknya,,, oh Nooo, ribet soalnya. karena keseringan gagalnya daripada suksesnya. hehehe enak tinggal makan aja. gak perlu repot belanja bahan, masak dan tetek bengek lainnya. kalo pesen kan praktis dan hemat waktu.

  4. hani says:

    Aku juga paling suka tuh nasi kebuli. Belum pernah nyoba masak sih. Kayaknya berasnya panjang gitu. Takut salah (alesan). Wkwkwk…
    Kalo beli juga porsinya banyak, bisa sepiring berdua. Asyiiik…

Hello, thank you for stopping by. I'm Bety, the one and only author of this blog. Find your most interesting story of mine and let's share!