5 Tips Sakral untuk yang Mau Membeli Apartemen Tahun Ini

Tempat tinggal berupa rumah susun atau yang lebih keren disebut dengan apartemen, merupakan salah satu pilihan hunian yang tepat bagi mereka yang tinggal di kota-kota besar. Tahu dong, di Jakarta misalnya, untuk mencari tanah di tengah-tengah kota merupakan hal yang sulit untuk dilakukan. Nah, salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan tinggal di apartemen.

Supaya nggak dipusingkan dengan pembayaran sewa atau kontrak setiap bulannya, kita bisa membeli sebuah gedung apartemen untuk dihuni bersama keluarga tercinta. Apartemen yang lokasinya berdekatan dengan kantor, bisa menjadi solusi yang tepat agar kita bisa pulang ke rumah dengan jarak yang dekat.

Selain itu, kita juga akan mendapatkan fasilitas-fasilitas tertentu yang hanya ada di apartemen, serta mendapatkan lingkungan yang relatif lebih kondusif dan aman dibandingkan dengan rumah biasa. Kalau teman-teman tertarik, coba deh lihat beberapa apartemen yang dijual ini, lalu bandingkan dengan fasilitas rumah atau perumahan, pasti sangat berbeda bukan?

 

Baca 5 Tips Ini Bagi Kalian yang Ingin Membeli Apartemen

Sebagian orang berpikir bahwa tinggal di apartemen itu membuat kita lebih individualis. Padahal, pindah ke apartemen bukanlah hal yang buruk loh. Bukan berarti dengan pindah ke apartemen trus kita menolak bersosialisasi dengan orang lain. Kita bisa kok tetap melakukannya. Karena, meskipun tinggal di apartemen, kita masih akan tetap memiliki tetangga yang tinggal di samping-samping gedung yang kita tempati. Akan tetapi, lingkungan di apartemen sendiri memang cenderung lebih tenang dan aman karena memiliki penjagaan yang cukup ketat.

Meskipun demikian, sebelum berencana membeli apartemen tahun ini, ada baiknya kita perhatikan beberapa hal terlebih dulu supaya nggak menyesal setelah membelinya. Hal ini sangat penting karena menyangkut kehidupan kita selanjutnya di lingkungan dan suasana yang baru.

Ingin tahu hal apa saja yang harus diperhatikan? Berikut adalah 5 tips yang perlu kita simak:

1. Tentukanlah Wilayah Mana yang Tepat untuk Dibeli dan Ditinggali

Tips memilih apartemen

 

Tips pertama yang perlu kita lakukan sebelum memutuskan untuk membeli apartemen, adalah menentukan wilayah mana yang kita sasar. Untuk itu kita bisa melakukan survey terlebih dahulu sebelum menentukan lokasinya. Kunjungilah beberapa gedung yang sekiranya cocok untuk ditempati.

Selidikilah apakah tempat tersebut memang benar-benar aman untuk dihuni nantinya. Apakah tempat itu rawan pencurian atau nggak. Lalu cari tahu pula bagaimana akses kendaraan di tempat tersebut. Selain itu, penting juga untuk mencari informasi apakah ada alat transportasi yang mudah untuk dicapai atau nggak. Selanjutnya, bagaimana akses dari apartemen ke tempat kerja? Apakah terlalu dekat atau terlalu jauh, serta apakah aksesnya mudah atau sulit?

Jangan lupa pula untuk menanyakan informasi-informasi penting mengenai gedung apartemen itu kepada beberapa penghuni yang ada di sana, ya. Tanyakanlah mengenai fasilitas yang ada, bagaimana peraturan-peraturannya, serta kenyamanan dan ketertiban di dalamnya. Buatlah sebuah catatan kecil terhadap setiap apartemen yang kita kunjungi. Ringkaslah setiap informasi tersebut agar nantinya kita dapat memutuskan dengan tepat.

 

2. Cari Tahu Mengenai Harga Apartemen

Tips memilih apartemen

 

Satu hal lagi yang penting untuk diperhatikan adalah mengenai harga dari apartemen itu sendiri. Untuk memiliki apartemen, biasanya kita akan berhadapan dengan pihak developer atau pengembang. Oleh karena itu, jangan lewatkan informasi mengenai harga dan juga fasilitas-fasilitas apa saja yang bisa kita dapatkan ketika membeli apartemen tersebut.

Pihak developer tentunya akan memberitahukan harga dan juga memberikan saran-saran serta informasi lainnya kepada kita. Namun janganlah sekali-kali langsung mempercayai informasi tersebut, tanpa membandingkannya dengan informasi dari pihak lain. Misalnya para penghuni yang telah kita tanyai ataupun kenalan lain yang tahu tentang informasi apartemen tersebut. Teman-teman pasti mau dong mendapatkan apartemen yang sesuai dengan harga yang harus dibayar, bukan?

 

3. Selidiki Kembali Setiap Fasilitas yang Tersedia di Sekitar Apartemen

Tips memilih apartemen

 

Sebelum membeli apartemen yang diinginkan, ada baiknya pula kita menyelidiki dan meneliti kembali setiap fasilitas yang tersedia. Sebagai calon pemilik, kita juga berhak mengetahui usia bangunan dari gedung apartemen. Sebaiknya hindari gedung yang usianya sudah terlalu tua, ya. Ingat, keselamatan tetaplah menjadi nomor satu.

