Pilih Apartemen Atau Kost? Kuy, Pertimbangkan 6 Hal Ini Dulu Ya!

Perbedaan tinggal di apartemen dan kost

Dewasa ini bisnis properti berkembang pesat, terutama di kota besar seperti Jakarta. Coba tengok deh, berapa banyak apartemen dan kost-kostan yang kian menjamur di ibukota ini. Jarak antara tempat tinggal dan tempat aktivitas menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang memilih mencari kost ataupun apartemen. Selain itu, biaya yang efisien juga menjadi pertimbangan penting. Harga sewa kost tentu saja lebih murah dibandingkan mengontrak rumah. Dengan begitu, selisih biaya yang ada bisa masuk ke tabungan. Make sense kan?

Meski sama-sama rumah sewa, apartemen dan rumah kost menawarkan gaya hidup berbeda loh. Bagi kaum urban modern perbedaan ini tentu membawa konsekuensi tersendiri.  Penasaran nggak sih seperti apa perbedaan hidup di apartemen dan kost? Kuy, simak penjelasannya berikut!

Lokasi

Jika rata-rata apartemen berada di pusat kota, lokasi rumah kost biasanya lebih ke pinggir. Banyak apartemen memiliki akses terhadap area-area strategis seperti pusat perbelanjaan, bisnis, perkantoran dan pendidikan. Bahkan ada beberapa apartemen yang berada di atas mall atau satu komplek dengan gedung perkantoran serta tempat umum lainnya. Hal ini tentu saja nggak dimiliki oleh mereka yang tinggal di kost yang biasanya terletak di gang. Kalaupun ada yang di pinggir jalan, jaraknya lebih jauh lagi dari tempat aktivitas sehari-hari.

 

Perbedaan tinggal di apartemen dan kost

Baca juga : Temukan Apartemen Impianmu di Sini

 

Fasilitas

Apartemen biasanya menawarkan fasilitas unggulan yang sangat lengkap. Mulai dari kolam renang, minimarket, taman, gym center, serta lahan parkir yang mencukupi seperti di apartemen apartemen puncak permai. Sementara tempat kos sudah pasti lebih minim fasilitas.  Meskipun saat ini banyak juga kost yang juga menawarkan fasilitas menyerupai apartemen, tapi harga sewanya tentu lebih mahal dibandingkan kost pada umumnya.

Buat kalian yang pengin cari-cari info seputar kost, apartemen dan lainnya, cobain deh mampir ke mamikos.com. Don’t worry, informasi yang ada di mamikos tuh lengkap dan valid. Mulai dari kost atau apartemen tanpa fasilitas hingga full fasilitas semua ada.

Keamanan

Lazimnya, apartemen memiliki sistem keamanan yang sangat terjamin. Hanya mereka yang memiliki akses yang boleh masuk. Jadi nggak sembarang orang boleh keluar masuk. Pengelola apartemen juga melengkapi dengan CCTV di berbagai sudut untuk melakukan pengawasan ketat. Hal ini tentu saja nggak akan ditemui di tempat kost, yang biasanya hanya dijaga oleh penjaga kost saja. Khusus untuk tempat kost exclusive, memang biasanya sudah terpasang CCTV dan petugas security yang berjaga.

Biaya

Tinggal di apartemen memang membutuhkan lebih banyak dana dibandingkan tinggal di tempat kost. Selain biaya sewa, penghuni apartemen biasanya juga harus membayar maintenance fee, listrik, air, keamanan dan parkir. Sedangkan jika tinggal di kost, kita hanya perlu membayar biaya sewa bulanan aja.

Perbedaan tinggal di apartemen dan kost

 

Baca Juga yang Ini Yuk : Staycation di Hotel Alana

 

Lingkungan

Bagi mereka yang menyukai privasi, apartemen sangat cocok dijadikan tempat tinggal. Di apartemen, para penghuni biasanya lebih individualis dan saling menjaga privasi masing-masing. Pas banget untuk kita-kita yang sepulang dari beraktivitas seharian langsung pengin istirahat dan nyantai sendirian. Berbeda halnya bagi kita-kita yang lebih suka kumpul bareng teman-teman, tempat kost lebih cocok. Karena biasanya jiwa sosial di lingkungan kost lebih tinggi.

