Jangan Sepelekan! Lima Hal Ini Tanda Kita Lagi Stres dan Butuh Piknik

Halo Moms, nggak terasa ya tahun baru udah di depan mata. Padahal rasanya baru kemarin kita merayakan pergantian tahun, menuliskan resolusi tahun baru dan merancang banyak rencana di tahun 2018. Buat Mommies yang bekerja kantoran, pastinya ada banyak rencana kerja yang harus diselesaikan juga. Apalagi kalian yang termasuk tipe workaholic. Momen pergantian tahun biasanya menjadi waktu yang sangat sibuk.

Wajar aja sih hectic sama kerjaan, saya juga dulu gitu kok pas masih ngantor. Makanya saya milih resign. Sebisa mungkin semua dikerjakan sampai tuntas tas tas tas…. Bahkan terkadang suka lupa waktu. Nggak jarang saya sampai migren dan uring-uringan. Hihihi jangan ditiru ya.

Pekerjaan memang penting, tapi terlalu mendedikasikan diri pada kerjaan sampai mengorbankan kehidupan pribadi mah jangan atuh ya. Apalagi sampai mengesampingkan kebahagiaan kita sendiri demi pekerjaan. Ini bukan hal yang positif. Kalau kita melakukannya terus-menerus, bukan hanya kehidupan pribadi, pekerjaan kita pun bisa jadi berantakan. Yang ada stres lah ya. Wew, nggak mau dong pastinya. Yekann?

Ah, tapi saya mah nggak stress kok.
Bener? Yakin?

Stres itu terkadang nggak disadari loh. Nah, biar nggak parno sama diri sendiri, yuk Moms perhatikan diri sendiri. Ada 5 hal yang sebenernya menjadi tanda kalau kita tuh udah masuk level stres dan butuh piknik.

1. Tidur Nggak Teratur

Tanda stres yang sering diabaikan
pexels.com

Jam tidur bisa menjadi penanda atau penentu bagaimana kondisi pikiran kita saat ini. Stres membuat kita nggak bisa tidur nyenyak. Mungkin kita memang bisa tidur, tapi durasinya nggak sesuai dengan jam tidur yang normal.

Hal ini akan berpengaruh besar pada kehidupan sehari-hari loh. Kurang tidur atau jam tidur yang tidak menentu, juga berpotensi membuat kita kesulitan bekerja. Nggak mau dong saat jam kerja kita justru ngantuk berat apalagi sampai ketiduran di meja. Duh, itu mah terlalu.

 

2. Porsi Makan Nggak Karuan

Tanda stres yang sering diabaikan
pexels.com

Saat stres, orang secara nggak sadar akan mengalami perubahan pola dan porsi makan. Ada orang-orang yang justru makannya menjadi berkali-kali lipat ketika stress. Ada pula yang bahkan nggak bisa makan sama sekali.
Ini tentu saja akan mengganggu kesehatan fisik, kan?

Kelebihan makan akan membuat berat badan kita naik secara signifikan. Hal ini tentu bukan tanda yang baik untuk kesehatan. Di lain pihak, kekurangan makan juga akan membuat tubuh kita kekurangan nutrisi dan energi. Akibatnya, kita bisa cepat lelah dan nggak mampu melakukan banyak kegiatan.

 

3. Selalu Merasa Lelah

Tanda stres yang sering diabaikan
pexels.com

Kalau sudah merasakan lelah setiap saat, kayaknya lebih baik kita segera mengambil cuti deh. Soalnya, itu salah satu tanda kita butuh piknik segera. Merasa lelah –bahkan setelah beristirahat– merupakan salah satu tanda atau gejala bahwa sebenarnya kita ini sedang stres berat, loh.

Hal tersebut juga akan membuat kita selalu lemas, lesu, susah tersenyum dan terlihat malas. Hmm, tentu sikap-sikap seperti itu akan berpengaruh pada pandangan atasan dan kinerja kita di kantor, bukan?

 

4. Sulit Berkonsentrasi

Tanda stres yang sering diabaikan
pixabay.com

Orang yang stres biasanya akan sulit untuk berkonsentrasi. Saat pikiran sedang kacau, berkonsentrasi akan menjadi hal yang sulit untuk dilakukan. Yakin kalau kondisi kita seperti itu, pekerjaan kita akan beres? Saya sih enggak.

Coba bayangin bagaimana jadinya kalau kita membiarkan hal ini terus menerus terjadi. Akan banyak pekerjaan yang terbengkalai dan kita juga akan makin stres. Udah mah pusing, uring-uringan, nggak fokus, eh.. kerjaan malah kacau. Huhuhu…

So, saran saya sih sebaiknya kita ambil libur dulu deh, biar suasana nggak bertambah kacau. Setuju?

 

5. Hubungan dengan Orang Lain Nggak Lancar

Tanda stres yang sering diabaikan
pixabay.com

Saat stres, biasanya kita sulit berinteraksi secara normal dengan siapapun. Entah itu teman, rekan kerja, atasan, bahkan keluarga. Suasana hati yang naik turun bisa jadi membuat hubungan kita dengan orang lain jadi berantakan. Dikit-dikit baper, dikit-dikit uring-uringan. Duh, enggak banget deh.