Berikutnya adalah masalah lingkungan. Sebisa mungkin kita harus mengamati keadaan di sekitarnya. Apakah apartemen yang kita inginkan tersebut berdekatan dengan tempat-tempat yang memiliki konteks negatif seperti bar, atau tempat-prostitusi tersembunyi yang belum diketahui keberadaannya oleh pemerintah? Pastikan pula lingkungan yang kita pilih jauh dari orang yang suka mabuk-mabukan maupun berorientasi dengan dunia malam. Bagaimanapun juga, keamanan dan kenyamanan keluarga adalah prioritas utama.

Di sisi lain, ketika kita sudah memutuskan apartemen yang ingin dibeli, periksalah kembali fasilitas seperti supermarket terdekat, akses penggunaan transportasi umum, tempat parkir untuk kendaraan pribadi, rumah sakit mana yang terdekat, jarak apartemen dengan tempat kerja dan sekolah anak, fasilitas kebugaran, dan lain sebagainya. Kita juga perlu memeriksa layout dan semua ruangan yang ada di dalam apartemen. Baik itu ruang tamu, kamar, dapur, maupun ruangan lainnya.

 

4. Cari Tahu Informasi Mengenai Jejak dari Developer

Tips memilih apartemen

 

Sebelum membeli apartemen, pastikan untuk mengetahui reputasi sang developer serta sertifikat bangunannya. Kenapa? Karena ketika kita membeli sebuah apartemen, maka kita akan sepenuhnya bergantung kepada sang pengembang tersebut. Selama ini sudah banyak kasus yang terjadi yakni bangunan yang terlantar akibat developer bermasalah. Jangan sampai hal ini terjadi kepada kita ya. Periksalah sejarah dari sang pengembang dengan mencari informasinya melalui sebuah perkumpulan yang bernama Asosiasi Perhimpunan Penghuni Rumah Susun Seluruh Indonesia (APERSSI).

Di samping itu, jangan lupakan pula mengenai sertifikat-sertifikat bangunan apartemen seperti Hak Guna Bangunan (HGB) yang dimiliki oleh sang developer, surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB), surat izin prinsip, dan juga surat Izin Penggunaan Penunjukan Tanah. Setelah membeli Apartemen, kita pun akan menerima sebuah dokumen yakni Sertifikat Hak Satuan Rumah Susun (SHSRS).

 

5. Cek Kembali Status Tanah Gedung

Tips memilih apartemen

 

Ada hal lain yang juga perlu kita perhatikan, yaitu status tanah dari pendirian bangunan apartemen yang bersangkutan. Kita harus memastikan status tanah yang didirikan tersebut bukanlah tanah dalam status sewa atau tanah sengketa. Pastikan pula dokumennya nggak bermasalah, misalnya menjadi jaminan bank sehingga sewaktu-waktu dapat disita.

Jika diperlukan, kita juga bisa meminta bantuan kepada pemerintah setempat atau notaris, sebelum melakukan transaksi pembelian. Ada baiknya pula ketika ingin membeli apartemen, kita memilih gedung yang sistem kepemilikannya disebut dengan Strata Title, yakni sebuah kepemilikan bersama yang bersifat horizontal, bukan vertikal.

Oke, itu tadi beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli apartemen dalam waktu dekat ini. Ingat ya teman-teman, sebuah apartemen itu bukan hanya bisa dijadikan sebagai tempat tinggal. Tapi dapat menjadi ladang investasi yang oke untuk masa depan. Oleh karena itu, kita harus benar-benar teliti dan kritis sebelum menentukan gedung yang ingin dibeli.

So, selamat berinvestasi ya! Thanks for reading.

 

 

 

20 thoughts on “5 Tips Sakral untuk yang Mau Membeli Apartemen Tahun Ini

  1. Dian Restu Agustina says:

    Tentukanlah Wilayah Mana yang Tepat untuk Dibeli dan Ditinggali…Nah yang nomor satu ini, bener banget jadi yang utama nih..Mungkin kini daerah itu masih sepi, tapi coba cek di rencana tata kota, ada rencana pembangunan pusat bisnis kah dekat situ atau ada akses jalan baru enggak jauh dari sana. Karena pasti sekian tahun lagi bakal melonjak harganya

  2. Megha says:

    Kebanyakan point trahir yang kadang suka dilupain yah .. dasar org yg pentinf liat fasilitas ato jarak k kantor or k pusat kota.. bermanfaat bgt mba tipsnya terimakasih

  3. Iya, memang untuk kota-kota besar, utamanya Jakarta, apatemen bisa menjadi pilihan ya. Kalo mau beli rumah biasa, jaraknya bisa jauuuuuhh sekali dari tempat kerja, bisa-bisa tua di jalan. Hehehe..

  4. Nah, cita-cita banget nih beli apartemen. Minimal kalau anak-anak udah gedean punya tempat hunian yang dekat ke kantor ayahnya, Sekarang sambil nabung tinggal di pinggiran dl aja, yg penting ada KRL hehehe. Tipsnya bungkus dulu buat dipraktekin nanti pas ada rezeki

  5. Makasih infonya, Mbak Bety. Kalau sedang menginap di apartemen, kadang-kadang pengen punya juga. Apalagi biasanya yang namanya apartemen itu semua fasilitas ada di sekitar. Tinggal melangkah udah sampai, deh.

  6. Saya malah cita² kalo udah tua (sekarang msh muda…hehe), tinggal di apartemen. Truuus rumah saya yg saya kontrakkan. Mayan kaan untuk biaya hidup…

Hello, thank you for stopping by. I'm Bety, the one and only author of this blog. Find your most interested story of mine and let's share!