Begini Caranya Compressing Gambar Agar Tampilan Blogmu Makin Kece

cara compressing gambar dengan tinypng.com

Hola halo!!

Adakah teman-teman yang sering galau gegara kuota blog cepet penuh? Atau ada yang suka kezel abes karena blognya lola alias loadingnya lama? Bisa jadi hal itu karena file yang kita simpen tuh gede-gede jadinya berat.

Dulu, saya nggak ngerti masalah beginian, genks. Taunya cuma nulis, cari gambar pendukung, upload di blog dan tada… selesai! Giliran baru 3 bulan ngeblog lha kok dapet peringatan dari web hosting katanya kuota paket saya hampir abis. Dududu… baru deh bingo eh bingung. Yakalik, saya kirain ngeblog di TLD itu kayak di platform yang gratisan, di mana storage nebeng ke si empunya hostnya hahaha. #bloggerkatrok

Setelah insiden itu, barulah saya nyari info gimana caranya bikin ngeblog tetep hepi tanpa takut kuota paket cepet abis. Salah satunya ya dengan compressing gambar.

Emang sih, nggak cuma file gambar yang ukurannya gede yang bikin blog cepet lelah dan ujung-ujungnya lola. Template yang kita pakai juga tentunya sangat nentuin seberapa cepat laman kita tercinta itu bisa diakses. Cuman, saya lagi nggak pengen ngebahas soal template. Sebagai gantinya, saya akan cerita dikit tentang cara compressing gambar menggunakan tinypng.com.

Apa itu tinypng.com?

Jadi Genks, tinypng.com itu adalah web yang nyediain fitur meng-compress foto atau gambar tanpa menurunkan kualitas foto yang bersangkutan. Jadi kita nggak perlu khawatir gambar jadi pecah meskipun ukurannya jadi super mini dibandingkan file aslinya ya.

 

Compressing gambar beda sama rezise.
Kalau rezise biasanya akan berdampak pada ukuran (resolusi) gambar yang kita inginkan.
Hal ini akan langsung keliatan secara kasat mata.
Karena gambar yang direzise itu kalo dizoom jadi pecah-pecah. 
Tapi bukan hati saya yang pecah ya.
Kalau compressing gambar, yang kita lakukan bukan mengubah
ukuran gambar secara kasat mata,
tetapi mengurangi “kepadatan” gambar tanpa mengubah tampilan visualnya. 
Jadi, meski ukurannya jauh lebih ringan, tapi kualitas gambarnya tetep on.
Mantul kan?


 

Sebenernya ada beberapa tools yang bisa dipakai untuk compressing gambar. Tapi entah kenapa saya jatuh cinta sama tinypng.com ini. Kenapa? Pakenya gampang, cepet diakses dari semua device, dan hasilnya kece.

Baca juga : Kisahku Sebagai Narablog di Era Digital

 

Cara Compress Gambar dengan tinypng.com

Langkah-langkah meng-compress gambar adalah sebagai berikut:

1. Masuk ke situs tinypng.com

 

2. Klik tanda panah yang ada dalam kotak (ikuti petunjuk yang ada), lalu pilih gambar yang akan dicompress. Kalau kita mengakses situs ini dari PC atau laptop, kita bisa memasukkan beberapa gambar sekaligus. Tapi kalau memakai tablet atau handphone, biasanya harus satu persatu ya.

cara compressing gambar dengan tinypng.com

Setelah gambar yang kita inginkan terupload, situs akan segera memprosesnya. Nanti akan ada tulisan “compressing”, nah kita tunggu aja sampe proses ini selesai.

 

3. Setelah itu akan muncul tombol “finished” yang menandakan proses sudah selesai.

cara compressing gambar dengan tinypng.com
Ini tampilan untuk download gambar satu persatu

 

 

cara compressing gambar dengan tinypng.com
Ini tampilan untuk download beberapa gambar sekaligus

 

Kita tinggal download deh gambar yang tadi udah dicompress, lalu simpan di folder yang diinginkan. Oya, kita bisa download satu persatu gambar yang sudah dicompress, bisa juga langsung “download all” biar ringkes. Cuma, pilihan kedua ini akan membuat gambar tersimpan dalam bentuk file .zip yang nanti harus diextract lagi saat mau membuka dan menyimpan. Kalau saya, lebih suka pake cara kedua ini. Soalnya gambar akan otomatis jadi satu dalam sebuah folder. Nggak perlu repot download atu-atu, nanti capek akutu.  Setelah gambar tersimpan, langsung deh diupload ke blog dan… posting! Simpel kan?

Perhatikan ya, ukuran gambar sebelum dan sesudah dicompress. Juauuuh kan bedanya? Bisa sampe 80% lebih kecil loh, dan itu tanpa ngurangin kualitas gambar sama sekali.

 

Baca juga ya: Manfaat Ngeblog 

 

Nah, itu tadi cara mudah dan cepat meng-compress gambar biar blog kita nggak cepet penuh dan lola. Dengan begitu, blog akan lebih responsif dan pengunjung pun hepi. Yippii!!!

Yuk, segera praktek dan siap-siap hepi liat blog kesayangan makin kece!

Salam cinta

 

 

Hello, thank you for stopping by. I'm Bety, the one and only author of this blog. Find your most interesting story of mine and let's share!