Nggak cuma sama orang lain, loh. Kita juga lebih mudah uring-uringan dengan diri sendiri. Dan kondisi ini bisa menjadi jauh lebih buruk kalau kita nggak segera mengatasinya dan mencari solusi yang tepat.

 

Nah, itu dia 5 tanda yang akan kita temui saat stres berat dan butuh piknik. Mungkin kita nggak menyadarinya, apalagi kalau udah terlalu cinta sama kerjaan. Tapiiii… orang lain bisa melihat hal itu loh.

Makanya, yuk segera periksa apakah tanda-tanda di atas ada pada diri kita ya. Jangan sampai kita jatuh sakit gegara stres dan kurang istirahat. Buruan gih, ambil cuti dan manjakan diri dengan pergi piknik dan beristirahat. Santai-santai dan nikmatilah hidup. Kayak saya sekarang ini. Hihihi… #sombong#

Oke, selamat berlibur ya. Stay healthy, be positive and… be joyful!

 

 

 

 

22 thoughts on “Jangan Sepelekan! Lima Hal Ini Tanda Kita Lagi Stres dan Butuh Piknik

  1. sabda awal says:

    1 s.d 4 bener banget mbak saya rasakan nih, hahahaha berarti udah stress yaaa….saya pengen juga resign, tapi langsung pensiun… kwkwk tp masih banyak tanggung jawab…

    jam tidur saya ga karuan, itu jam 12 malam masih belum bisa tidur padahal udah mulai ngantuk, tp dipaksa pejam juga ga tidur… makan makin banyak 1 minggu naik 1 kg, haishhh ….

    belum lagi sering lelah yg ga tau kenapa lelah, kalau lagi belajar juga susah fokus.. kepala nyut2an… kayaknya memang butuh liburan deh

  2. Steffi Budi Fauziah says:

    saya banget porsi makan enggak karuan, wkwk. Masyaallah. Abis makan enggak karuan stress lagi deh liat timbangan, tapi ujung2nya makan lagi. gitu aja terus gak selesai-selesai wkwk. Makasih mbok sharingnya, baca ini ngetawain diri sendiri banget kalo lagi sutris wkwkw.

  3. dewi adikara says:

    Iya nih, dulu pernah ga mau ngaku kalau stress apalagi di depan keluarga. Hihihih.. Ngelihat badan ini kita kok kurus krempeng, ga seperti biasanya, dan ada mata panda. Hihihi…

  4. Qoty Intan Zulnida says:

    wah, bener juga ya, mbak. terkadang stress itu gak dirasa. Kayaknya sih biasa aja padahal ada stressing dalam diri yang tidak kita sadari. hmmm…. buru-buru cek ke dalam diri nih, karena belakangan jam tidur saya kacau, bawaannya pengen ngemil mulu lagi. apalagi udah 2 minggu full di rumah terus, aaahhhh harus ngajak jalan-jalan nih biar fresh

  5. Megha Rachma says:

    Saya kayaknya 3 dan 4 deh mbok..setiap kali saya drumah terus misal seminggu full drumah tanpa kemana-mana pas ada panggilan tes masalah saya ada susah konsentrasi, bawaanya ngantuk terus gak seger padahal cuaca cerah.. harus piknik ditambah olahraga kalo aku sih

  6. evitafl says:

    Wah gawat nih. Aku di rumah tapi ngalamin 4 dari 5 hal di atas terutama sejak harus begadang tiap malem buat nulis. Hehehe…dan aku setuju kalo aku butuh piknik 😉

  7. Damar Aisyah says:

    Aku paling sering mengalami gangguan nomor 3. Makanya sekarang kalau udah capek beneran nggak mau maksain diri.Kadang-kadang istirahat pun nggak bisa jadi solusi. Kalau udah kayak gitu tandanya harus refreshing dulu. Ya minimal window shoppinglah, wkwkekek, #alesyan

  8. Melina Sekarsari says:

    Hai, Mbak Bety. Betul sekali, lho. Stress itu penyakit yang seringkali diabaikan tapi kemudian menjalar menjadi penyakit psikis. Saat jatuh sakit lalu ke dokter, pasti deh, dokter akan menyarankan pasiennya supaya nggak terlalu stress. Kalau aku sih nggak mengalami gejala-gejala di atas. Tapi saat di rumah kepala sering keliyengan dan otomatis hilang waktu pergi jalan-jalan. Halah, minta piknik terus.

  9. Nanik K says:

    Hhh, jadi ketabok nih saya mbak.😁
    Sepertinya itu saya banget itu mbak, sering ketiduran saat perjalanan pulang pergi rmh-kantor.
    Pernah pas bawa mobil nabrak motor di depan yg lgi antri berdesakan saat mau liburan natal kmrn.
    Ihh saya nih kurang piknik, sepertinya. 😁

  10. sintarentcar says:

    wah, Iya nih, dulu pernah ga mau ngaku kalau stress apalagi di depan keluarga. Hihihih.. Ngelihat badan ini kita kok kurus krempeng, ga seperti biasanya, dan ada mata panda. Hihihi…

Hello, thank you for stopping by. I'm Bety, the one and only author of this blog. Find your most interesting story of mine and let's share!