Buat makemak rempong yang masih harus bawa-bawa balita saat wisata itu… nyari tempat yang adem dan kids friendly itu adalah sebuah  keharusan. Nggak mau banget dong, bocil jadi rewel gegara kefanasan dan keringetan?

Yang namanya balita tuh, disuruh anteng paling nggak mau. Apalagi duduk tenang kayak patung, wohoho… itu mah hanya akan kejadian kalok doi ngantuk berat, nggak enak badan atau.. ngorok di strollernya.

Salah satu tempat wisata yang suka kami kunjungi adalah wahana-wahana alam. Senengnya, sekarang kan banyak banget tempat ngehits yang adem. Seperti Orchid Forest Cikole ini.

Lokasi

Berlokasi di Lembang, Orchid Forest Cikole pastinya super sejuk (kalau saya bilang mah duingin hehe). Pas banget untuk aktivitas hiking dan tracking. Akses jalannya dari Bandung juga gampang. Paling mudah, kita naik lewat Jl. Setiabudi lalu terus ke arah Jl. Raya Lembang. Cumaa… itu tuh jalur macet, jadi siap-siap aja deh bermacet ria. Waktu ke sana kemarin, kami pas liburan Natal. Jadi emang kerasa banget macetnya.

Berangkat dari Bandung jam 1 siang, kami sampai di tujuan sekitar setengah 5 sore. Itu sudah termasuk berhenti makan siang dulu di Saung Pengkolan selama kurleb 1 jam. So, total waktu tempuh sekitar 2,5 jam lah ya. Makan di resto ini cukup nikmat, udara sejuk dan tempat makannya bikin nyaman pengunjung. Untuk riviunya ditunggu ya. Soon lah pastinya.

Sebenernya kami nginap di Jayagiri Guest House, yang lokasinya di bawah Orchid Forest. Tapi dengan pertimbangan bakalan kemaleman kalau check in dulu, akhirnya kami lanjut aja langsung cuss ke Orchid Forest. Wahana alam ini mirip-mirip Puncak Becici yang ada di Jogja ya. Cuma bedanya di sini lebih dingin aja cuacanya.

Orchid forest Cikole Lembang Bety Kristianto

Jalan masuknya ini yang awalnya bikin saya under estimate.

Sekitar jam 5 kurang dikit mobil kami memasuki area perhutani yang jadi lokasi Orchid Forest ini. Awalnya saya sempet under estimate sama wahana ini loh. Soalnya dari luar tuh kayak nggak banget deh. Yang namanya wisata alam ya gitu lah.. kotor di sana sini, trus ada beberapa bedeng yang dari jauh kelihatan kumuh. Tapi pas udah masuk ternyata bagus kok wkwkwk. *maafkeuun*

Jadi pemirsah, pertama kali kita dateng itu ternyata adalah pintu keluar alias tempat selesainya perjalanan. Pintu masuk dan pembelian tiketnya ada di atas, sekitar 1 km dari pintu keluar tadi. Tadinya saya pikir, bakalan capek banget deh balik ke parkirannya. Secara, mendaki gitu huhuhu…

Daan… saya salah lagi hahaha. Ternyata ada angkot (disebutnya shuttle bus :D) yang akan anter kita naik kembali ke area parkir mobil. Enak kan.

Parkiran cukup luas

Peta area

Di sekitar area parkir, ada banyak penjual souvenir dan makanan kecil. Oya, saran saya kalau mau masuk, pastiin kita bawa minum yang cukup ya. Soalnya di dalem nggak ada yang jual. Eh ada ding, tapi harus masuk ke resto dan pastinya harganya cukup lumayan. Jadi, saya pun beli 1 botol air mineral. Untungnya udara dingin cukup membantu bikin nggak terlalu haus.

Foto sebelum masuk

Harga Tiket

Di gerbang masuk, kita harus beli tiket per orang 35 ribu saja. Anak-anak di atas 2 tahun dikenakan biaya penuh yes. Oya, sebelum beli tiket,kita bisa popotoan dulu kayak saya. Sayang, pas ke sana kemarin pas buanyaaak banget yang dateng. Jadi, potonya kagak bisa eksklusif.

