Menu Berbuka Puasa Ini Bikin Kita Tetap Sehat dan Jauhi Obesitas

rekomendasi menu buka puasa yang sehat

Saya selalu terkesan dengan bulan puasa. Meski enggak menjalankan ibadah puasa, saya suka aja gitu soalnya ada banyak tukang jual takjil di pinggir jalan hehe. Dulu pas masih di Bandung, di sepanjang jalan pulang kantor banyak banget yang jualan kolak pisang, bubur candil dan sop buah. Tinggal pilih mau yang mana, cuss bayar dan bawa pulang deh.

Beda waktu saya udah di Jogja. Enggak tahu apa karena di daerah rumah saya emang nggak terlalu banyak yang jualan menu buka dan takjil, tapi nyatanya emang nggak sebanyak di Bandung dulu.

Selain itu, di sini juga menu yang dijual nggak sespekta di sana. Saya pernah hunting kolak candil dan bubur lemu alias bubur sumsum, nggak banyak yang jual. Malahan, banyak tukang jualan pecel sayur, sate usus, sate kikil, gorengan, dan jajan pasar. Ohya, ada juga yang menjajakan cap jaek dan mi goreng gitu. Untuk minumannya, dawet ayu, cendol dan aneka es jadi menu andalan.

Ngomong-ngomong soal puasa, menu takjil dan berbuka memang selalu jadi buruan. Setelah seharian menahan haus dan lapar, momen berbuka sangat ditunggu. Meski disarankan untuk berbuka dengan yang manis, menurut saya sih tetap harus diperhatikan menunya. Jangan mentang-mentang nyari makanan/minuman manis trus hajar bleh aja semua dilahap. No, no! Itu bahaya, Fernando!

Baca juga : Tempat Nongkrong Favorit untuk Berbuka di Bandung

So, agar puasa tetap lancar dan terhindar dari ancaman penyakit, sebaiknya kita utamakan menu-menu yang aman dan bernutrisi. Hm, lalu apa aja ya kira-kira?

Buah segar

rekomendasi menu buka puasa yang sehat

Saat puasa, kandungan air di tubuh berkurang drastis. Palagi di musim kemarau kayak gini ya Moms. Jangan sampe kita dehidrasi. Karena itu, selain mengonsumsi cukup cairan saat sahur dan berbuka, sebaiknya kita juga mengisi “kekosongan” cairan itu dengan konsumsi buah-buahan segar dan berair. Misalnya semangka, melon, jeruk, anggur dan pir.

 

Sayuran

rekomendasi menu buka puasa yang sehat

Selain kehilangan banyak cairan, selama puasa lambung juga banyak beristirahat. Akibatnya, ukurannya akan mengecil dan enzim pencernaan juga berkurang. Nah, di saat seperti ini, berbuka dengan menu gorengan dan santan kayaknya bukan pilihan yang tepat. Akan jauh lebih baik kita mengonsumsi sayur mayur. Kalau bisa memakannya dalam kondisi mentah (raw food), bakalan bagus banget deh. Tapi kalau belum bisa, ya nggak papa makan sayuran yang sudah dimasak. Misalnya cah kangkung, sayur bening bayam, tumis kacang panjang, soto, dan lain sebagainnya.

 

Madu

rekomendasi menu buka puasa yang sehat

Jenis makanan super ini nggak perlu diragukan lagi kehebatannya. Selain kaya akan antioksidan, madu juga dipercaya memiliki kalium, kalsium, zat besi, vitamin, dan zat penting lainnya. Madu juga meningkatkan daya tahan tubuh loh.

 

Kurma

rekomendasi menu buka puasa yang sehat

Seperti madu, kurma juga dipercaya sebagai buah yang sangat kaya manfaat. Kandungan gula alaminya terbukti rendah kalori. Karena itu, baik untuk dijadikan menu berbuka. Meski begitu, perhatikan porsinya ya. Jangan makan kurma berlebihan, karena bagaimanapun juga kandungan gulanya enggak baik kalau sampai kebanyakan masuk ke tubuh. Apalagi kurma jaman now udah banyak yang dicampur dengan pemanis buatan.

 

Mampir sini juga ya : Manfaat Yoghurt untuk Kesehatan

 

Yoghurt

rekomendasi menu buka puasa yang sehat

Makanan yang satu ini bagus banget untuk kesehatan pencernaan. Selain full nutrisi, yoghurt juga mengenyangkan. Selain itu, juga menjadi sumber energi yang cukup, protein, mineral, dan vitamin yang baik untuk usus dan lambung. Nah, sebaiknya masukkan yoghurt ini dalam menu pembuka sebelum menyantap hidangan utama.

 

Selain beberapa menu di atas, telur dan ikan juga bisa dimasukkan dalam daftar makanan yang direkomendasikan untuk menu berbuka. Telur memiliki kandungan protein yang tinggi dan mudah dicerna oleh usus. Jadi usus nggak perlu kerja keras mencernanya. Selain itu, ikan juga merupakan sumber protein dan asam lemak yang baik untuk kesehatan. Hanya saja, perhatikan cara memasaknya ya Moms. Untuk mendapatkan manfaat optimalnya, sebaiknya masaklah dengan teknik yang benar, yaitu meminimalisir minyak.

Nah, kalau butuh aneka resep endes seputar menu berbuka, kita bisa jalan-jalan di dunia maya dan ngulik beragam resep favorit. Salah satunya ada di blognya Mbak Melani Prita Dewi ini. Pemilik blog www.sahabatblogger.com ini punya resep kepiting yang enak loh. Monggo diintip ya.

 

Happy fasting, Fellas!

 

 

 

 

3 thoughts on “Menu Berbuka Puasa Ini Bikin Kita Tetap Sehat dan Jauhi Obesitas

  1. Dawiah says:

    Saya curiga sama simbok ini nih, saat bulan puasa simbok sibuk juga milih-milih dan membeli minuman yang manis-manis.
    Hati-hati loh nanti tambah manis, saya ndak tanggung jawab, hehehe…..

Hello, thank you for stopping by. I'm Bety, the one and only author of this blog. Find your most interesting story of mine and let's share!