Pemandangan Kota

Penat seharian bekerja dan beraktivitas di kota besar, sering kali membuat kita jenuh dan ingin mencari suasana berbeda dan nyaman. Mau tahu rasanya melihat Jakarta dari ketinggian? Cobain deh tinggal di apartemen yang ada di lantai atas! Pemandangan indah akan terhampar di hadapan kita. Bentangan kota bak cakrawala yang sangat indah akan memanjakan mata kita di malam hari. Nuansa kota modern yang dipenuhi lampu jalan serta kendaraan di kejauhan pastinya menjadi the best view. Hal ini rasanya akan sulit kita temui kalau tinggal di tempat kost yang rata-rata jumlah lantainya nggak sebanyak apartemen.

Jadi, gimana? Kalau kalian pilih tinggal di apartemen atau kost? Sharing yuk!

 

 

 

 

19 thoughts on “Pilih Apartemen Atau Kost? Kuy, Pertimbangkan 6 Hal Ini Dulu Ya!

  1. Erny Kusumawaty says:

    Kayaknya apartement lebih comfortable ya mba. Biasanya lebih lengkap fasilitasnya, baik dr segi kebersihan juga keamanan. Dibanding dengan kos2 an tentu beda. Dri segi hrga mencolok banget. Bener banget semua tergatung fulus hehe…

  2. Nanik Kristiyaningsih says:

    Tergantung keuangannya ya Mb Bet. Jika punya dana lebih, apartemen menurut saya lebih baik.
    Tapi jika dana pas-pasan mending nge-kos aja.
    Lebih irit, seru dan kekeluargaan banget.
    Misal kita sakit bisa minta tolong tetangga kamar buat nganterin, hehe.

  3. Reyne Raea (Rey) says:

    Tergantung income mba Bety wkwkwkwk
    Kalau saya masih single, better apartemen, dengan cara cari duit lebih kenceng hahaha.

    Tapi kalau udah jadi emak, ya kudu nyesuain.
    Eh kalau udah jadi emak ngapain ngekos ya, hahaha

    Tapi serius, apartemen itu beneran lebih praktis, dan cocok buat para pekerja yang sibuk, ga perlu macet2an jika apartemennya deket kantor, dan lebih irit waktu serta tenaga sih kalau menurut saya:)

  4. hani says:

    Kalau sekarang sih milih apartemen. Dulu belum ada apartemen, adanya kos-kosan. Tapi enak jugga koq, nge-kos. Waktu itu satu rumah ama ibu kos. Cewek semua ber-8. Tambah anak2nya ibu kos. Lengkap deh ramenya…

  5. Bunda says:

    Saya mah milih di rumah aja mbak. Apartemen terlalu mahal sedangkan kos juga gak kuat bayarnya. Hahaha… Just kidding atau memang kenyataan nih ya. Seandainya punya uang saua pilih sesuai kebutuhan aja deh.

  6. Meilawati nurhani says:

    Duh aku yg tipe introvert & penyendiri rasanya lebih cucok tinggal di apartemen nih hhe, secara dulu pernah coba indekos sekamar berdua ama temen bawaannya pengen protes terus tapi aku tahan, karena memang punya kebiasaan yg berbeda & aku tipe orang yg agak perfeksionis hhe.. tapi dari segi harga apartemen memang lebih wah ya, waktu jadi mahasiswa dulu aku tak mungkin sanggup hehe

  7. Dwi says:

    Hmmm, kalau aku sih milih tinggal di rumah. Cuma kalau disuruh pilih antara apartemen atau kostan tergantung juga bagaimana kriterianya. Soalnya kurang suka juga sih dgn apartemen

  8. Dyah says:

    Pilih apartemen atau kos? Hmmm… kos semewah, atau lebih mewah, dari apartemen juga banyak lho. Apalagi di sekitaran Sudirman- Thamrin Jakarta. Dan … apartemen yang kumuh juga nggak sedikit di Jakarta (nggak pakai sebut merk ya). Sama aja, ah.

Hello, thank you for stopping by. I'm Bety, the one and only author of this blog. Find your most interesting story of mine and let's share!