Tempat pembelian tiket masuk

FYI, harga tiket tidak termasuk wahana jembatan tali/gantung ya.. nanti kita harus beli tiket lagi seharga 20 ribu per orang. Kevin nggak disuruh bayar, alasannya masih kecil. Jadi kami hanya beli 3 tiket saja.

Wahana

Jalan setapak di mana-mana

Di Orchid Forest Cikole ini, aktivitas utama ya jalan kaki. Menikmati keindahan alam sama hawa sejuk yang bikin males pulang. Meski buka dari jam 9 pagi, saran saya mendingan ke sininya menjelang magrib. Soalnya ada banyak lampu cantik yang dipasang di sana-sini. Bikin pepohonan pinus makin cantik dan eksotis.

Di sini so pasti ada buanyak spot instagramable yang bisa dimanfaatkan untuk popotoan. Mau selfie, wefie, motoin alam, apa aja deh.. bebaskeun! Cumaa ya itu, sebaiknya sih banyakin doa. Biar pengunjung lainnya pada behave dan mau ngantre dengan sabar hahaha. Soalnya, sempet kesel juga sih, pas udah asik nyari angle mau cekrek eh.. ada aja yang tetiba slonong boy aja. Berdiri pas di frame yang bagus huhuhuh… jadi pengen nampol deh.

To be honest, di sini tuh emang cihui banget buat popotoan Gaes… Apalagi buat para banci kamera macam saya ini. Rasanya semuaaaa poto mau tak upload di sini tapi takutnya kalian pada eneg liatnya. ini aja udah dipilihin yang paling bersih dan layak tayang loh, Yang nggak ditayangin ada ratusan ngahahaha,,,, *dilemparbakiak*

Orchid forest Cikole Lembang Bety Kristianto

Jadi, plis plis.. note ya traveller! Boleh banget kita berpoto ria pas jalan-jalan gini. Tapi pastiin kita juga mau berbagi momen dengan pengunjung lainnya. Biar sama-sama seneng gitu. Kan hepi to, kalau hasil potonya bagus, sepi, cantik gituh. Nggak tiba-tiba ada muka unkown masuk ke frem *hadezzikk*

Saya cukup terhibur saat jalan ke sini. Pasalnya, selama liburan Kevin lengket sama papinya. Jadi, saya bebas popotoan ama si Mbarep yang emang hobi moto ama ngevlog. Yipiieee. Tungguin yes, pidio kami di Yutup. Oya, Kevin juga kuat loh jalan selama hampir 2 jam. Dia hanya digendong pas jalan di atas jembatan gantung. Itupun nggak lama. Hanya pas di tempat-tempat yang rada bikin oleng gitu.

Ada satu spot yang saya suka banget, yaitu di atas pohon. Tingginya sekitar 3 atau 4 meter gitu. Dari sini kita bisa lihat pemandangan indah di bawah sana. Meski begitu, tampang saya tetep aja keliatan rada sieun kituh nyak hahaha.

Kesalip tingginya ama si Kakak 😂😂

Pas lagi enak-enak jalan, dari jauh saya lihat ada pengunjung yang duduk dengan asiknya di atas bantal warna-warni. Langsung aja deh, saya mau nyamperin. Mayan kan, bisa poto cantik gitu. Ehh.. lhadalah, ternyata itu masuk area resto yang mana kita harus masuk, order dan bayar. Yowes, cepet-cepet ngibrit deh wkwkwk… simbok kan maunya gretongan ajeh..

Jangan ge er ya, untuk bisa duduk di situ harus jajan dulu 😁

Rabbit Forest

Orchid forest Cikole Lembang Bety Kristianto

Seperti kebanyakan tempat wisata di Lembang, di Orchid Forest ini juga ada rumah kelinci. Enaknya, di sini nggak perlu bayar tiket masuk lagi loh. Kita hanya perlu beli makanan untuk kelinci kalau emang niat pengen kasih makan. Kalau nggak salah, seikat kecil gitu harganya 8 ribu rupiah. Saya sama anak-anak nggak pengen kasih makan kelinci, jadinya cuma main sama hewan lucu nan gendut itu, poto-poto lalu cuss jalan lagi.

Di sini ada beberapa spot lucu, misalnya rumah-rumahan yang cantik, jembatan kecil di atas hamparan rumput sintektik warna hijau, atau main di gua-gua kecil tempat si kelinci bersembunyi. Lucu deh!

Jembatan Gantung

Orchid forest Cikole Lembang Bety Kristianto

Nah.. ini yang paling menantang. Jadi kita harus jalan di atas jembatan tali yang tersambung di atas beberapa batang pohon. Kalau diukur jaraknya mungkin ada sekitar 500 meteran gitu deh. Tinggginya 3 meter di atas tanah. Hihihi… buat kalian yang fobia ketinggian, mendingan jangan naek ya.

Bersiap naik jembatan

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan, wahana jembatan gantung ini akan ditutup kalau cuaca nggak mendukung. Seperti hujan atau kabut gitu. Selain itu, di setiap titik henti di atas pohon, ada penjaga yang akan memberikan aba-aba kapan kita harus jalan dan kapan disuruh berhenti. Biar talinya nggak keberatan, Gaes.

Orchid forest Cikole Lembang Bety Kristianto

Di ujung jembatan, kita akan disambut dengan spot foto yang lain dan wahana yang lebih ekstrim. Mirip flying fox gitu kalau nggak salah. Saya mah kebetulan kurang merhatiin deh, yang pasti saya nggak akan berani naiknya.

Garden of Light

Lepas dari jembatan gantung, masih ada wahana lain yaitu Garden of Light. Di sini, ada hamparan tanah yang ditanami tumbuhan perdu dengan banyak lampu warna-warni. Ada yang biru, pink, hijau, dan putih. Sayangnya, saya nggak punya kamera bagus jadinya nggak bisa mengabadikan pemandangan indah ini. Hiks hiks hiks…

Garden of Light ini bisa dilihat pas kita jalan di jembatan gantung. Jadi kalau kalian pas bisa ke sini, jangan lupa bawa kamera yang bagus, trus potoin deh dari atas. Cakep dah!

Setelah melewati City of Light, kita bisa berfoto di beberapa sudut yang nggak kalah indah. Ada spot yang penuh lampu berbentuk love, atau rumah pohon yang penuh lampu. Oya, jalan keluarnya juga harus melewati jembatan kayu yang di bawahnya ada lampu sepanjang jalan ya. Kayaknya emang sengaja  dipasangin lampu biar memudahkan pengunjung yang lewat di malam hari. Soalnya, di sini minim pencahayaan kalau udah malam, Gaes..

Orchid forest Cikole Lembang Bety Kristianto

Jalur keluar dilihat dari jembatan gantung

Keluar dari jembatan kayu ini, kita akan sampai di area pintu keluar yang tadi saya lihat pas baru datang. Sebenernya di sini juga cakep buat foto, cuma udah kemaleman dan kami pun lelah. Beruntung, ada banyak shuttle bus a.k.a angkot yang emang disediain untuk mengangkut pengunjung balik ke parkiran atas lagi. Huuuuuaah, leganya.

Tiket masuk bisa ditukar dengan air mineral di pintu keluar

Sebelum naik angkot, jangan lupa tukerin dulu tiket masuk tadi dengan air mineral ya Manteman. Lumayan kan buat basahin tenggorokan yang kering seabis jalan jauh tadi.

Oya, lupa mau kasih tahu. Di sini tuh toiletnya bersih dan juga bangunannya oke banget. Nggak cuma bilik kayu seadanya loh, tapi beneran bangunan permanen yang kuat dan airnya juga bersih dan melimpah. Pokoknya nggak perlu takut kalau mau buang air. Pengalaman soalnya di beberapa tempat wisata, area toiletnya rada bikin ilfil gitu yaiikss.

So… kalian kapan mau ke sini??  Nikmatin indahnya alam ciptaan Tuhan ya!